Search

+
sekolah-animasi
5 Tips Membantu Anak Memutuskan Sekolah Animasi Yang Tepat

Fakultas atau sekolah animasi adalah salah satu sekolah yang paling banyak dicari saat ini. Apalagi anak-anak semakin banyak melihat animasi-animasi keren di film, video game, iklan dan lain sebagainya.

Mendukung anak-anak masuk ke dalam fakultas animasi bukanlah pilihan yang salah. Pasalnya, industri animasi ini sedang berkembang pesat di berbagai belahan dunia ini. Mereka membutuhkan para animator muda dengan pemikiran yang kreatif dan siap bekerja keras. Untuk semuanya bisa terjadi, kita perlu memastikan mereka masuk ke dalam sekolah yang bagus.

Ada banyak saran yang diberikan oleh orang-orang di sekitar untuk anak. Mulai dari pilihan sekolah, biaya dan lain sebagainya. Semua saran dengan maksud baik perlu disaring dengan faktor-faktor yang akan kita bahas. Kita ingin membantu anak memilih sekolah animasi yang tepat agar mereka bisa menjadi animator sukses.

 

1. Pelajaran yang dibagikan

Banyak anak-anak yang ingin terjun di industri animasi tergoda oleh kursus singkat. Kursus-kursus seperti ini menawarkan banyak janji-janji seperti anak-anak memahami dan bisa melakukan animasi dalam beberapa waktu saja. Sayangnya mereka hanya mengajarkan cara menggunakan aplikasi animasi. Padahal animasi tidak hanya tentang itu saja. Jadi jangan terjebak oleh janji-janji iklan.

Pada saat memilih sekolah animasi, anak-anak kudu memastikan kalau program fakultas itu terarah. Sekolah tersebut harus mengajarkan seluruh aspek dalam animasi. Anak-anak ini perlu mendapatkan ilmu dan konsep basis yang perlu diketahui oleh para animator. Selain itu, aplikasi-aplikasi 2D maupun 3D yang sedang dibanyak dipakai oleh animator kudu diajarkan di kampus.

Beberapa basis yang perlu dipelajari oleh para calon animator selain teknologinya adalah cara storystelling, menggambar, storyboarding dan kemampuan menggambar tokoh-tokoh di atas kertas.

Selain itu saat memilih kampus, mereka perlu tahu spesilis dari sekolah ini. Beberapa sekolah kuat di bidang video game, animasi film, animasi iklan dan lain sebagainya. Selain itu setiap sekolah memilih pembagian pelajaran animasinya secara variatif. Misalkan, beberapa sekolah menekankan pemahaman teknologi animasi. Sementara sekolah lainnya lebih spesialis dalam menghasilkan gambar yang bagus.

Jadi pada masa pencarian kampus, anak-anak kudu detail dalam mencari tahu tentang mata pelajaran yang dibagikan, spesialisasi dan juga metode pengajarannya.

 

2. Kualitas Tenaga Pengajar

Salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum masuk ke dalam sebuah kampus adalah tenaga pengajar alias dosen. Kita tentu tidak ingin anak-anak memiliki dosen-dosen yang kurang berpengalaman atau orang yang sudah lama meninggalkan industri animasi. Apalagi orang-orang yang diterima di kampus karena tidak mendapatkan pekerjaan animator di perusahan animasi.

Dosen yang bagus adalah dosen yang masih terlibat dalam bidang yang ingin ditekuni anak. Bagaikan ahli bedah yang pintar akan mengajarkan calon dokter spesialis bedah sebuah teknik yang bagus, begitu pula dosen animasi yang baik. Mengingat orang-orang ini yang akan mengajar, berbagi pengalaman dan melatih anak-anak hingga beberapa tahun ke depan.

Ketika seorang anak yang sedang mencari sekolah animasi, dia perlu memastikan dosen-dosen adalah orang yang masih berkarya di bidang animasi. Mereka tidak butuh dosen yang hanya membagikan teori.

