Search

+
aplikasi-desain-grafis
12 Aplikasi Desain Grafis dan Perangkat Yang Kudu Dimiliki Tahun 2019

Hi Parents,

Era modernisasi sekarang dikuasai oleh teknologi dan internet. Konten yang dulu populer berisikan tulisan sekarang berubah ke animasi dan logo desain yang menarik. Jadi kita janganlah heran kalau desain grafis sangat populer. Makanya anak-anak yang tertarik dunia desain grafis perlu mengetahui aplikasi desain grafis yang mumpuni dan perlengkapannya.

Permintaan yang banyak bukan berarti kehidupan seorang desain grafis bertambah mudah. Calon pembeli semakin pemilih dan kompetisi semakin tinggi. Jadi buat seorang desainer grafis menghasilkan desain yang menarik dan konten yang mumpuni sungguh hal yang sulit..

Namun untunglah saat ini para desain grafis telah disediakan berbagai perangkat dan apliksasi yang membantu mereka di tahun 2019 ini.

 

1. Microsoft Surface Studio

Buat desainer grafis yang sering mengeluhkan masalah saat menggunakan Macbook, maka Surface Studio dari Microsoft adalah jawabannya. Komputer ini bisa digunakan baik seperti PC biasanya dan tablet bersamaan. Dia juga memiliki fungsi touch screen sehingga gampang di klik dan membuat desain.

 

2. Wacom Tablet

Biasanya, seorang desainer senang bekerja dengan pen dan kertas. Namun perkembangan zaman telah mengubahnya. Teknologi telah menyiapkan mouse dan juga touchsreen seperti Wacom Tablet ini. Dia bisa mempercepat para desainer membuat format digital.

 

Wacom sendiri sudah sangat populer di mata ahli desain. Alasannya, dia menyediakan stylus yang bekerja seperti pensil sehingga mempermudah proses desain. Selain itu bentuk pensilnya membuat gambar tampak lebih natural. Wacom bekerja dengan baik dengan berbagai aplikasi Adobe Creative. Dia juga sangat sensitif dalam mendeteksi tekanan menggambar.

 

3. Kuler

Kita tahu kalau trend logo berubah setiap harinya. Tidaklah aneh seorang desainer grafis kesulitan untuk mendapatkan ide unik dan desain yang menarik dengan shading dan warna yang menarik. Kuler yang dikembangkan oleh Adobe adalah jawabannya. Dia membantu para desainer untuk memilih beragam warna dan shading dari HEX dan RGB codes yang kaya. Desain grafis pun bisa menghasilkan desain yang sangat realistis.

 

4. Handphone canggih

Handphone yang canggih sudah menjadi bagian dari kehidupan desain grafis. Handphone tidak hanya memudahkan para desainer untuk menghubungi orang-orang atau menemukan cara jalan tercepat dari satu titik ke titik lain. Handphone juga memungkin desainer bekerja tanpa perlu khawatir apakah dia bisa transfer kerjaannya di komputer atau tablet.

Apalagi saat developer sibuk membangun aplikasi-aplikasi desain di dalam handphone. Mereka bisa membuat logo, konten sosial media dan sebagainya lalu diakses atau transfer ke dalam komputer atau laptop. Mereka juga bisa dengan mengirimkan hasil desainnya ke klien via email atau aplikasi messaging.

 

5. Pantone Matching System

Sesuatu yang kamu lihat tidaklah sama persis dengan apa yang kita dapatkan. Hal inilah yang sering terjadi di dunia desainer dan tidak ada dari mereka yang akan menggelengkan kepala. Seringkali, sebuah warna yang tampak di layar berbeda dengan hasil cetaknya.

Oleh karena alasan itulah desain grafis banyak berinvestasi di Pantone Matching System or Library. Peralatan ini memungkin para desainer untuk melihat hasil akhir bila dicetak. Selain itu para desainer juga bisa presentasi kepada klien dengan tenang karena warna desainnya sama atau mendekati.

 

6. Repix

Seorang desainer grafis yang banyak bekerja dengan gambar dan foto pasti sangat tertolong dengan adanya aplikasi Repix. Repix menyediakan beberapa fitur yang sangat dibutuhkan desainer grafis seperti cropping, 16 jenis filter dan 28 jenis brush. Para desainer grafis pasti senang untuk mengubah gambar menjadi masterpiece dari aplikasi ini. Repix tersedia baik di Android ataupun iOS.

 

7. Sketchbook Pro

Sketsa dan desain grafis berjalan bersamaan. Seorang desainer bisa mendapatkan ide kapan saja di mana saja; bus, saat makan, sedang nongkrong dan lain sebagainya. Bila para desainer pada zaman dahulu kala perlu membawa tas besar untuk membawa perlengkapannya, sekarang mereka cukup mengunduh aplikasi Sketchbook Pro.

Aplikasi ini menyediakan berbagam pena, pensil, kuas dan marker agar seorang desainer bisa menggambar sketsa dengan mudah. Dia juga menyediakan berbagai ukuran kanvas.

 

8. Behance

Kompetisi dunia desain grafis semakin meningkat dan tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan dengan tawaran yang menggirurkan. Namun desain grafis yang menunjukkan hasil karya di berbagai tempat memiliki kesempatan yang lebih bagus.

Behance dari Adobe adalah aplikasi yang memungkin desain grafis menampilkan hasil karya mereka di galeri virtual. Orang-orang yang sedang mencari desain grafis akan mampir ke aplikasi ini. Siapa tahu karya mereka dilirik lewat Behance.

 

9. Assembly

Vector sangat populer akhir-akhir ini dan semua klien ingin para desainer bisa menghasilkan Vector. Namun penelitian menunjukkan banyak desainer pemula tidak tahu cara membuat logo dengan vector.

Pembuatan vector tidak melulu harus menggunakan Adobe Illustrator. Assembly yang bisa diunduh di iPhone ini bisa membantu desainer pemula membuat desain vector. Mereka menyediakan 180 bentuk dasar dan para desainer cukup menggunakan kemampuannya untuk membuat desain yang unik dan menarik.

 

10. FontShop

Desain grafis tidak hanya berbicara tentang desain dan warna saja, namun jenis tulisan bisa mengubah sebuah karya menjadi mahakarya. Menemukan sebuah font yang sinkronisasi dengan desain sangat memakan waktu. Tetapi FontShop menyediakan ratusan pilihan untuk dipilih oleh desainer

 

11. Adobe Creative Suite

Tidak ada yang bisa mengalahkan Adobe Creative Suite dalam menyediakan perlengkapan desain bagi para desain grafis. Sekalipun harganya tidak murah sebagai investasi awal, namun buat para desainer yang berkecimpung di dunia desain sangat membutuhkannya.

 

12. Grain Edit

Seorang desainer grafis yang spesialisasi di vintage pasti mengenal Grain Edit. Perangkat ini terinspirasi dari desain tahun 50an hingga 80an. Mereka bisa memilih salah satu desain dan mengubahnya menjadi desain yang unik.

 

Sekian perangkat dan aplikasi desain grafis yang perlu dimiliki di tahun 2019 ini. Agar anak-anak ini bisa mudah menggunakannya, mereka bisa mengambil kursus coding anak dulu di iBiG Academy untuk membiasakan diri dan mengerti sistem komputerisasi.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us