Search

+
permainan-anak-yang-mendidik
12 Permainan Hi-Tech Anak Yang Mendidik

Permainan anak yang mendidik zaman now selalu berhubungan dengan teknologi. Tidak, kita sedang tidak sedang berbicara tentang bermain game gadget. Tetapi mainan-mainan keren seperti Robot. Setelah melihat permainan ini, kita mungkin berasa ingin kembali menjadi anak-anak. Yuk cari tahu permainan anak yang hi-tech ini.

1. Makeblok mBot Smart Robot Kit

Robot yang satu ini memudahkan kita untuk memperkenalkan STEM (Science, Technology, Engineering and Math) ke anak-anak SD. Perlengkapan ini juga mudah dipasang karena kita hanya membutuhkan obeng saja. Lewat robot ini, kita bisa melihat bagaimana robot dibuat untuk menghindari rintangan-rintangan dan mengikuti garis yang ditentukan dengan coding sederhana.

Untuk anak-anak yang sudah belajar coding, mereka bisa menggunakan bahasa pemrograman Scratch untuk menambahkan fitur-fitur menarik ke robot. Permainan ini cocok disamakan dengan LEGO dan bisa meningkatkan kreatifitas pada anak.

 

2. Anki Cozmo Robot

Robot yang satu ini sangat imut dan kecil. Robot ini mengingatkan pada Cozmo, tokoh Wall-E. Dia bisa bisa disambungkan dengan Android dan iOS lewat Wi-Fi. Dia bisa diprogram untuk melakukan beberapa hal dan juga games-games sederhana yang bisa dimainkan anak-anak. Cozmo akan mengenali wajahmu, mengenali dan membangun kepribadian sendiri. Kalau kita ingin inpirasi anak-anak untuk mematikan PlayStation atau menghindari binatang peliharaan, Cozmo bisa juga ideal.

 

3. Littlebits Star Wards Droid Inventor Kit

Pecinta Star Wards tidak akan melewatkan kesempatan untuk membangun unit R2. Littlebits selama ini telah menginspirasi anak-anak untuk menciptakan dan mengembangkan perangkat elektronik untuk dibentuk menjadi gadget selama beberapa tahun. Kerjasamanya dengan Star Wars telah memunculkan sebuah mainan yang membuat orang senang.

Pada permainan ini, Anak-anak diberikan instruksi untuk membuat R2 tetapi bisa dimodifikasi sesuai keinginannya. Dan kita bisa mengontrol R2 ini dengan iPhone atau Android. Kalau memang si kecil sudah memiliki mainan R2 lainnya, maka komponen-komponennya bisa digunakan juga di Littlebits Star Wars ini.

 

4. Galaxy Zega Battle Tanks

Mari kita mengubah ruang keluarga menjadi tempat berperang dengan tank-tank yang bisa dikontrol dengan smartphone. Kita berterima kasih untuk Galazy Zega yang telah memungkinkan kita untuk melakukan battleground seru.

Aplikasi ini tidak hanya membuat mengendalikan tank tetapi juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan poin dan meningkatkan kemampuan tank. Dengan membeli X-bases untuk permainan, kita bisa menjadikan tempat power up atau bendera yang bisa meningkatkan mode games.

 

5. Play Doh Touch Shape to Life Studio

Anak-anak pasti senang bermain play-doh yang memungkin mereka untuk membuat berbagai barang lucu. Dengan game ini, mereka bisa scan hasil karya mereka ke dalam dunia digital dengan menggunakan iPAD atau peralatan iOS lainnya. Perlengkapannya terdiri dari kotak play-doh, pemotong, stempelan dan juga tatakan dari plastik.

Ketika anak-anak menaruh kreasinya di atas plastik dan scan maka mereka bisa melihat karakter atau barang-barang yang dibentuk itu bergera-gerak.

 

6. Anki Overdrive Battle and Race Robotics Supercars Starter Kits

Bagaimana cara melakukan modernisasi trek mobil-mobilan? Anki Overdrive adalah jawabannya. Perlengkapan ini menggabungkan Scalextric dan Mario Kart. Mobil-mobilan ini dikontrol dengan perlatan Android atau IOS dan mereka bisa bertanding satu sama lain. Anak-anak bisa berlomba dengan 4 mobil sekaligus dan artificial intelligencenya sangat bagus. Trek nya sendiri juga menyediakan berbagai layout yang berbeda.

