Search

+
desain-grafis-pemula
8 Aplikasi-aplikasi Online Untuk Desain Grafis Pemula

Hi Parents,

Kita tahu tidak setiap orang memiliki kesempatan untuk sekolah desain grafis, sekalipun keuntungannya sangat banyak. Karena sekolah desain grafis yang berkualitas juga membutuhkan investasi yang tidak kecil. Namun mereka masih bisa belajar otodidak kok. Beberapa aplikasi yang kami sebutkan ini cocok untuk belajar desain grafis pemula.

Aplikasi-aplikasi untuk pemula ini bersifat online alias cuman butuh kuota. Aplikasi-aplikasi ini juga bisa digunakan oleh siapa saja yang tidak memiliki pendidikan di dunia desain. Harganya juga ditawarkan juga jauh lebih murah dibanding aplikasi desain profesional. Kadang gratis malah. Jadi ini sebuah kesempatan belajar yang bagus bagi pemula.

 

1. Canva

Siapa yang tidak suka membuat gambar hanya dengan drag and drop? Hampir semua orang. Canva memungkinkan setiap orang untuk melakukannya. Prioritas dia adalah sederhana penggunaannya, variasi yang banyak dan tidak mahal.

Ketika kita mendaftar untuk pertama kalinya, kita akan ditanya tujuan penggunaanya; pendidikan, bisnis kecil-kecilan, perusahaan besar, NGO dan seterusnya. Dia ingin menyediakan pengalaman yang menyenangkan untuk berbagai tipe desainer.

Canva menyediakan berbagai fungsi sebagai photo editor, penyedia palet warna yang beragam, jenis tulisan, collage dan pembuat infografic. Dia juga menyediakan ratusan desain elemen secara gratis untuk beragam proyek. Canva bisa digunakan juga di handphone baik iOS ataupun Android.

 

2. Design Wizard

Design Wizard adalah salah satu aplikasi desain grafis terbaik di pasaran. Dia memberikan kita template-template yang bisa digunakan untuk media sosial atau media cetak. Selain itu dia juga menyediakan jutaan gambar dengan kualitas tinggi termasuk di dalamnya icon, vector atau gambar yang transparan.

Stok yang ada di aplikasi ini juga selalu bertambah setiap harinya dan bisa digunakan untuk komersil karena telah berlesensi. Desainer grafis tinggal mencocokkan dan menyesuaikan bentuk, tulisan sesuai ukuran setiap potongan gambar yang ada. Paket yang ditawarkan juga menarik. Bagi pemula mereka tidak perlu membayar dan maksimal USD 16.95 setiap bulannya.

 

3. Snappa

Snappa adalah aplikasi desain grafis yang cocok bagi pemula. Ketika anak-anak mengakes Snappa, dia akan memecahkan proses desain menjadi beberapa langkah sederhana. Langkah pertama, mereka memilih media desain grafis seperti blog, sosial media, email dan lain-lain. Selanjutnya, mereka bisa memilih beragam template yang menarik perhatian orang. Langkah terakhir adalah memilih gambar dari ratusan ribu foto berkualitas.

Snappa juga terkoneksi ke Buffer. Jadi pengguna Snappa bisa mengatur jam posting di sosial media, menambah variasi tulisan dan efek serta mengganti ukuran. Harga yang ditawarkan juga murah yaitu mulai dari gratis hingga USD 20 per bulan.

 

4. BeFunky

Setiap orang bisa menghasil content visual berskala profesional dengan BeFunky ini. Aplikasi ini menyediakan tiga perangkat utama yaitu Photo Editor, Designer dan Collage Maker. Ketiga fitur ini bisa menghasilkan gambar yang bagus tanpa perlu ada pendidikan di bidang desain grafis.

Pengguna BeFunky bisa membangun aplikasi dari 0 atau dari template yang telah disediakan. Mereka juga memiliki stok gambar hingga 1 jutaan yang bisa digabungkan untuk membuat brosur, infographic, banner dan lain sebagainya. Bagusnya lagi, BeFunky bisa diakses lewat handphone.

 

5. Vectr

Vectr adalah aplikasi desain grafis yang gratis untuk pemula yang ingin membuat vector. Aplikasi ini gampang digunakan sehingga para pemula tidak pusing mempelajarinya terlebih dahulu. Selain itu aplikasi ini bisa sinkronisasi kerjaan secara real time. Jadi bila anak-anak memulai desain dari rumah, dia bisa melanjutkannya di iPad. Orang-orang juga bisa berkolaborasi mengakses desain kita.

Aplikasi ini cocok untuk membuat mockup desain situs, logo brand, presentasi, brosur, poster dan lain sebagainya. Gambar yang dihasilkan juga jelas dengan kualitas bagus.

 

6. Pixlr

Salah satu alternatif Adobe Photoshop dan gratis adalah Pixlr. Penggunanya mencapai lebih dari 500 juta pengguna. Sekalipun dia memiliki fitur yang hebat, pemula-pemula yang memiliki budget terbatas dan waktu untuk belajar bisa langsung menggunakannya.

Pixlr bisa digunakan dari browser, iPhone ataupun Android. Dia menyediakan font gratis, grafik, stok gambar dan kemampuan untuk meng-edit Vector. Bila kita ingin fitur yang lebih lengkap, kita cukup membayar USD 5 per bulan. Hasil gambar bisa disimpan dalam bentuk .png, .jpeg, .bmp, .tiff dan .jpg

 

7. Crello

Crello menyediakan gambar hingga 65 juta, 12000 template dan ratusan jenis font. Pantas Crello menjadi salah satu aplikasi online untuk desain grafis yang banyak dicari. Crello membuat kegiatan dan proses desain media cetak, iklan digital dan gambar sosial media menjadi sangat menyenangkan. Crello juga memungkin kita membuat grafik yang bergerak.

Penggunaan Crello itu gratis namun setiap gambar yang dihasilkan akan mendapat watermarks Crello. Bila ingin menghilangkannya, desainer grafis bisa bisa membayar USD 8.30. Bukan sebuah harga yang mahal untuk stok gambar dan fitur yang mumpuni.

 

8. Gravit Designer

Gravit Designer adalah sebuah aplikasi yang menyediakan banyak desain vector yang diperlengkapi dengan berbagai fitur canggih. Desainer grafis akan mendapatkan gambar icon, logo untuk presentasi, illustrasi, animasi dan jenis tulisan.

Gravit yang bisa digunakan baik online maupun diunduh terlebih dahulu ini sangat mudah digunakan untuk berbagai proyek. Dia bisa digunakan dan diakses lewat berbagai perangkat asalkan koneksi internet tersedia. Terlebih lagi, aplikasi ini gratis digunakan.

 

Jadi buat anak-anak yang mau belajar desain grafis secara otodidak, mereka bisa langsung menggunakan aplikasi desain grafis pemula yang telah disebut di atas.

Kalau mereka juga ingin belajar coding agar bisa membuat animasi bagus setelah desain grafis, parents bisa menghubungi iBiG Academy 0812-1177-8838. Lokasi kursus kami berada di The Icon Business Park – BSD. Kita menyediakan kesempatan untuk free trials bagi anak-anak yang berminat.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us