Search

+
permainan-anak
4 Permainan Anak Seru Agar Anak Siap Belajar Coding

Kita berada di era digitalisasi. Hampir semua kegiatan kita terkait dengan teknologi. Anda ingin anak bisa mengikuti kursus coding. Sayang sekali, anak Anda masih terlalu kecil dan belum siap. Jangan khawatir, Anda bisa memberikan permainan anak sederhana sebagai persiapannya. Simak di sini.

1. Memberikan makan Tikus

Game ini mengajarkan anak-anak tentang algoritma. Algoritma adalah instruksi-instruksi yang ditulis oleh programmer untuk meminta komputer melakukan suatu tugas. Mereka juga akan memahami konsep debugging yang merupakan cara memperbaiki masalah di program.

Pada game ini, Anda bisa membuat sebuah jalan untuk boneka tikus. Jalan ini bisa dibuat dengan kartu remi. Anda perlu meletakkan beberapa makanan enak selama perjalanan. Tugas anak adalah menggerakan boneka tikus dan mengambil semua makanan yang ada.

Cara bermain:

Dua anak akan bermain dalam permainan ini. Anak yang satu akan berperan sebagai komputer yang menggerakan boneka tikus berdasarkan instruksi programmer. Sementara anak yang lain akan berperan sebagai programmer yang memberikan instruksi untuk maju, mundur, belok kiri dan belok kanan. Dia juga perlu memberi tahu jumlah langkah yang perlu diambil komputer.

Permainan ini bisa dipersulit dengan membuat jalur yang kompleks dan berbagai rintangan. Tikus tersebut harus lincah kabur atau putar balik ketika mereka salah jalan.

 

2. Kartu Bilangan Biner

Bilangan biner adalah bilangan yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1. Dan bilangan ini adalah bilangan yang dipahami oleh komputer dan orang-orang yang bisa berhitung. Dalam persiapannya, Anda perlu membuat 5 jenis kartu. Masing-masing kartu memiliki jumlah titik yang berbeda-beda. Gambarlah jumlah titik 1, 2, 4, 8 dan 16 di kartu yang terpisah.

Cara bermain:

Kartu yang sudah dibuat ini disusun dengan rapi secara tertutup. Mulai dari angka 16 di sisi kiri dan angka 1 di sisi kanan. Setelah itu Anda menyebutkan angka misalkan 7. Maka kartu yang dibuka adalah 3 kartu di sisi kanan. Jadi simbol binernya adalah 00111 untuk angka 7.

Dalam permainan ini Anda bisa memberikan tantangan-tantangan kepada anak Anda. Misalkan, berapa angka terbesar dan angka terkecil. Apakah ada kombinasi yang lebih dari satu untuk angka tertentu?

 

3. Permain If/Then

Buat Anda yang pernah belajar coding pasti mengetahui istilah If/Then. If/Then adalah sebuah pernyataan kondisi. Instruksi ini meminta komputer untuk melakukan suatu tugas ketika dia menemui persyaratan-persyaratan. Begitulah makna dari game ini.

Di dalam permainan ini, Anda membutuhkan tempat yang agak luas agar anak-anak untuk bisa bermain. Anda bisa memilih lapangan terbuka ataupun tertutup. Permainan ini adalah kegiatan berkelompok lebih dari 3 orang. Semakin ramai, maka games ini semakin seru.

Cara bermain:

Di setiap putaran, ada seorang anak yang menjadi Programmer. Sementara anak-anak lain menjadi Komputer. Programmer akan berdiri di hadapan komputer dan memberikan mereka instruksi. “Bila (IF) aku balik ke kanan maka (Then) kamu balik ke kiri.” Setiap programmer hanya bisa memberikan instruksi 3 kali bila tidak ada komputer yang salah eksekusi. Komputer yang tidak mengikuti instruksi akan dianggap mendapatkan bugs. Mereka kudu dikeluarkan dari games.

Permainan ini juga bisa dilakukan dalam suasana ruangan gelap. Anda cukp menyediakan kalung-kalung atau rantai glow in the dark dengan berbagai macam warna. Instruksi yang diberikan pun bisa lebih spesifik seperti “Bila kamu mendengar hentakan kaki satu kali, maka kamu putar 3x”.

 

4. Membuat robotmu sendiri

Games yang satu ini mengajarkan anak-anak konsep algoritma dan urutan. Algoritma adalah rangkaian instruksi langkah per langkah dalam menyelesaikan tugas. Urutan adalah tatanan langkah di algoritma. Tujuan dari game ini adalah membangun robot sambil mendengar instruksi Programmer berbicara.

Sebelum memulai, Anda perlu menyediakan balok-balok Lego, kardus dan meja. Anda bisa membuat tokoh dari Lego. Buatlah dua anak duduk saling berhadapan di belakang meja. Taruhlah kardus di tengah mereka. Anda lalu memberikan tokoh Lego ke salah satu anak atau programmer. Anda perlu memastikan anak yang lain atau komputer tidak melihatnya.

Cara bermain:

Setelah itu berikan balo-balok Lego yang belum terbentuk ke anak komputer. Anda bisa meminta programmer untuk memberikan instruksi secara bertahap kepada komputer agar bisa membuat robot.

Apabila mereka tidak bisa membuat kembali robot yang sama sesuai instruksi, mereka akan sadar kalau instruksinya salah. Mereka perlu kembali ke bagian yang salah dan perbaiki. Beginilah anak belajar debugging.

 

Permainan anak di atas ini bisa dimainkan oleh anak-anak dari usia 3 tahun loh. Jadi Anda bisa mengajarkan mereka coding sejak dini. Seru kan.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us