 

7. Circuit Maze Board Game

Game Puzzle ini mengajarkan anak-anak tentang cara kerja sirkuit dan listrik. Game board ini menyediakan 60 tantangan yang siap dihadapi oleh pemainnya. Anak-anak perlu menyusun belajar cara menyusun setiap potongan dengan tepat agar bisa melewati 1 level.

Game yang mendidik ini cocok untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah. Permainan ini cocok buat kita yang ingin membatasi screen time dan bisa dimainkan baik orang tua maupun anak.

 

8. SAM Labs Science Museum Inventor Kit

Perangkat elektronik yang sederhana dan elegan ini akan menarik perhatian anak-anak maupun orang dewasa. Di dalam perlengkapannya, kita akan menemukan sensor cahaya, setrum, sensor kemiringan, motor dan perangkat-perangkat lainnya.

Pertama-tama kita perlu memasang perangkat lunak di komputer. Setelah itu kita akan menemukan tampilan sederhana untuk memasang dan menggabungkan seluruh perangkatnya. Permainan ini tidak hanya mengenai menyusun perangkat doang kita bisa membuat komputer tersebut menyalakan suara, memotret dan mengirimkan pesan.

 

9. Sphero Ollie Robot

Ollie adalah robot keluaran Sphero yang paling bagus untuk saat. Dia tidak hanya saja bisa dimainkan di dalam ruangan tetapi juga luar ruangan. Dia terbuat dari polycarbonate dan ban karet yang bagus. Kondisi ini memungkinkan dia untuk bergerak di tempat yang banyak bebatuan. Ollie ini bisa dikendalikan oleh gadget.

 

10. Mattel View-Master Virtual Reality Starter Pack

Virtual Reality itu sedang trend. Namun banyak orang yang meragukan keamanannya buat anak-anak  sekalipun banyak dari kita yang ragu-ragu apakah VR ini aman untuk anak-anak ataupun tidak. Banyak VR yang terhubung langsung ke layar handphone tetapi ini pertama kalinya VR dibuat dengan target untuk anak-anak. Dia seperti Google Cardboard dan bisa digunakan di berbagai smartphone. Dia juga cocok dengan banyak aplikasi dan games VR di Android dan iOS. Dia juga memiliki kumparan yang bisa membuat penggunanya merasakan pengalaman augmented reality.

 

11. SelfieMic Selfie Stick Microphone

Beberapa anak tertarik untuk menjadi penyanyi. SelfieMic adalah mainan yang cocok untuk mereka. Mainan ini sebenarnya adalah selfie stick yang ditambahkan dengan microphone. Kita menjalankannya dengan menggunakan smartphone. Selain itu, dengan aplikasi-aplikasi di iOS dan Android yang tepat, anak-anak bisa berkaraoke.

 

12. Meccano Meccanoid G15 KS Personal Robot

Anak-anak mana yang tidak menyukai membangun robot berukuran 120cm. Tidak hanya itu, robot ini juga bisa meniru mereka dan respon terhadap instruksi? Robot ini datang dengan 1200 bagian yang perlu disusun oleh anak-anak. Di dalamnya terdiri dari otak, mata LEDs dan 8 bagian yang bisa digerakkan.

 

Kita bisa menggunakan aplikasinya yang terdapat di Android atau iOS agari lebih mudah mengajarkan Meccanoid meresponinya. Tetapi kita juga bisa dengan manipulasi langsung dengan memberikan perintah. Tentuya semua ini perlu kita konfigurasi terlebih dahulu. Selain itu kita perlu, membangun robot ini memakan waktu lama karena komponennya yang banyak.

 

Permainan anak yang mendidik ini tentu memiliki jenjang usia yang tepat untuk memainkannya. Jadi kita sebaiknya memilih yang sesuai dengan kemampuan dia. Semua permainan ini mengajarkan anak-anak STEM. Dijamin matematika tidaklah menjadi momok lagi buat anak-anak Anda.

Bila Anda ingin anak Anda belajar versi codingnya dan berada di wilayah BSD, anak-anak bisa didaftarkan ke freetrials kami. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan email ke hello@ibigacademy.com

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us