Search

+
mengasah-kecerdasan-anak
10 Permainan kreatif Untuk Mengasah Kecerdasan Anak

Orang tua kadang mengasosiakan mainan hanya sebagai sekedar hiburan. Tidak ada yang salah dengan hiburan itu sendiri. Namun survey membuktikan kalau anak-anak paling baik belajar saat bermain. Permainan kreatif di luar sana banyak yang bisa mengasah kecerdasan anak.

Kenapa penting belajar sambil bermain? Anak-anak pada dasarnya suka bersenang-senang. Makanya mereka betah bermain berjam-jam. Dengan pengertian inilah, orang tua perlu mengetahui cara menyisipkan ilmu pengetahuan atau kegiatan belajar mengajar di permainan dia.

1. Mainan balok

Mainan balok sudah menjadi basis dari permainan game untuk otak anak sejak dulu. Salah satu permainan balok yang paling terkenal adalah Lego. Permainan ini sangat baik untuk perkembangan anak. Sebut saja pengenalan warna, kreatifitas, belajar perbedaan bentuk dan ruang dsb.

Cara memainkannya:

Anda hanya perlu memperkenalkan anak ke dalam berbagai warna dan ukuran balok. Izinkan dia untuk menyusunnya sesuai imajinasinya.

Bila anak Anda yang baru pertama kali memulai, Anda bisa memberikan warna dan bentuk yang sederhana. Setelah itu Anda bisa mencontohkan bentuk-bentuk yang bisa dibikin dari balok-balok tersebut. Seusai itu, Anda bisa meminta si kecil untuk menirunya.

2. Puzzle

Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk bermain puzzle bersama. Puzzle adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kemampuan anak memahami ruang, koordinasi, memecahkan masalah, kemampuan kognitif dan koordinasi motorik halus.

Pilihan puzzle ini lumayan banyak. Anda bisa memilih tangrams, sudoku, teka teki silang, kubik dan masih banyak lain. Pada saat bermain puzzle, anak Anda mungkin mengeluh betapa susahnya sebuah puzzle diselesaikan. Anda bisa mengingatkan dia kalau otak dia sedang berkembang dan dia akan semakin pintar setiap harinya.

3. Menyusun mainan

Permainan sederhana seperti menyusun mainan setinggi mungkin ternyata sangat bermanfaat. Permainan ini memberi efek yang cukup tinggi untuk meningkat kinerja otak anak. Penyusunan ini meningkatkan motorik halus, persepsi spasial dan visual, keseimbang, tahapan-tahapan, matematika dan koordinasi.

Cara bermainnya permainan kaya manfaat ini?

Anda bisa memulai dengan memberikan mainan susun yang sederhana. Setelah itu tingkatkan permainan dengan tekstur, jenis atau ukuran yang berbeda. Anda juga bisa meminta dia bermain Nesting Toys.

Pada saat bermain, Anda perlu mengajak anak berbicara. Misalkan, “selanjutnya kamu mau tingkatkan yang mana?” “Apakah mainan ini bisa masuk?” “Menurutmu, kenapa mainan ini tidak bisa pas dimasukkan di sini?”

Bila anak Anda sudah remaja, Anda bisa meminta dia menyusun kartu remi setinggi mungkin.

4. Role Play

Kegiatan ini amatlah seru. Anak-anak akan dengan senang hati memerankan sesuatu. Permainan yang satu ini bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan sosialnya. Selain itu membantu dia meningkatkan tata bahasa, ekspresikan pikiran, imajinasi dan memahami dunia di sekitar mereka.

5. Congklak

Permainan tradisional ini jangan dianggap remeh. Dia juga bisa mengasah kecerdasan anak Anda terutama konsentrasi, ketelitian dan belajar berhitung. Gol permainan ini adalah mendapatkan biji sebanyak mungkin dan anak-anak perlu berpikir cara untuk mendapatkannya.

Permainan ini bisa dilakukan berdua atau berempat dengan masing-masing dua orang di dalam satu tim. Setiap lubang coklak diisi tujuh biji-bijian selain lubang paling besar. Lubang terbesar adalah tempat untuk menampung biji-biji yang terkumpul. Permainan berakhir bila lubang kecil sudah kosong.

6. Bercerita

Bercerita meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan berpikir cepat, belajar, observasi, mengambil keputusan dan spontan. Kegiatan bercerita bisa dilakukan seluruh anggota keluarga. Dan Anda bisa mengajak si kecil bermain di manapun.

Salah satu cara bermainnya adalah membuat cerita dengan satu kalimat setiap waktu secara bergilir. Anda bisa melemparkan tema atau judul cerita yang asyik lalu permainan seru ini siap dimulai. Kira-kira cerita seperti apa yang akan terbentuk dari permainan ini?

7. Games Matematika

Games matematika yang sederhana sangat membantu anak-anak dalam meningkatkan kemampuan berhitung. Games yang bagus haruslah mengajarkan anak pengenalan akan angka, berhitung baik tambah kurang kali dan bagi, lebih besar atau lebih kecil dan beberapa matematika dasar lainnya.

Banyak games matematika tersebar sebagai aplikasi di gadget. Anda tinggal memilihnya saja yang sesuai dengan usia anak Anda. Kalau khawatir dia menjadi adiktif terhadap gadget, kami sarankan Anda untuk mengikuti kelas coding anak.

Kelas coding anak telah menggabungkan kesenangan anak untuk bermain games dengan matematika dan konsep berpikir logika serta sistematis. Jadi Anda tidak perlu khawatir kalau bermain games menjadi kegiatan yang tidak produktif namun mengasah kecerdasan anak Anda.

Posted in: Coding Anak

Comments (One Response )

Trackbacks/Pingbacks

  1. Alasan Dan Tips Anda Perlu Meningkatkan Logika Berpikir Anak - iBig Academy - 21 Desember 2018

    […] bisa menemukan berbagai permain kreatif yang akan melatih kecerdasan anak Anda. Permainan yang membutuhkan kesabaran dan konsentrasi hingga mereka mendapatkan logika untuk […]

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us