Search

+
Cara-menjadi-animator
10 Tips Menjadi Animator Sukses (II)

iBiG Academy akan lanjut membagikan cara menjadi animator dari 0 hingga sukses di artikel ini. Bila di artikel 10 tips menjadi animator sukses sebelumnya, kita sudah membahas 5 langkah yang perlu dilakukan animator pemula. Maka di artikel yang satu ini kita akan membahas 5 langkah selanjutnya.

Langkah-langkah berikut ini berupa sebuah disiplin yang kadang dilewatkan oleh orang-orang yang bermimpi besar. Banyak animator tidak menyadarinya sehingga mereka menjadi putus asa dan membuang mimpi mereka. Jadi 5 poin ini perlu disimak.

 

6. Menguasai teknik animasi

Seorang animator perlu menguasai teknologi-teknologi di balik animasi komputer. Anak-anak bisa belajar sendiri atau mengikuti kursus coding anak seperti iBiG Academy untuk memulainya. Pada saat kursus, mereka akan memulai dengan memahami konsep komputerisasi dan akhirnya diperkenalkan dengan berbagai aplikasi untuk membuat animasi. Dan mereka juga bisa lebih belajar kerjasama tim di kursus.

Bila di daerah sekitar rumah tidak ada kursus, maka anak-anak bisa belajar sendiri. Saat ini sudah banyak sekali tutorial dan forum yang bisa diakses secara gratis. Jadi kemungkinan anak untuk tidak mengerti teknik animasi sangatlah kecil.

 

7. Hadir di setiap acara yang berkaitan dengan animasi

Anak-anak yang ingin menjadi animator jangan melewatkan acara yang berkaitan dengan animasi. Mereka juga bisa menghadari meetup group. Beberapa pertemuan ini ada yang diadakan secara gratis ataupun berbayar.

Pertemuan-pertemuan ini banyak memberikan kesempatan kepada para calon animator. Mereka bisa mendapatkan teman-teman yang menyukai animasi, menikmati animasi itu sendiri, menghadiri perusahaan animasi bahkan memberikan info lowongan pekerjaan.

Pada saat pertemuan atau acara, para animator ini bisa saling bertukar ilmu. Jadi kalau ingin meningkatkan skill, pertemuan ini sebaiknya jangan diabaikan.

 

8. Jangan terlalu fokus untuk menghasilkan uang pada awalnya

Segala sesuatu membutuhkan proses. Kadang cita-cita tidak semua mudah digapai. Bahkan ada orang yang berkata, kalau cita-cita terlalu gampang dicapai maka dia adalah gol.

Seperti layaknya pemula di dunia animasi, mereka perlu siap mengalami proses yang panjang agar bisa sukses. Pada 1-2 tahun pertama, mereka mungkin menemukan warna mereka sendiri. 5 tahun berikutnya juga tidaklah mudah dan bisnis belum terlalu menguntungkan. Namun jangan putus asa terlalu cepat dalam beberapa tahun pertama ini.

Setiap perjalanan menjadi orang berhasil, anak-anak ini perlu mendedikasikan diri lebih, tetap memiliki gairah, belajar kerjasamatim, banyak mendapatkan ilmu baru dan yang terpenting adalah konsisten berkarya. Ketekunan adalah kunci sukses.

Selain itu, para animator ini juga perlu konsentrasi dalam mengembangkan kemampuan animasinya. Jangan lupa untuk menambahkan network ke dalam hidup terutama orang-orang yang positif. Pada waktu yang tepat, uang dan ketenaran akan mengikuti.

 

9. Belajar seni akting

Seorang aktor perlu mengenal seni akting. Maka tidak ada salahnya animator mengikuti kelas dan menjadi aktor agar kemampuan animasinya semakin bertambah dan hasilnya semakin realistis.

Mengikuti kelas akting dipelopori oleh Walt Disney. Beliaulah membawa tradisi ini ke dalam industri animasi. Dia membayar guru akting di perusahaannya agar memahami cara mengajar para animatornya untuk berakting.

Ketika para animator mulai menguasainya, kemampuan animasi mereka tidaklah kaku lagi. Penonton-penonton yang melihat perubahannya semakin terpukau sehingga Walt Disney sangat dikenal di berbagai belahan dunia.

Biar anak-anak ini bisa lebih menguasainya, kita bisa memberikan buku Ed Hooks ke dalam koleksi buku bacaan mereka. Soalnya dia pakar animator yang telah mengajar di Walt Disney Feature Animation, Pixar dan berbagai belahan dunia karena kemampuannya. Jangan sampai terlewatkan.

 

10. Belajar terus menerus ilmu animasi

Salah satu kunci sukses menjadi animator adalah tidak pernah berhenti belajar, menunjukkan kemampuan dan mengajar. Tidak ada orang yang ahli 100% di dunia animasi karena selalu ada teknik baru untuk dipelajari para animator. Tidak ada animator yang lebih hebat dibanding animator lainnya. Alasannya, kreatifitas tidak bisa diukur dengan standar.

Seorang animator yang terkenal adalah hasil dari kesempatan besar yang didapat oleh sebagian animator. Banyak sekali animator yang handal namun tidak memiliki kesempatan untuk bekerja di studio terkenal. Namun bukan berarti mereka adalah animator yang buruk. Mereka hanya kurang kesempatan untuk mempertunjukkan kemampuan mereka.

Seorang animator yang baik adalah mengerahkan seluruh kemampuannya untuk kontribusi di berbagai event. Pada event-event ini, para animator bisa menunjukkan kemampuannya dan mendapatkan koneksi-koneksi baru untuk memperluas wawasan.

Dan terakhir seorang animator perlu mengajar. Kegiatan mengajar sangat membantu animator terutama dari pertanyaan-pertanyaan spontan dan mungkin kristis dari para murid. Jadi para murid ini secara tidak langsung menjadi guru-guru animator dalam mengasah kemampuannya. Mereka membantu para animator menyadari adanya perspektif yang terlewatkan dan butuh dieksplorasi.

 

Kesimpulannya, seorang animator jangan lupa untuk “belajar, menunjukkan kemampuan dan mengajar”. Sekian tips cara menjadi animator sukses. Semoga infonya bermanfaat bagi para orang tua dan anak-anak yang akan menjadi animator asal Indonesia yang sukses.

Bagi orang tua yang investasikan anaknya untuk belajar animasi dan komputerisasi sejak dini, Anda bisa mendaftarkan ke kelas kursus coding anak di iBiG Academy. Kelas ini dibuka untuk anak-anak yang berusia mulai dari 6 tahun ke atas.

Kelas iBiG Academy, murid-murid akan belajar menggabungkan coding dan animasi. Ilmu ini tentu akan sangat berguna untuk mempermudah anak untuk menjadi seorang animator. Silahkan menghubungi email kami di hello@ibigacademy.com atau whatsapp di 0812-1177-8838 untuk free trial.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us