 

3. Lowongan kerja

Di kampus-kampus yang bagus, biasanya banyak perusahaan termasuk yang terkenal, menawarkan lowongan kerja untuk murid-murid. Adanya penawaran ini membuktikan kalau kualitas lulus kampus ini sangat bagus. Dan bila sebuah kampus memiliki animator profesional sebagai tenaga pengajar, kadang mereka bisa memilih dan mengajak murid-murid untuk diajak kerja bareng.

Salah satu cara beberapa cara untuk mendapatkan informasi tersebut adalah bertanya ke alumni sekolah tersebut. Bila tidak memungkinkan, anak-anak bisa bertanya kepada murid-murid yang sudah memasuki semester akhir.

Anak-anak perlu mencari tahu jumlah orang yang mendapatkan posisi bagus di industri animasi. Kalau ada nama-nama yang sudah terkenal, anak-anak juga sebaiknya mengetahuinya.

Hal terpenting perlu mereka mengenai kampus adalah cara mereka mengelola jaringan murid dan alumni serta koneksi dengan orang-orang di industri animasi. Bila mereka mampu mengelolanya, maka masa depan anak untuk bekerja di industri yang mereka inginkan lebih terjamin.

Kadang kampus-kampus yang menjamin murid-muridnya mendapatkan pekerjaan animasi. Namun biasanya mereka sangat memilih murid-murid yang akan mendaftar agar reputasi mereka terjaga.

 

4. Bangunan kampus

Setiap kampus membuka kesempatan kepada anak-anak untuk mengunjungi kampus. Anak-anak bisa mengambil peluangan ini untuk menilai kualitas bangunan dan fasilitas-fasilitas kampus. Mereka perlu memeriksa kondisi ruangan kelas, perpustakaan, ruang komputer, asrama dan masih banyak lagi.

Mereka juga perlu berkenalan dengan staf-staf yang akan sering mereka ajak interaksi. Apalagi kalau anak-anak memilih kampus di luar negeri. Mereka juga juga perlu mencari tahu apakah kampus menyediakan kesempatan untuk internship atau workshop di studio animasi atau production house.

 

5. Lokasi

Seringkali kampus yang menawarkan animasi tidak tersedia di kota. Maka anak-anak harus bersedia pindah tempat tinggal. Apabila itu terjadi, pastikanlah anak-anak ini mendapat tempat tinggal dan juga sekolah yang dekat dengan studio atau perusahaan animasi. Anak-anak ini juga lokasi tempat tinggal yang memudahkanmereka untuk melakukan internship.

 

6. Mempertimbangkan biaya-biaya

 

Sekolah animasi itu tidak murah. Sekalipun kursus singkat menawarkan dengan harga yang lebih murah tetapi ilmu-ilmu yang diberikan tidaklah cukup. Pada saat anak-anak ingin kuliah, mereka perlu membandingkan harga beberapa kampus. Kalau memungkinkan, mereka perlu mendapatkan beasiswa.

Jika minat seseorang anak tidak tinggi, sebaiknya anak-anak ini tidak dipaksakan. Kita tidak mau mereka akhirnya memutuskan untuk meninggalkan bangku kuliah.

 

Apakah Anda sudah tahu cara membantu anak memilih sekolah animasi yang baik? Semoga info ini berguna.

Bila anak Anda masih remaja, mereka bisa belajar konsep komputerisasi dan dasar-dasar animasi terlebih dahulu. iBiG Academy menyediakan kursus coding anak untuk mengajarkan anak-anak cara kerja animasi agar mempermudah mereka memasuki sekolah animasi. Silahkan hubungi whatapps kami di 0812-1177-8838 untuk informasi lebih lanjut.

Posted in: Uncategorized @id

Comments (One Response )

Trackbacks/Pingbacks

  1. 9 Animator Animator Indonesia Yang Mendunia - iBig Academy - 14 Januari 2019

    […] iBiG Academy. Siapa tahu anak-anak ingin serius di bidang animasi dan akhirnya memutuskan mengambil jurusan animasi ke […]

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us