Search

+
aplikasi edot foto
6 Aplikasi Edit foto Hits Andalan Selebgram

Ada banyak cara untuk kebanjiran like pada postingan foto di sosial media. Di antaranya menampilkan konsep foto yang unik, menunjukan pemandangan yang indah hingga filter foto yang digunakan.

Menggunakan filter akan membuat foto Anda lebih estetis dan indah. Apalagi jika filter tersebut cocok dengan foto yang Anda ambil. Para selebriti yang hits di Instagram berkat kekuatan konten fotonya juga menggunakan beberapa filter untuk menyerasikan feednya.

Jangan kira mereka foto mereka tidak melalui proses editing, loh! Bisa dibilang kasarannya semua hasil fotonya editan. Tunggu dulu, mereka melakukan proses editing untuk menambahkan tone, membenarkan cahaya, memberi kesan. Hasilnya? Tidak diragukan lagi seperti kualitas foto professional, bukan? Tak jarang pula mereka membagikan rahasia mengedit foto ala selebgram secara gratis.

Selain filter di Instagram, ada pula aplikasi tambahan untuk mengedit foto versi mobile phone. Nah, ini dia beberapa aplikasi yang paling sering digunakan selebgram tanah air.

#1. VSCO

VSCO adalah aplikasi foto editor yang paling powerful. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi kamera gratis terbaik terutama untuk pengguna iPhone. User Instagram tentunya akan sangat senang jika feed mereka terlihat bagus dengan editan yang seragam. Hal itu sangat mudah terwujud berkat VSCO CAM . Editing yang simpel dan mudah membuat VSCO CAM banyak digemari dan diunduh.

Dengan banyaknya filter yang tersedia bisa jadi Anda malah kebingungungan untuk memilih yang paling cocok. Di samping itu, VSCO juga memiliki beberapa fitur lain untuk mengedit foto.

Nah, kalau Anda kerap bingung memilih filter, ini dia 5 preset filter VSCO yang bisa Anda gunakan.

1. Preset M5 –  Filter warm yang bisa bikin aesthetic

Instagram.com/haanifibrahim

Untuk menggunakan preset filter ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah pastikan tempat Anda mengambil gambar memiliki warna yang senada. Tidak terlalu banyak gambar alias polos. Kedua, pastikan ada cahaya yang cukup sehingga tak perlu menambah banyak ‘exposure’.

2. Preset C1 – Summer vibe

Jika Anda ingin memiliki foto bernuansa musim panas, preset ini bisa kamu coba. Sama dengan filter di atas, pastikan warna pada background saat foto tak begitu banyak. Jika hasil warna pada foto tidak terlalu tajam, coba mainkanlah angka pada saturation.

3. Preset F2 – Musim dingin telah datang

Percaya gak ketika melihat foto kita bisa melihat “warm” dan “cold”. Preset ini sangat cocok jika ingin menonjolkan kesan dingin pada suatu foto. Dengan memilih filter F2, suatu foto otomatis akan terlihat agak gloomy. Biasanya, preset ini sering digunakan oleh para pengguna Tumblr.

4. Preset G3 – Pas untuk foto OOTD

Preset satu ini cocok untuk kamu yang hobi foto OOTD. Turunkan contrast  dan foto Anda akan jauh lebih detail. Detail sendiri adalah kunci untuk menonjolkan kelebihan baju yang tengah kamu pakai untuk OOTD itu.

5. Preset P5 – Ala hypebeast kekinian

unsplash.com/AlexHolyoake

Preset ini cocok untuk kamu yang suka foto ala-ala hypebeast. Salah satu ciri khas untuk membuat foto hypebeast adalah terlihat dark. Nuansa gelap ini bisa didapat dengan mengecilkan saturation. Kesan gelap ini juga bisa kamu mainkan dengan menemukan titik shadow yang pas.

#2. Snapseed

Snapseed merupakan aplikasi editor yang hadir sejak 2012 buatan Nik Software. Aplikasi ini memiliki muatan yang terbilang ringan yakni sebesar 21 MB. Para pengguna iOS dan Android dapat menggunakannya secara gratis. Meski pada awalnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan system operasi iOS saja.

Snapseed terbilang sukses dengan tools editingnya. Aplikasi ini seakan bisa ‘menyulap’ foto menjadi lebih menakjubkan. Keunggulan dari aplikasi ini pengoprasiannya yang sangat berkelas. Tampilan utama dari Snapseed terbilang sederhana namun memiliki tools yang lengkap dan bisa diaplikasikan dengan akurat. Fitur dalam aplikasi ini juga memungkinkan kita mengedit hanya pada beberapa bagian yang kita inginkan saja.

