Search

+
fungsi-desain-grafis
7 Spesialisai Desain Grafis

Fungsi desain grafis adalah mengkomunikasikan pesan lewat gambar. Penggunaan bentuk tulisan, gambar, warna dan bentuk yang tepat akan membawa dampak positif bagi perusahaan baik image maupun profit. Desain grafis sendiri memiliki spesialisasinya sendiri dan kita bisa membagikannya menjadi 8.

Sekalipun pekerjaan-pekerjaan ini sering saling tumpang tindih, masing-masing desain grafis ini membutuhkan kemampuan tersendri. Banyak designer yang hanya menguasai satu jenis desain grafis atau beberapa jenis yang berhubungan. Tetapi karena industri ini terus berubah dan berkembang, beberapa designer perlu siap beradaptasi dan belajar jenis desain grafis yang baru.

Nah, biar anak-anaknya gak bingung mau jadi desain grafis yang mana, kita bisa memberikan mereka beberapa jenis desain grafis. Setelah itu kita biarkan mereka memilih yang menurut mereka sesuai.

 

1. Desain grafis identitas visual

Sebuah brand adalah mengenai hubungan antara sebuah bisnis atau organisasi dan orang-orang yang melihatnya. Identitas sebuah brand adalah cara sebuah organisasi mengkomunikasikan kepribadiannya, esensi dan gayanya termasuk di dalamnya kenangan, emosi dan pengalaman-pengalaman.

Grafis desain identitas visual persis seperti itu. Mereka menampilkan elemen gambar dari identitas brand untuk mengkomunikasi keseluruhan kualitas perusahaan lewat gambar, bentuk dan warna.

Desainer-desainer yang spesialisasi di desain grafis identitas visual berkolaborasi dengan pemilik saham membuat aset seperti logo, jenis tulisan, warna dan gambar yang menunjukkan kepribadian sebuah merk dagang.

Selain kartu nama dan perlengkapan perusahaan, seorang desainer juga mengembangkan sebuah pedoman visualisasi yang bisa digunakan di berbagai media. Tujuan pedoman ini adalah memastikan konsistensi merek dalam penggunaannya.

Desainer yang spesialisasi di bidang perlu memiliki pengetahuan dasar tentang berbagai tipe desain grafis. Alasan mereka perlu menciptakan desain yang sesuai dengan berbagai media. Mereka juga perlu menjadi komunikator yang unggul, memiliki kemampuan membuat konsep yang kreatif dan bergairah untuk mencari tahu tentang industri, organisasi, trend dan kompetitor.

 

2. Desain grafis pemasaran dan iklan

Ketika kita berbicara tentang desain grafis, kita pasti berpikir kebutuhan desain sangat berguna untuk pemasaran dan iklan.

Perusahaan-perusahaan bergantung pada pemasaran yang sukses untuk mendapatkanpeminat-peminat baru. Marketing yang bagus akan berbicara langsung terhadap keinginan, kebutuhan, kesadaran dan kepuasan seseorang akan sebuah produk, layanan atau merek. Dan karena orang lebih tertarik pada gambar maka desain grafis membantu organisasi untuk promosi dan komunikasi secara efektif.

Desainer pemasaran bekerja dengan pemilik perusahaan, direktur, manager atau divisi pemasaran untuk membuat aset agar strategi pemasaran bisa berjalan. Beberapa mereka bekerja sendiri atau tim. Beberapa dari mereka memiliki spesialisasi di media tertentu seperti majalah, tempelan mobil dan lain-lain. Saat ini desain grafis sangat dibutuhkan dalam pemasaran digital.

Desainer pemasaran perlu memiliki kemampuan komunikasi, pemecah masalah dan mengatur waktu dengan baik. Mereka perlu memahami layout untuk cetak ataupun online. Buat anak-anak yang ingin melatih dan mencari pengalaman, mengambil pekerjaan desain grafis pemasaran adalah ide yang bagus.

 

3. Desain grafis antarmuka pengguna

Antarmuka pengguna atau yang lebih dikenal dengan user interface (UI) adalah cara pengguna berinteraksi dengan aplikasi atau peralatan. Tampilan antarmuka pengguna adalah sebuah proses mendesain tampilan yang mudah dan nyaman digunakan.

Antarmuka pengguna berhubungan antara cara pengguna berinteraksi dengan tampilan di layar, keyword dan mouse. Termasuk di dalamnya tombol, menu, interaksi sederhana dan selanjutnya. Seorang desainer perlu menyeimbangkan sisi fungsi teknikal dan keindahan.

Desainer antarmuka pengguna spesialis di aplikasi desktop, handphone, situs dan games. Mereka bekerja dengan desainer UX (user experience) yang menentukan cara kerja aplikasi dan programmer.

Seorang desainer antarmuka pengguna perlu bekerja secara tim, memiliki kemampuan desain grafis dan memahami prinsip user interface dan user experience. Mereka juga perlu mengetahui pentingnya HMTL, CSS dan JavaScript.

