Search

+
cara-membuat-web-desain
7 Cara Gampang Membuat Web Design

Semua orang bisa membuat website. Kita tidak perlu lulusan fakultas komputer atau desain untuk belajar cara membuat web design. Sekalipun mereka yang pernah belajar coding dan desain bisa menghasilkan situs yang lebih dinamis, indah dan cepat.

Sebelum kita ingin terjun lebih dalam lagi ke karier web desainer ataupun web programmer, kita bisa mencoba membuat situs kita sendiri. Tujuannya adalah kita bisa belajar, melatih kemampuan dan juga membuat porfolio. Mari kita memulai prosesnya.

 

1. Membuat project plan

Setiap permulaan selalu dimulai dengan perencanaan. Yup, kita akan membuat perencanaan desain. Seperti orang menggambar, segala sesuatu akan dimulai dengan sketsa. Ambillah secarik kertas dan pensil untuk menuliskan jawaban-jawaban dari 4 pertanyaan ini

  • Brand seperti apa yang mau kita bangun?
  • Bagaimana kita mengukur kesuksesan kita? Apakah setelah kita berhasil mendapatkan angka penjualan? Meningkatkan traffic ke dalam situs? Atau kita hanya sekedar bersenang-senang saja dengan situs tersebut
  • Jenis fitur seperti apa yang kita butuhkan? Mungkin kita perlu memiliki tombol sosial media atau tombol registrasi newsletter dan lain-lain
  • Siapakah target pengunjung situs kita? Apa yang kita harapkan akan mereka temukan di situs?

Situs kita haruslah refleksi dari pertanyaan-pertanyaan ini. Misalkan, kita ingn memiliki situs yang profesional dan formal, kita bisa memilih warna-warna serius seperti putih, abu-abu atau biru.

Proses perencanaan ini akan membantu kamu terhindar dari kesalahan dalam membuat desain. Setelah perencanaan kita selesai, kita perlu mencari tahu situs kompetitor. Kita perlu mencari tahu apa yang kita suka dan tidak kita sukai untuk mendapatkan inspirasi.

Pertanyaan ini juga bisa digunakan ketika berhadapan dengan calon klien kita. Simak artikel  9 pertanyaan wajib untuk mengetahui kebutuhan klien.

 

2. Temukan platform yang tepat

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah menemukan platform yang tepat. Kita bisa memilih platform yang sudah menyediakan segala fitur standar tanpa coding seperti WIX. Atau WordPress buat kita yang ingin menambahkan fitur-fitur asyik dengan coding.

Alasan memilih platform yang sudah menyediakan segala fitur adalah sebagai berikut:

  1. Buat kita yang baru pertama kali ingin memiliki situs, platform ini mudah digunakan agar kamu bisa secepatnya aktif secara online
  2. Kalau kita bukan tipe orang yang suka hal-hal teknis dan tidak memiliki keinginan untuk maintain situs berjalan dengan baik
  3. Kita ingin membuat situs dan semua perawatan dan perbaikan dilakukan oleh pihak lainnya dengan membayar sejumlah biaya secara bulanan

 

Alasan memilih platform open source:

  1. Kita mengerti coding dan mau mengutak-atik bagian coding untuk mendapatkan website yang unik. Selain itu, kita juga tidak keberatan melakukan perawatan teknikal seperti hosting dan keamanan.
  2. Membayar orang-orang ahli untuk membuat situs memungkinkan bila kita memiliki budget.
  3. Kita tidak keberatan mengeluarkan biaya lebih demi mendapatkan fleksibilitas dan hasil yang lebih personal

 

3. Halaman situs: memutuskan layout dan navigasi

Setelah kita memilih platform untuk mengembangkan situs, kita perlu fokus membuat navigasi dan penataannya. Langkah ini adalah langkah pertama yang membutuhkan sisi kreatifitas kita.

Halaman situs kita seperti pajangan toko. Jadi kita perlu memastikan dengan baik agar halaman ini menarik perhatian pelanggan. Mereka juga perlu diyakinkan kalau situs ini bukan situs abal-abal. Sebuah situs yang bagus tidak hanya memiliki penampilan yang bagus. Mereka juga harus bekerja dan menghasilkan.