Tinggal usap atas bawah, cubit-cubit layar smartphone. Hasil editing foto pun bisa sesuai dengan yang Anda inginkan.

Ada beberapa fitur seperti:

  • Tune Image,
  • Selective Adjust,
  • Straighten,
  • Details,
  • Center Focus,
  • Tilt Shift,
  • Frame.

Ada filter yang bisa digunakan untuk mengubah gradiasi gambar secara instan dengan kategori:

  • Black and White,
  • Vintage,
  • Drama,
  • Grunge.

Tidak sekedar mengedit warna pada gambar, Snapseed juga punya mode tambahan lainnya. Seperi Face Detection untuk memperhalus wajah atau Text untuk menambahkan tulisan pada gambar. Lebih jauh lagi, ada mode Export dan salin proses edit yang sudah kamu lakukan di foto sebelumnya untuk digandakan pada foto berikutnya.

#3. Facetune

Berkat adanya Facetone, Anda dapat menyempurnakan foto selfie Anda. Layaknya menggunakan Photoshop, aplikasi ini bisa dibilang versi mobile-nya. Memang untuk menggunakan aplikasi ini membutuhkan waktu dan keterampilan yang lebih.

Rada rumit, tapi dengan Facetune Anda dapat mengedit warna kulit Anda, memutihkan gigi, menajamkan beberapa detil, dan bagian yang paling banyak disukai: merampingkan bagian tertentu pada wajah serta menutup noda, flek dan noda lainnya pada foto wajah.

Anda juga bisa mengubah warna foto ataupun membarikan efek cahaya seperti Lighter, Darker, S-Curve, Warm, Cooler, serta efek Frames dan Lens seperti Holga, Diana, Lensbaby, Fish Eye, dan Distorted. Sayangnya, di aplikasi ini Anda tidak bisa mengatur eksposure dan kontras.

#4. Afterlight

Afterlight memiliki desain yang lebih sederhana untuk aplikasi editing foto. Bagi Anda yang ingin mengedit cepat, tidak ribet dan tetap ingin hasil yang sempurna: cobalah aplikasi ini.

Aplikasi karya pengembang bernama Simon Filip memiliki 15 adjusment tools untuk melakukan editing foto. Filter di Afterlight pun menawarkan hasil yang lebih aesthetic. Terdapat puluhan filter yang yang terdiri dari filter bawaan dan filter dari Instagram.

Anda bisa melapisi satu filter dengan filter lainnya, serta mengkombinasikannya kembali dengan berbagai seleksi pengaturan dasar, seperti kecerahan, kontras, dan lain-lain.

#5. Adobe Lightroom

Dengan menggunakan Adobe Photoshop Lightroom foto Anda terlihat lebih hidup. Aplikasi ini akan mengedit cahaya yang ada di foto. Anda dapat menyesuaikan kontras dan eksposure. Selain itu Anda juga bisa mengatur highlight dan shadow serta saturasi warna.

Ada dua versi dari aplikasi Lightroom ini yaitu Adobe Photoshop Lightroom Classic dan Adobe Photoshop Lightroom CC. Di antara keduanya, Adobe CC paling mudah dipakai. Tampilan dari Adobe CC juga lebih simple, tidak terlalu banyak tools yang rumit.

#6. Pics Art

Anda bisa menggabungkan animasi dan foto di aplikasi ini. Banyak tools unik yang memudahkan Anda secara leluasa melukis gambar. Iya, Anda dapat berkreasi dengan bebas melalui PicsArt. Hasilnya memang akan terlihat tidak natural, tetapi memiliki estetika tersendiri.

Bisa dibilang, Pics Art memang ditujukan untuk foto bokeh. Terdapat fitur Magic effect serta fitur drawing untuk membebaskan Anda berkreasi di dalamnya. Fitur Magic effect sendiri, memberikan pilihan efek-efek tak biasa yang dapat diterapkan langsung pada foto yang kita ambil. Di antaranya terdapat efek seperti lomo, vintage, HDR, sketsa, hingga efek comic yang bisa mengubah foto menjadi layaknya gambar kartun.

Selain itu dengan fitur drawing, kita dapat menjadikan ponsel kita layaknya buku gambar portable. Kita dapat menambahkan teks, garis, editing tekstur, blur dan masih banyak variasi gambar lainnya.

Nah, itu dia 6 aplikasi edit foto yang paling sering digunakan Selebgram. Tidak perlu jadi pro yang penting Anda suka bereksplorasi dengan hasil foto Anda.

Selain membuat foto Anda lebih menarik, Anda juga bisa mengikuti kelas media sosial di iBiG Academy untuk mempelajari tools digital marketing. Kunjungi kami di Ruko The Icon Unit E no. 7, BSD.

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us