Search

+
manfaat-belajar-coding
14 Manfaat Belajar Coding Bagi Anak

Belajar coding sedang trend. Tetapi bukan tanpa alasan belajar coding menjadi salah satu subyek favorit anak-anak. Mereka yang mengikuti kelas coding di iBiG Academy menyadari mereka ingin terlibat lebih jauh di dunia teknologi yang sedang trend. Sedangkan bagi para orang tua, manfaat belajar coding adalah anak-anak yang lebih cerdas berpikir.

 

Mari kita cari tau 14 alasan coding agar anak tambah cerdas

1. Anak-anak belajar pikiran komputerisasi

Ketika anak-anak belajar membaca dan menulis coding, mereka sedang mengembangkan kemampuan kognitifnya. Mereka juga belajar cara yang tertata, proses penyelesaian masalah dalam menyusun komputer.

Proses pembelajaran ini melibatkan abstrak dan pengenalan pola untuk memperkenalkan masalah ke dalam dimensi yang berbeda. Masalah tersebut bisa diatur secara logika, dianalisa, dipecah-pecahkan menjadi bagian yang lebih sulit dan diidentifikasi untuk penyusunan langkah penyelesaiannya.

Setelah semua prosedur ini dilakukan, anak-anak bisa menentukan apakah hasil yang dicapai adalah jawaban yang diinginkan. Proses berpikir komputer ini bisa diaplikasikan ke berbagai situasi selain coding. Karena semua prosedur ini adalah cara berpikir dalam penyelesaian masalah.

 

2. Anak-anak belajar menggunakan logika

Berpikir logika sangat dibutuhkan dalam belajar coding. Pemikiran logika sendiri menemukan sebuah formula langkah-langkah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Logika melibatkan penggunaan eskpresi, pemilihan, iterasi, syarat dan berbagai pernyataan logika lainnya.

 

3. Anak-anak belajar menyelesaikan masalah

Kegunaan belajar coding adalah melatih anak memecahkan masalah yang rumit menjadi komponen-komponen yang sederhana. Cara penyelesaian masalah ini bisa digunakan di segala area kehidupan. Misalkan seorang mekanik mobil memecahkan masalah mobil mogok dengan mencopot satu perangkat setiap waktu untuk menemukan titik masalahnya di mana.

Pada saat anak-anak melakukan coding, seorang programmer juga perlu mencari tahu bugs-bugs yang menyebabkan program tidak berjalan. Mereka harus menelusuri coding mereka dan menonaktifkan tulisan-tulisan coding mereka untuk mencari tahu permasalahan di mana.

 

4. Anak-anak belajar cara kerja barang-barang dan membuat barang yang berfungsi

Coding mengajarkan anak-anak untuk membangun. Mereka melatih anak-anak memahami penggunaan sebab akibat agar semua fungsi program bekerja. Setelah itu mereka perlu adaptasi coding agar program yang dia inginkan tercapai.

 

5. Anak-anak belajar mengantisipasi dan menghindari masalah

Pada saat programming, anak-anak akan belajar untuk mengatasi masalah. Mereka juga akan antisipasi masalah-masalah yang mungkin saja muncul dan memastikan penulisan coding benar. Semua ini bertujuan agar program tidak gagal ketika error bermunculan.

 

6. Anak-anak belajar pikir terstruktur

Anak-anak akan belajar bagaimana membaca struktur dan menambahkan bagian kecil ke dalamnya untuk mendapatkan solusi yang diinginkan. Pembacaan struktur ini tidaklah segampang membuat aplikasi.

 

7. Anak-anak belajar berpikir secara algoritma

Cara berpikir algoritma ini adalah kemampuan untuk menetapkan langkah-langkah tepat dalam menyelesaikan masalah atau tugas. Algoritma ini melibatkan konsep berpikir komputer. Makanya anak-anak akan belajar pengulangan, langkah-langkah dan persyaratan.

Pada saat mereka melakukan coding, anak-anak menggunakan algoritma tanpa disadari. Termasuk di dalamnya adalah matematika dan ilmu pengetahuan lainnya. Algoritma ini akan membantu anak-anak memecahkan masalah yang sulit dan memikirkan adanya solusi dengan identifikasi langkah-langkah penyelesaian.

 

8. Anak-anak belajar untuk gigih

Anak-anak belajar untuk gigih dan bertahan ketika kreasi mereka tidak bekerja. Mereka perlu menganalisa penyebab kegagalan mereka, inti permasalahannya dan mencari tahu cara agar kreasi mereka berfungsi sebagaimana mestinya.

 

9. Anak-anak melatih kreatifitas dan belajar membuat sesuatu yang bekerja

Anak-anak menyukai teknologi dan mereka akan secara termotivasi untuk membuat sesuatu dengan menggunakan teknologi itu sendiri. Belajar coding melatih imajinasi mereka dan improvisasi ketika sumber mereka terbatas. Dan ketika berhasil, anak-anak mendapatkan rasa percaya diri karena pencapaiannya.

 

10. Coding mempersiapkan anak-anak kemampuan yang dibutuhkan untuk masa depan

Perkembangan teknologi tidak akan melambat. Dan di masa depan, banyak perusahaan dan organisasi yang menantikan pegawai yang memiliki kemampuan coding. Tentunya orang yang ahli programming akan mendapatkan penghasilan yang bagus.

Bahkan perusahaan yang tidak bersifat software house juga membutuhkan orang-orang yang memahami coding. Selain itu, pada saat coding, anak-anak juga belajar soft skills seperti berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi dan kreatifitas.

 

11. Coding menunjukkan matematika sedang beraksi

Buat anak-anak yang tidak suka matematika, coding akan membantu anak-anak melihat penggunaan matematika secara praktis. Mereka juga akan belajar kenapa matematika itu penting. Soalnya syntax programming itu sering mengandung matematika dan perlu diselesaikan agar program berjalan.

 

12. Coding mengizinkan anak-anak untuk menemukan impiannya dan menentukan karier di masa depannya

Pekerjaan yang membuat anak-anak berkutat di dunia programming adalah pekerjaan yang paling diminati beberapa tahun ke depan. Mereka bisa mengembangkan aritificical intelligence, belajar mesin, mendapatkan data dan juga robotics. Anak-anak yang sudah terekspos dengan coding akan jatuh cinta dan tertarik untuk menemukan apa yang bisa dan dia ingin lakukan dalam hidup.

 

13. Coding bisa menghasilkan banyak uang

Beberapa anak-anak remaja yang menggunakan imajinasinya berhasil membuat aplikasi, games dan situs. Mereka bahkan menghasilkan uang yang cukup banyak. Banyak anak-anak yang menawarkan kemampuan coding mereka agar mereka bisa menabung untuk kuliah.

 

14. Coding membantu anak-anak berpikir di luar apa yang pernah dipikirkannya

Coding selalu memberikan pesan kepada anak-anak kalau mereka bisa membuat apa saja dari ketiadaan asal mereka mau berusaha. Anak-anak akan merentangkan kemampuannya sejauh mngkin untuk melihat adanya perubahan dalam hidup dan memiliki hidup yang berkualitas.

 

Dengan mengetahui 14 manfaat belajar coding ini, iBiG Academy pun menyediakan kursus untuk anak-anak yang ingin menguasainya di wilayah BSD. Satu kelas kami hanya terdiri dari 9 anak sehingga memungkinkan mereka mendapatkan personalized training. Mari mendaftar.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us