Sebuah situs yang baik adalah situs yang memudahkan pengunjung untuk navigasi situs. Kita juga perlu memastikan ekspektasi tindakan yang klien bakal ambil.

 

Layout

Sebuah situs memiliki dua bagian penting di sisi atas dan bawah. Pada bagian atas, biasa kita meletakkan konten-konten atau informasi penting yang perlu pengunjungmu ketahui tanpa perlu menggerakkan mouse ke bawah. Contohnya, sebuah kalimat yang menjelaskan manfaat situs dan meminta pengunjung untuk melakukan sebuah tindakan seperti membeli produk.

Pada bagian bawah, kita akan mengisinya dengan konten dengan pembahasan yang lebih dalam untuk mendukung info-info di atas. Misalkan keuntungan dari produk-produk yang kita jual. Kita juga bisa memasukkan bagian “Review” atau testimoni untuk meyakinkan pengunjung kalau produk kita bagus.

Kita juga perlu mengingatkan kalau sebuah situs sebaiknya sederhana. Pengunjung perlu mendapatkan pesan yang jelas dengan apa yang hendak kita jual. Jadi kita jangan menambahkan puluhan elemen yang membuat mereka kabur.

 

Navigasi

Cara membuat navigasi yang baik melibatkan:

  • Menambahkan halaman-halaman yang diperlukan
  • Membangun kategori-kategori
  • Memastikan judul halaman pendek dan jelas
  • Memastikan bagian navigasi terlihat dan bisa digunakan

Setiap bagian dalam navigasi perlu memiliki gol yang jelas. Kita perlu spesifik dengan judulnya. Misalkan, “Sepatu kulit” dibanding “Produk Kami”. Selain itu, kita jangan memberikan terlalu banyak opsi untuk pengunjung.

Kita perlu menaruh bagian navigasi di bagian atas agar pengunjung familiar karena rata-rata situs begitu. Selain itu kita perlu menambahkan tautan ke Kontak, Tentang Kami dan FAQ. Setelah selesai, kita bisa meminta tanggapan dari teman dan keluarga. Bila mereka kesulitan untuk navigasi, kita perlu kembali menatanya kembali.

 

4. Memilih template

Platform biasanya menyediakan template keren yang kita tinggal pilih. Kita tinggal memilih yang sesuai dengan keinginan dan juga industri bisnis kita. Template ini ada yang berbayar dan gratis.Pada saat pemilih template, kita perlu pastikan diri bisa menggunakannya dan asyik untuk menyampaikan pesan ke pengunjung.

 

5. Memilih warna

Kita perlu memilih warna yang tepat sebagai warna dominan untuk situs kita dan digunakan secara konsisten di setiap halaman. Setiap warna juga memiliki penjelasannya sendiri. Misalkan merah menarik orang-orang untuk belanja. Warna ini juga sering digunakan saat diskon dan restoran fast food.

 

6. Menambah konten

Konten terdiri dari jenis tulisan atau topografi, gambar dan konten itu sendiri. Seperti pemilihan warna, kita perlu menggunakan topografi yang sama di semua halamn situs. Selain itu, kita perlu memilih tulisan yang enak dibaca.

Sementara konten dan gambar perlu menarik pengunjung untuk melakukan sebuah tindakan tertentu. Jangan lupa untuk menggunakan SEO (Search Engine Optimization) untuk mengambil traffic dari mesin pencarian Google.

 

7. Jalankan situs

Setelah kita melakukan 6 langkah ke atas, mari kita jalankan situs di berbagai browser dan perangkat elektronik. Dan jangan lupa untuk update konten terus menerus agar pengunjung tahu situs masih aktif.

 

Cara membuat web design saking gampangnya juga bisa dilakukan oleh anak-anak loh. Mereka bahkan bisa membuatnya lebih canggih karena belajar coding iBiG Academy dengan bahasa pemrograman seperti JavaScript, PHP, HTML dan sebagainya. Kontek kami kalau ingin mengikuti kursus coding anak atau kursus web desain kami di Whatapps: 0812-1177-8838

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us