Search

+
membuat konten kreatif
10 Ide Membuat Konten Kreatif di Instagram

Mulailah membuat video Instagram utnuk brand Anda sekarang juga! Lebih dari 2 juta pengiklan ada di Instagram dan yang paling tinggi pertumbuhan kontennya berbentuk video. Waktu yang dihabiskan untuk menonton video naik 80%, dan jumlah video yang diproduksi setiap hari naik 400% dari 2016.

Untuk membuat video yang akan ditonton orang di Instagram, Anda tidak perlu anggaran yang besarperalatan video mewah, atau dukungan selebriti. Anda hanya perlu menemukan cara untuk melibatkan orang.

Ide-ide Instagram ini akan membantu Anda terhubung dengan audiens Anda dengan cara yang otentik dan bermakna. Jadi tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 10 ide Instagram untuk menginspirasi Anda membuat konten kreatif di Instagram.

# 1. Buat Strategi dengan Daily Story

Instagram adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan audiens setiap hari. Namun, konten asli harian membutuhkan banyak perencanaan – bahkan jika hanya untuk terlihat spontan! Ada banyak cara untuk menghasilkan cerita, tetapi tempat yang baik untuk memulai adalah dengan memperkenalkan merek Anda dan apa yang Anda lakukan.

Salah satu fitur terbaik dari Instagram Story adalah kemampuan untuk membuat cerita Anda beruntut. Pengikut dapat mengunjungi tayangan slide ini di bagian atas profil Anda kapan pun mereka mau.

Instagram dan Stories merupakan tempat yang sempurna untuk tutorial produk. Tutorial bisa berupa konten mengenai tampilan kemasan, warna, dan ukuran produk, serta tips dan trik praktis untuk digunakan. Kadang, tutorial bekerja lebih efektif dan lebih informatif daripada foto produk sederhana.

# 2. Pengambilalihan Akun

Berikan akun Anda kepada seorang influencer, biarkan mereka ‘membajak’ akun Anda sebentar. Sebentar aja loh ya, gak selamanya. Pengambilalihan akun ini memberikan perubahan yang menyegarkan dalam perspektif.

Ketika Anda bermitra dengan influencer untuk pengambilalihan akun, kemitraan dapat menghasilkan hasil yang saling menguntungkan. Anda bisa menjadwalkan ‘bajak’ akun oleh influencer pada hari-hari tertentu dengan tema yang beragam.

# 3. Eksperimen dengan Teks

Teks sangat penting untuk beberapa video Instagram, karena orang sering menelusuri Instagram tanpa suara.

Untuk teks, Instagram Stories memiliki beberapa font untuk dipilih, tetapi Anda juga dapat memposting foto teks, atau menggunakan template dengan bidang teks yang disertakan. Seperti tamplate dari canva yang cocok untuk Instagram Story Anda.

# 4. Gunakan Basic Desain

Desain bukan hanya untuk penampilan. Ini menciptakan konsistensi di seluruh pos media sosial Anda. Ketika Anda memasukkan desain yang berciri khas, orang akan mengenali dan mengingat merek Anda.

#5. Membuat Tayangan Slideshow

Keindahan dari slideshow adalah Anda tidak memerlukan rekaman video sama sekali. Jadi jika Anda merasa tidak pede dalam pembuatan film tetapi Anda tahu jalan keluar dari PowerPoint, ambil saja beberapa foto dan buatlah tampilan slide.

# 6. Coba Boomerang Sederhana

Beberapa tahun yang lalu, Instagram merilis Boomerang, sebuah aplikasi yang juga ada di dalam kamera Instagram yang membuat video pendek, auto-looping.

Bisnis dapat bereksperimen dengan Boomerang untuk menggerakkan objek, memperkenalkan orang, menunjukkan keterampilan atau teknik, atau bahkan untuk mengisolasi satu fitur tunggal dari suatu produk.

# 7. Countdown untuk Rilis Produk atau Event

Anda bersemangat dengan perkembangan produk baru dan mengantisipasi tanggal peluncuran. Mengapa tidak melibatkan teman dan pengikut Anda juga dan buat mereka bersemangat?

Kunci untuk ini adalah tidak melakukannya terlalu dini atau hanya melakukannya sekali – ini membantu untuk mengulangi pesan sehingga orang akan diingatkan ketika tanggal semakin dekat.

#8. Stop Motion Video

Stop motion adalah cara yang menyenangkan dan cepat untuk menceritakan sebuah kisah. Tidak seperti time-lapse, stop motion sebenarnya mempercepat waktu dengan menjahit beberapa gambar foto bersamaan untuk meniru gerakan.

#9. Ikuti Apa yang Sedang Tren

Pikirkan tren secara strategis. Pada hari seperti Natal, ketika semua orang memposting konten ke media sosial, mungkin lebih sulit untuk menarik perhatian pemirsa. Tetapi ketika Anda memperhatikan tren yang paling penting bagi pelanggan Anda, Anda akan menemukan peluang yang lebih besar.

Jika tren cocok dengan merek Anda dan dapat membuat konten otentik dan berkualitas tinggi, Anda mungkin dapat menjangkau audiens baru atau bahkan menjadi viral.

Contoh tren yang memiliki kekuatan luar biasa adalah video #slime, dengan lebih dari 7,8 juta posting di Instagram. Kombinasi suara ASMR yang memuaskan dan kerajinan DIY membuat video slime sangat ditonton.

#10: Kompetisi dan Hadiah

Kompetisi dan hadiah dapat menjadi cara yang bagus untuk menyebarkan berita tentang Brand dan akun Instagram Anda. Jalankan tantangan bagi audiens target Anda untuk melakukan sesuatu dan mempostingnya dengan tagar Anda.

Tagar dapat membantu Anda menemukan komunitas, membangun komunitas, dan membangun identitas merek.

Anda dapat mengatur kompetisi menggunakan tagar dalam tiga langkah mudah:

  1. Buat tagar.
  2. Dalam posting, cerita, dan iklan, minta pengikut untuk memposting menggunakan tag.
  3. Cari tag Anda dan geser melalui peserta untuk menemukan pemenang.

Anda tidak harus memberikan liburan; setiap item gratisan akan berdampak positif. Cobalah memulai dari yang kecil dengan sampel gratis produk Anda atau bermitra dengan vendor yang Anda kenal untuk memberikan sejumlah barang terbatas.

Saat Anda bereksperimen dengan iklan Instagram, video timeline, dan cerita, jangan lupa bahwa prioritas nomor satu Anda adalah untuk terlibat dengan audiens Anda. Seorang pengikut yang setia membutuhkan waktu dan kepercayaan. Video paling keren dan paling dipoles tidak akan berfungsi jika itu semua tentang promosi diri. Jika Anda dapat membuat konten demi menghibur atau memberi tahu audiens Anda yang menyentuh topik yang mereka pedulikan, maka Anda sudah menang.

Apa yang kamu pikirkan? Apakah Anda menggunakan salah satu ide Instagram ini untuk akun Anda? Apa pengalaman Anda? Apa tips konten lain yang Anda miliki? Silakan tinggalkan komentar dan pertanyaan Anda di bawah ini.

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us