Search

+
karier-desain-grafis
11 Tips Sukses Memiliki Karier Desain Grafis

Seorang desain grafis yang baru memulai karier desain grafis sangat tergoda untuk mencari tahu langkah sukses untuk diakui, terkenal dan sukses.

Banyak kisah-kisah desainer yang sepertinya menunjukan cara kerja tertentu. Namun faktanya, kehidupan memiliki kebiasaan untuk tidak mengulangi kisah yang sama berulang-ulang. Jalan hidup seseo

Perjalanan karier desain grafis berbeda-beda. Sesuka apapun kita dengan kisah desain grafis favorit kita dan ingin nama kita terpampang di website atau rak buku, kita tidak akan menemukan langkah-langkah persis untuk berhasil. Namun bukan berarti kita tidak bisa mengutip pelajaran dari hidup mereka.

iBiG Academy telah merangkum tips jitu yang bsia diikuti oleh orang-orang yang baru memulai karier desain mereka. Dan tips ini butuh dilakukan bertahun-tahun dengan gigih dan penuh determinasi untuk melihat hasil akhirnya.

 

1. Mengikuti organisasi desain dan terlibat dengan berbagai kegiatan yang mereka lakukan

Networking adalah salah satu kunci utama untuk sukses di bidang desain grafis. Ketika kita memiliki banyak waktu luang, ini adalah waktu yang tepat untuk mengikuti berbagai organisasi desain grafis.

Ketika kita mengikuti organisasi ini, kita akan bertemu dengan orang-orang dengan kesukaan yang sama, memahami industri desain grafis dan juga kesempatan bertemu dengan orang-orang terkenal. Kita mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu dan berkembang saat terlibat dalam organisasi ini.

Kalau kita terus mempraktekkan semua pelajaran yang dibagikan di tempat ini, kemungkinan karyamu akan semakin dilirik dan dihargai oleh kolega kerja. Organisasi desain grafis kebanyakan berbayar, jadi kudu milah-milah organisasi yang terbaik.

2. Bekerjalah untuk organisasi nirlaba

Sementara network terus berkembang, kita jangan lupa untuk menambahkan portfolio dengan menyumbangkan kemampuan ke dalam komunitas secara cuma-cuma hingga ada yang tertarik dengan karya kita.

Proyek-proyek ini ke depannya akan mempertemukan kita dengan kerjaan yang berbayar atau tidak berbayar. Tetapi tetap lakukan yang terbaik dan cari serta bantulah organisasi-organisasi nirlaba.

3. Internship

Internship memberikan kesempatan kepada kita untuk mendapatkan pengalaman bekerja. Kita tidak hanya mengerti aplikasi-aplikasi dan berbagai jenis desain, namun kita juga tahu cara kerja di perkantoran. Kita tahu permintaa kelien, cara menanganinya dan beban harian seorang desain grafis. Kalau sesuai, bisa saja kita direkrut oleh studio desain grafis itu sendiri.

4. Bangun hubungan dengan teman sekerja

Seringkali kita melihat kolega-kolega atau teman-teman kita sebagai kompetitor dibanding mendukung atau berkolaborasi dengan mereka. Padahal hubungan yang sehat dengan para desainer akan membantu kita ke depannya.

Misalkan kita menerima proyek yang mereka tidak bisa lanjutkan karena sibuk atau proyek dengan budget kecil. Setiap proyek yang kita kerjakan akan menjadi portfolio yang akan membuka peluang untuk bisnis atau membangun karier kita.

5. Mengirimkan email ke desainer favorit

Ketika kita mendapatkan dukungan dari orang-orang, kita menjadi semakin dikuatkan untuk terus berkarya di industri yang kita kerjakan. Jadi tidak ada salahnya kalau kita menyampaikan dukungan kepada desainer favorit kita.

Sebuah email yang tulus yang diserta desain kita kadang membuka kesempatan untuk karier atau bisnis desain grafis kita. Kita mungkin salah seorang yang mereka cari seperti mereka mencari pegawai baru atau tim yang bisa membantu penyelesaian proyek.

Tentu kita tidak bisa berharap kalau email kita akan selalu mendapatkan tanggapan apalagi tawaran kerja. Tetapi kita bisa terus kirimkan hasil karya terbaru kita dan mungkin suatu hari mereka akan melirik kita.

6. Hadir di dunia digital

Saat ini dunia digital sudah tidak bisa diabaikan. Seorang desainer perlu hadir secara online via aplikasi sosial media dan blog pribadi. Di dunia virtual ini, kita bisa promosikan hasil karya kita dan tidak lupa berdialog dengan orang-orang yang tertarik dengan pekerjaan kita.

Seorang pencari tenaga kerja sering berharap kita memiliki situs sendiri sebagai portfolio kita agar mereka bisa mencari tahu apakah skill kita sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak.

7. Menemukan dan mengembangkan kemampuan kita

Kadang kemampuan kita di luar desain grafis seperti fotografi akan membantu kita untuk bertemu dengan orang-orang berbakat. Jadi kita bisa kombinasikan kemampuan desain grafis dan juga fotografi di dalam sebuah karya dan kirim kepada agency-agency yang kita inginkan.

8. Mengikuti kompetisi

Bila ada kesempatan, kita bisa mengikuti berbagai kompetisi di dunia desain grafis. Sekalipun kita mungkin tidak menang, namun kita akan mendapatkan reputasi dan siapa tahu ada art director yang melirik karya kita.

9. Jadilah baik, berani dan rendah hati

Bisnis desain grafis adalah bisnis yang berbicara tentang komunikasi. Pada saat orang bertanya baik online maupun offline, kita perlu menjawab dengan ramah. Ketika kita terus menerus melakukannya, kita bisa bertemu dengan orang-orang yang menawarkan pekerjaan atau klien yang suka dengan karya kita.

10. Buatlah proyek kita pribadi

Kalau belum ada yang menawarkan pekerjaan, seorang desain grafis bisa membuat kerjaan untuk dirinya sendiri. Kita bisa membuat kartu ucapan, icon untuk distribusi secara gratis, themes untuk situs dan lain-lain.

Proyek-proyek pribadi ini menciptakan peluang bisnis untuk kamu pribadi. Selain itu kita akn terkoneksi dengan orang-orang dengan kesukaan yang sama, kolega dan juga mengembangkan kemampuan kita lewat latihan terus menerus.

11. Kerjakan terus menerus

Salah satu nasehat yang jangan pernah diabaikan adalah teruslah kerjakan 10 langkah di atas. Sekalipun hasilnya belum terlihat dan karya kita masih ditolak dan dikritik, kita perlu terus menerus berlatih, perluas network dan mempromosikan karya kita di dunia digital atau lewat organisasi nirlaba. Niscaya karier desain grafis pun semakin berkembang.

 

Bagi orang tua yang ingin anaknya sukses di dunia desain grafis bisa memperlengkapi anak dengan investasi di kursus coding anak. Kursus ini memungkin anak untuk lebih memahami cara kerja aplikasi dan dasar-dasar animasi. Ingin cari tahu lebih lanjut tentang iBiG Academy dan kelas-kelasnya? Silahkan hubungi 0812-1177-8838

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us