Search

+
jualan online
5 Jurus Sukses Jualan Online di 2019

Apakah mimpi Anda salah satunya memiliki bisnis sendiri? Biar tidak jadi mimpi lagi, Anda bisa mewujudkannya sekarang dengan bebagai macam bisnis online yang merajalela. Pada artikel sebelumnya kita pernah membahas 5 bisnis online yang bisa Anda lakukan tanpa modal. Jadi, Anda bisa membuka bisnis sekarang juga dengan jurus jitu sukses jualan online di bawah ini.

Sudah kisah sukses tentang orang lain yang berbisnis. Kali ini, Anda perlu menuliskan kisah Anda sendiri. Berterima kasihlah pada pertumbuhan digital. Sedikit banyak sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis dunia. Sekarang semakin banyak usaha yang dapat dipasarkan, meski beriringan dengan bertambahnya persaingan di media sosial. Yuk perhatikan 5 tips agar jualan online Anda sukses di tahun 2019:

1. Ikut Komunitas Penjual

Jangan biarkan diri Anda hanya sekedar berjualan, sesekali mengupgrade skill penjualan Anda juga penting lho. Hal ini sangat penting, agar Anda tau trik dan tips cara promosi toko online terkini.

Sesekali sempatkan diri untuk bergabung di komunitas penjual online agar Anda juga bisa dapat tambahan ilmu tentang prospek bisnis toko online di tahun depan. Dari situ Anda tidak hanya bisa mendapatkan pengalaman baru, tapi juga bisa memperluas jaringan pemasaran.

2. Sistem Pre-Order

Seperti yang kita ketahui, bahwa sistem pre-order saat ini sudah banyak sekali dijalankan oleh para pelaku bisnis toko online, agar tetap bisa produksi dan mempromosikan toko online meski modal mereka relatif terbatas.

Dengan sistem pre-order seperti ini, Anda bisa mendapatkan bayaran di awal. Hal ini merupakan solusi terbaik agar Anda bisa terlebih dahulu membeli barang yang dibutuhkan, dan mengoptimalkan strategi pemasaran toko yang Anda punya.

3. Menjual Produk yang Memiliki Nilai

Kendati produk yang Anda jual sebenarnya sudah ada banyak di pasaran, tapi agar terlihat beda buatlah tampilan produk Anda lebih bernilai di depan calon konsumen. Misalnya dengan mengganti bungkusnya dengan kemasan produk yang menarik, atau bisa juga membubuhkan label brand pada produk tersebut.

Meski terlihat sederhana, tapi bisa meningkatkan nilai jual produk di mata konsumen lho. Enggak percaya? Coba saja.

4. Gunakan Website

Jangan hanya fokus pada sosial media saja, sesekali Anda juga perlu untuk memantau lajur di Search Engine Google.  Memanfaatkan website e-Commerce untuk mempromosikan lapak toko online Anda, dapat meningkatkan jumlah pengunjung Anda lho.

Jika tak punya website pribadi, Anda bisa bergabung pada e-Commerce lainnya seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya.

5. Survei Pasar

Dan yang paling penting dari semuanya adalah Anda harus melakukan survei terhadap pasar terlebih dahulu. Pastikan bahwa Anda menjual produk yang benar-benar dibutuhkan dan dicari oleh pasar. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan trend pasar tanpa jelas alasan mengapa Anda menjual produk tersebut.

Akan lebih bijaksana jika Anda mencoba menjual produk secara offline sebelum Anda memasarkannya melalui online. Secara offline, Anda bisa menjual produk-produk tersebut dalam skala kecil di pasar, pameran, ataupun di berbagai event tertentu. Hal ini untuk melihat minat pasar terhadap produk Anda. Atau, secara online Anda bisa menjualnya di Olx.com, ataupun toko online lainnya. Ini merupakan cara sukses jualan online dengan mengetahui peluang pasarnya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pastikan:

  1. Siapa yang membeli produk Anda? Hal ini untuk melihat segmentasi pasar secara jelas dan terarah.
  2. Berapa banyak mereka bersedia membayar? Cobalah untuk menjualnya dengan harga yang berbeda-beda.
  3. Ketika produk Anda terjual, tanyakan apakah mereka puas dengan produk tersebut? Ini adalah waktu yang tepat untuk menguji seberapa baik produk Anda di mata customer. Meskipun jualan online gratis tanpa membutuhkan modal, langkah ini adalah upaya untuk melihat minat pasar terhadap produk Anda.

