Search

+
10 Alasan Anak Anda Perlu Belajar Coding Dari Sekarang

Sebagai orang tua, Anda pasti sudah menyadari betapa bedanya masa kecil anak-anak di zaman Anda dan zaman anak. Kita bisa memulai dari pilihan permainan anak. Anda dulu bermain monopoli bersama teman-teman sementara anak Anda bermain monopoli di tablet. Apa hubungannya permainan anak dengan belajar coding? Sangat besar.

Anda pasti memperhatikan kalau anak Anda sering menghibur dirinya dengan games baik di tablet, laptop atau perangkat elektronik lainnya. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam dan asyik sendiri. Namun Anda pasti khawatir karena Anda tidak mau perkembangan dan akademisnya dia terganggu bila ini dibiarkan. Namun tenang saja, segala sesuatu ada solusinya.

Bila anak Anda memang tertarik di dunia game, Anda bisa mengarahkan kesenangan mereka menjadi sesuatu yang lebih produktif yaitu mengikuti kursus coding anak. Biasanya anak-anak akan diajarkan konsep berpikir dan pemrograman yang sederhana dengan visualisasi games. Selain mengarahkan kesenangan mereka, belajar bahasa pemrograman ini kaya akan manfaat.

Meningkatkan kemampuan akademsi Anak
  1. Coding memudahkan anak-anak untuk visualisasi konsep abstrak menjadi sesuatu yang logis dan bisa dikerjakan. Misalnya, mereka ingin membuat sebuah tokoh bergerak di dalam game, mereka perlu membayangkan dan menggunakan bahasa pemograman untuk mengatur posisi tokoh dan langkahnya dengan menggunakan kemampuan dasar matematika yang dimengertinya. Hal ini akan membantu anak semakin senang belajar dan meningkatkan kemampuan berhitungnya.
  2. Setiap kali anak-anak coding, mereka perlu merencanakan fungsi-fungsi pemrograman yang akan digunakan saat belajar. Selain itu mereka perlu belajar penulisan yang terstruktur dan teliti.
Meningkatkan Soft Skill
  1. Fokus dan terorganisir: Ketika anak-anak sedang ngoding, dia perlu fokus dan terorganisir. Dan semakin tingkat materi yang dia pelajari, maka semakin dia perlu fokus dan teroganisir agar dia bisa lebih mudah menelusuri kembali apa yang telah dikerjakan.
  2. Kreatifitas: Pada saat belajar ngoding, anak-anak sering perlu memutar otak untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Dan banyak pengalaman-pengalaman seperti itu membuat anak-anak lebih kreatif.
  3. Rasa percaya diri: Anak-anak yang percaya diri adalah anak yang mengetahui apa yang bisa dilakukan ketika menghadapi suatu kondisi atau problem solving.
  4. Tidak gampang putus asa: Saat menjalankan sebuah coding-an, anak-anak pasti sering menemukan error berkali-kali. Hal ini mengakibatkan anak-anak secara tidak langsung belajar tidak gampang putus asa untuk mendapatkan hasil akhir yang mereka inginkan.
  5. Memiliki ingatan yang bagus: Belajar bahasa coding memiliki manfaat yang sama dengan belajar bahasa baru. Hasilnya, anak-anak memiliki daya ingat yang lebih baik, kemampuan kognitif dan komunikasinya juga meningkat.
Mempersiapkan Anak Untuk Masa Depannya
  1. Life Skills: Teknologi adalah sesuatu yang tidak akan pernah berhenti berkembang apalagi di era digital ini. Dengan mengikuti kelas-kelas coding, anak sedang dipersiapkan untuk lebih cepat memahami dunia digital lebih baik dan mampu berinovasi bersamaan dengan teknologi itu sendiri.
  2. Karir: Saat ini banyak sekali tawaran-tawaran karir yang berhubungan dengan dunia digital. Keahlian yang Anda investasikan ke anak ini akan menjadi bekal buat dia di masa depan dalam membangun karir atau bisnis.
  3. Pemberdayaan: Teknologi membuat segala sesuatu bisa lebih baik. Contohnya: aplikasi Facebook yang memungkin Anda bertemu orang-orang yang sudah lama tidak bersua. Seperti aplikasi-aplikasi lainnya, Mark Zuckerberg perlu bisa ngoding dan mengubah kehidupan sosial kita lewat dunia maya. Bila anak-anak Anda memiliki hati untuk membuat dunia menjadi lebih baik, Anda bisa mengembangkan ketertarikan dia di bidang yang dia inginkan.

Bagusnya dari belajar coding adalah anak Anda bisa memulai sedini mungkin di usia 6 tahun yang di mana adalah perkembangan otak sedang dalam tahap maksimum. Jadi mereka bisa menyerap bahasa baru dan konsep berpikir lebih cepat. Jadi Anda bisa mempertimbangkan anak untuk mengikuti kursusnya.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us