Search

+
aplikasi-untuk-desain-ui-ux
10 Aplikasi Untuk Desain UI UX Yang Perlu Kamu Miliki

Aplikasi untuk desain UI UX itu banyak sekali. Namun ada 10 aplikasi ini yang bisa kita pertimbangkan untuk memilikinya untuk membuat prototype, wireframe atau serangkaian tugas seorang UI dan UX Designer. Mari mencari tahu aplikasi-aplikasinya.

1. Fluid UI

Aplikasi Fluid UI bisa mengubah ide-idemu menjadi sebuah prototype dalam beberapa menit saja. Selain itu user interface Fluid juga sangat nyaman digunaan. Kita cukup melakukan drag and drop 2000 komponen yang bisa diambil dari libraries iOS, Windows, Material Design dan Wireframe.

Fluid UI juga memungkin tim design untuk berkolabori dalam proses pengembang prototype. Setelah itu, kita tinggal mendapatkan feedback yang cepat dari pengguna, pihak managemen dan para investor. Mudah bukan?

 

2. After Effects

Buat kita yang butuh membuat prototype animasi, After Effects adalah aplikasi yang tepat buat kita. Ketika kita paham penggunaannya, kita bisa melakukan hampir apa saja. Kita sendiri tahu proses pembuatan animasi itu sangat menakutkan namun After Effects membuatnya terkesan mudah. Jadi buat kita yang berkutat di animasi dan motion graphic, kita perlu memiliki aplikasi yang satu ini.

 

3. Photoshop & Illustrator

Photoshop adalah aplikasi yang paling populer untuk edit foto dan pilihan nomor satu untuk desainer UI/UX ntuk menciptakan visual yang bagus. Sementara Illustrator adalah aplikasi populer untuk membuat vector. Biasanya orang senang menggunakan illustrator untuk membuat icon dan logo.

 

4. Omnigraffle

Aplikasi Omnigraffle ini sangat bagus untuk dimiliki. Dia memiliki opsi untuk menggunakan komponen-komponen yang pernah digunakan sebelumnya dan import libraries untuk proses efisiensi. Omnigraffle juga memudahkan proses wireframing.

Setiap fitur yang digunakan untuk export bekerja dengan baik, template elemen dan iconnya banyak, dia bisa duplikast master page bahkan menggunakan vector. Omnigraffle adalah salah satu perlengkapan yang paling bagus untuk wireframing dan diagram karena bisa menghasilkan wiregrame yang sangat detail. Peralatan ini juga memungkin proses kreasi berkurang setengah.

 

5. UXPin

UXPIn adalah sebuah platform yang menyediakan perlengkapan sangat lengkap untuk membuat prototype dan wireframe. Di dalam aplikasi ini kita akan melihat banyak elemen dan komponen yang tinggal di drag and drop. UXPin juga terintegrasi dengan Sketch dan Photoshop.

Selain itu kita juga bisa membuat layer pada desain itu sendiri mempermudah proses perbaikan dan workflow. UXPin juga membantu kita dalam membuat keputusan terkait desain yang ingin diuji. Selanjutnya dia akan membuat serangkaian tugas, tracking user, menganalisa klik user dan memberikan hasilnya ke tim. Jadi kita bisa menggunakan satu aplikasi untuk membuat kehidupan UX design tambah mudah.

 

6. Sketch

Salah satu saingan Photoshop adalah Sketch dan dia memiliki kemampuan untuk menghasilkan desain grafis yang lebih mumpuni. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan beragam fitur-fitur tetapi juga memproduksi hasil yang tampak profesional.

Beberapa fitur-fitur keren yang dimilikinya adalah mengubah vector, memungkinkan untuk export zooming hingga dua kali dan zooming yang tiada batasannya. Penyimpanan Sketch bisa dilakukan dalam bentuk .png, .pdf dan .JPG

 

7. Invision

Invision adalah sebuah platform yang memungkin untuk membuat workflow, kolaborasi dan membuat prototype. Hasil dari platform ini adalah mengubah desain aplikasi yang statis menjadi prototype yang memiliki interaktifitas tinggi dan bisa digunakan.

Kerennya, prototype ini bisa berupa animasi, efek dan mengikuti pergerakan badan untuk iOS, Android atau aplikasi web yang responsif. Buat kita yang tidak mengerti coding, Invision membantu kita untuk membuat desain menjadi hidup sehingga memudahkan kita untuk menemukan masalah sedini mungkin.

Buat kita yang ingin presentasi ke klien. Platform ini memungkin kien mencoba keseluruhan hasil desain kita. Dalam jangka panjang, kita akan mendapatkan lebih banyak penawaran dari klien baru ataupun lama.

 

8. Slicy

Buat kita yang sering menggunakan Photoshop, Slicy adalah sebuah tools yang memungkinkan kita untuk langsung mengubah elemen PSD menjadi gambar yang siap digunakan di website atau aplikasi. Kita cukup memilih grup layer dan biarkan Slicy melakukan sisanya.

Slicy bisa mengubah aset yang diekspor ke dalam format .GIF, .PNG, .JPG dan format gambar lainnya. Slicy membuat kegiatan ekspor menjadi gampang karena cukup drag dan drop file .PSD ke dalam Slicy. Setelah itu memasukkan file, kita cukup memberitahu nama layer yang perlu diekspor.

 

9. Skala Preview

Aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk melakukan presentasi. Alasannya dia bisa menampilkan gambar preview baik perangkat Android dan iOS dengan warna yang akurat. Seorang desainer juga bisa melihat ke preview ini kala edit.

Buat kita yang bekerja secara tim, kita akan mendapatkan notifikasi dan highlight perubahan yang telah dilakukan. Dan Skala Preview bekerja sebagai jembatan antara prototype dan file yang sedang kamu kerjakan. Skala Preview juga ahli di ergonomics, ukuran dan jenis tulisan, warna dan kontras.

 

10. Place It

Kalau kita butuh membuat mockup untuk ditampilkan di aplikasi komputer, Android atau iOS, maka Place It adalah situs terbaik yang bisa digunakan. Dia bisa mempresentasikan portflio secara elegan, artistik dan menarik.

Selain itu PlaceIt tidak hanya digunakan untuk smartphone dan komputer saja. Dia juga menyiapkan berbagai template mock up untuk kain, T-Shirt, Slideshow dan sebagainya. Kita cukup drag dan drop desain kita ke dalamnya dan mereka akan tertata dengan cantik.

 

Aplikasi-aplikasi untuk desain UI UX ini kebanyakan berbayar. Jadi kita bisa bijak dalam memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Berbicara tentang kebutuhan kita yang ingin membuat situs, tidak ada salahnya mengikuti kelas Web Design iBiG Academy. Kelas ini akan mengajarkan design yang tidak hanya bagus dilihat tetapi juga sesuai dengan kaerah SEO dan SEM. Sehingga trafik yang masuk ke situs menjadi tinggi. Silahkan hubungi iBiG Academy di 0812-1177-8838 untuk free trials.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us