 

4. Desain grafis publikasi

Publikasi adalah salah satu bentuk komunikasi yang panjang dengan penonton lewat distribusi secara publik. Rata-rata publikasi bersifat media cetak. Beberapa contoh publikasi adalah buku, koran, majalah dan katalog. Namun saat ini publikasi digital lebih berkembang dan pembaca mulai meninggalkan media cetak.

Desainer grafis yang spesialisasi di area publikasi bekerja dengan editor dan redaksi untuk menciptakan susunan lengkap dengan gaya penulisan serta gambar yang sesuai. Kebanyakan desainer publikasi bersifat freelancer tetapi banyak juga yang perusahaan publikasi yang memiliki timnya sendiri.

Seorang desainer publikasi selain memiliki kemampuan komunikasi, layout dan kemampuan berorganisasi.

 

5. Desain grafis kemasan

Produk-produk membutuhkan kemasan untuk melindungi dan mempersiapkan mereka untuk disimpan, distribusi dan dijual. Selain itu desain kemasan juga berkomunikasi kepada calon pembeli sehingga kemasan menjadi salah satu cara pemasaran yang perlu difokuskan. Mereka harus berbicara tentang brand.

Seorang desainer kemasan membuat konsep, mockup dan dokumen-dokumen yang siap dicetak. Jadi mereka perlu memiliki pengetahuan akan proses percetakan dan industri-industrinya. Karena desain kemasan meyentuh banyak area, kadang desainer ini juga perlu membuat foto, ilustrasi dan identitas visual.

Anak-anak yang ingin terlibat di dalam desain kemasan kadang butuh bisa di beberapa tipe kemasan atau industri yang spesifik. Kerjaan mereka kudu memiliki konsepual yang bagus dan kemampuan menyelesaikan masalah serta menjawab kebutuhan client, pemasaran, produksi dan memahami trend.

 

6. Desain motion graphic

Desainer yang satu ini kudu membuat animasi, audio, jenis tulisan, gambar, video dan efek-efek lainnya yang akan dicetak di mdia online, televisi dan film. Desainer yang satu ini sedang dicari sekali karena perkembangan teknologi dan konten berbentuk video menjadi raja di pasaran.

 

Desainer motion graphic sebenarnya sebuah spesialisasi yang cukup baru. Dulu mereka hanya dibutuhkan di TV dan film namun pertumbuhan teknologi telah mengurangi banyak waktu dan biaya produksi. Akibatnya desainer yang satu ini lebih bisa banyak berkarya di berbagai media.

Seorang desainer motion graphic kudu bisa membuat storyboard dan menghidupkannya lewat animasi dan animsi. Mereka perlu memahami pemasaran, coding dan 3D.

 

7. Desain grafis lingkungan

Mereka adalah orang-orang yang membuat suasana dan mengubah pengalaman orang lebih nyaman dan gampang navigasi pada satu lingkungan. Mereka bisa terlibat dalam pembuatan plang jalan, gambar dinding, susunan gambar di museum, interior toko, penataan kantor dan lain sebagainya.

Seorang desain grafis lingkungan menggambungkan gambar, arsitektur, interior, penataan lingkungan dan produk. Mereka perlu berkolaborasi dengan banyak orang untuk implementasi desain.

 

Kita bisa melihat dalam membuat fungsi desain grafis butuh spesialisasi tertentu dari desainer. Dari sekian banyak jenis desain grafis ini, tentu kita perlu mencari tahu anak-anak suka jenis desain grafis seperti apa.

 

Selain itu jangan lupa perlengkapi anak untuk memahami sistem komputerisasi lewat kursus coding anak di iBiG Academy. Soalnya dalam pembuatan desain grafis, anak-anak akan menggunakan aplikasi dan bahkan menggunakan coding itu sendiri. Silahkan menghubungi kami di 0812-1177-8838 untuk mengetahui penawaran terbaiknya.

Posted in: Coding Anak

Comments (2 Responses )

Trackbacks/Pingbacks

  1. Asyiknya Memiliki Profesi Desain Grafis. Kenapa Begitu? - iBig Academy - 15 Januari 2019

    […] ini memiliki banyak keuntungan yang tidak banyak dimiliki profesi lain. Apalagi anak-anak memiliki spesialisasi desain grafis tertentu. Simak […]

  2. Alasan Belajar Desain Grafis Baiknya Di Sekolah Dibanding Otodidak - iBig Academy - 16 Januari 2019

    […] Desainer grafis dan animator diinginkan karena sisi seni, inovasi dan kemampuan menggunakan teknologi. Mereka adalah orang-orang yang mengembangkan ide atau konten menjadi bentuk visual untuk memuaskan keinginkan klien. Kemampuan desainer sejatinya bisa dimanfaatkan digunakan di berbagai bidang desain grafis. […]

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us