 

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, tidak ada salahnya untuk merencanakan penjualan produk yang matang.

Memutuskan Apa yang Ingin Anda Jual

Jika Anda ingin memulai bisnis dengan membuat toko online, tentu Anda sudah memiliki gambaran produk atau jasa yang akan Anda jual secara online. Tidak selalu produk offline jika dijual mendapatkan respons yang sama ketika dijual secara online. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan masak-masak dan menangkap peluang pasar, sebelum akhirnya menjual produk Anda secara  online. Langkah ini merupakan cara berjualan online yang sukses membuat toko online Anda beromzet jutaan rupiah. Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk memutuskan produk apa yang nantinya ingin Anda jual:

  1. Apakah produk fisik memungkinkan untuk dapat dikirim, atau apakah produk digital yang Anda jual dapat dikirim melalui internet?
  2. Anda ingin menjual berbagai macam produk, atau apakah Anda berencana untuk mengkhususkan menjual satu produk tertentu (misal seperti t-shirt atau buku)?
  3. Apakah Anda ingin memproduksi produk Anda sendiri? Jika demikian, pastikan Anda mampu mengimbangi permintaan pasar. Anda juga harus membentuk hubungan dengan penyuplai bahan dasar produk yang terpercaya. Ini merupakan salah satu cara jualan online shop yang dapat berkembang secara cepat.
  4. Memutuskan bagaimana produk Anda akan dikirim. Membuat rencana untuk mengirimkan produk dari rumah Anda secara efisien. Anda juga bisa melihat ke layanan atau jasa pengiriman, jika produk diproduksi oleh pihak ketiga.
  5. Anda harus selalu berusaha untuk efektif menyebarluaskan toko online Untuk itu, Anda perlu melakukan pendekatan terhadap orang-orang yang bergerak di bidang sejenis. Pastikan produk Anda adalah sesuatu yang bisa digunakan untuk jangka panjang. Meskipun jualan online tanpa modal, namun Anda masih harus melakukan strategi yang tepat untuk bisnis Anda.

Niche Market

Niche Market sendiri adalah pemilihan segmen pasar yang khusus menyediakan item sejenis. Niche market ini dimaksudkan untuk mendapatkan kepuasan dari customer  dan digunakan dengan tujuan memperkecil persaingan pasar. Intinya, Anda harus mengetahui apa yang membedakan toko online Anda dengan kebanyakan toko onlinelainnya. Apabila Anda berhasil menemukan unsur pembeda tersebut, maka hal itu adalah cara jualan online shop terbaik yang membuat bisnis online Anda meraup banyak untung. Untuk itu, sebelum membuka online shop, Anda harus memperhatikan hal berikut ini:

  1. Jangan hanya menjual produk tertentu terlebih dahulu sebelum Anda melakukan survey untuk melihat competitor. Pertimbangkan pasar online terlebih dahulu. Periksa terlebih dahulu tingkat persaingan dalam portal-portal toko online
  2. Menawarkan sesuatu yang benar-benar asli. Jika Anda menjual kerajinan hand made, atau karya seni yang lainnya, pastikan bahwa produk tersebut kreatif, sehingga produk Anda berbeda dengan kebanyakan kerajinan yang sudah ada.
  3. Memanfaatkan keahlian Anda. Ya, hal ini merupakan sesuatu hal yang dapat membuat toko online Anda berjalan sukses. Misalnya, Susi Susanti adalah mantan atlet kebanggaan Indonesia. Setelah memutuskan untuk berhenti menjadi atlet, dirinya menjual berbagai alat kelengkapan badminton.
  4. Mengatur agar proses pembelian simpel dan mudah dimengerti. Bahkan jika produk Anda sangat sudah banyak dijual oleh toko online lainnya, setidaknya Anda dapat menawarkan pengalaman belanja secara mudah dalam proses pembelian. Untuk itu, pastikan navigasi sangat mudah dimengerti. Ini merupakan langkah dasar terkait dengan cara berjualan online untuk pemula yang harus Anda perhitungkan.

Meskipun ini adalah cara jualan online tanpa modal, namun bukan berarti Anda membuat perencanaan asal-asalan. Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan berbagai langkah membangun bisnis online dari awal, Anda dapat mengikuti kelas digital marketing dan atau social media marketing di iBiG Academy.

Apakah Anda sudah siap untuk menghadapi persaingan toko online di tahun 2019? Saatnya kini Anda mencoba peruntungan Anda dengan 5 tips di atas. Semoga bermanfaat.

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us