Search

+
lowongan-kerja-desain-grafis
8 Lowongan Kerja Desain Grafis Buat Lulusan Fakultasnya

Sebelum memutuskan fakultas yang diinginkan, ada baiknya kita mengetahui lowongan kerja yang tersedia untuk lulusan masing-masing fakultas. Buat kita yang ingin mengambil fakultas desain grafis, kira-kira lowongan kerja desain grafis ini bisa jadi pertimbanganmu. Jangan salah nimba ilmu untuk jurusan yang kita tidak suka.

 

Graphic Designer

Seorang graphic designer bekerja dengan berbagai jenis produk dan media seperti situs, iklan, buku, majalah, poster, game komputer, kemasan, pameran, PR dan identitas perusahaan. Graphic Designer akan sering berinteraksi dengan klien, creative director atau account manager untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan konsep yang sesuai keinginan klien.

Graphic designer perlu kreatif, memiliki pengetahuan akan aplikasi yang digunakan dalam industri tertentu dan bersikap profesional ketika berhadapan dengan waktu, biaya dan deadline.

Tanggung jawab Graphic Designer:

  1. Bertemu klien atau account manager untuk membahas kebutuhan klien
  2. Memperkirakan waktu penyelesaian pekerjaan dan memberikan quotation ke klien
  3. Berpikir kreatif dalam mengembangkan ide, desain, konsep untuk klien
  4. Memastikan design yang diselesaikan sesuai kebutuhan klien
  5. Mendemonstrasikan kemampuan ilustrasi lewat sketsa dan bekerja dengan lauout
  6. Bekerjasama dengan ilustrator, fotografer, copywriter, illustrator, web developer, ahli pemasaran dan masih banyak lagi.

 

Illustrator

Illustrator adalah orang-orang yang diminta untuk menggambar untuk mengkomunikasikan cerita, pesan atau ide. Illustrator banyak bekerja di periklan, buku, majalah, kemasan, kartu ucapan dan koran. Seorang illustrator akan membuat dokumen tentang bagaimana sebuah produk akan dipasarkan, target dan penyesuaian gambar sesuai kebutuhan itu sendiri.

Biasanya illustrator memiliki spesialiasi dalam menggambar, fotografi atau ilustrasi digital. Kebanyakan illustrator bekerja sebagai tenaga lepas.

Tanggung jawab illustrator:

  1. Meeting dengan klien, penulis dan editor untuk memahami kebutuhan mereka
  2. Memiliki pengetahuan akan style yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan
  3. Negosiasi harga dan penentuan deadline
  4. Memiliki imajinasi yang bagus dan sanggup berpikir kreatif
  5. Menggunakan Computer Aided Design (CAD) untuk scan gambar dan mengubah ukuran, warna dan elemen-elemen lainnya

 

Print Maker

Print maker adalah orang yang memiliki teknik spesialis dalam mencetak atau memahat gambar di metal, kayu, batu, kain dan lain sebagainya dengan peralatan yang spesial. Print maker akan membuat desainnya sendiri secara digital dan menggunakan metode melukis atau memahat dengan teknik tradisional. Ketika karya-karyanya semakin dikenali, kita akan diundang untuk mengajar dan menghasilkan dari kegiatan mengajar tersebut.

Tanggung jawab Print Maker:

  1. Memiliki dan menggunakan teknik printmaking dari gambar yang sudah dihasilkan secara digital ke dalam berbagai permukaan seperti plastik, metal, gelas, kain dan lain-lain.
  2. Meresponi kebutuhan klien
  3. Memberikan nasehat ke klien tentang produksi secara teknikal

 

Production Designer di teater, televisi atau film

Production designer memiliki tanggung jawab untuk membuat konsep visual untuk film, televisi dan teater. Mereka menentukan desain untuk set, lokasi, gambar, perlengkapan, pencahayaan, kostum dan posisi kamera. Mereka bekerja dengan director dan produser.

Setelah konsep telah diputuskan, seroang desainer biasanya menunjuk dan mengatur departemen seni dalam sisi desain dan konstruksi.

Tanggung Jawab Production Designer:

  1. Membaca skrip agar bisa mempersiapkan visual yang dibutuhkan
  2. Memperhatikan brief yang sudah disampaikan
  3. Meeting dengan produser dan diretor untuk membahas konsep dan kebutuhan produksi
  4. Mempelajari sejarah, latar belakang politik, informasi sejarah dan menghasilkan ide desain
  5. Merencanakan dan mengawasi budget desain
  6. Menghasilkan contoh gambar atau model untuk studioa atau teater
  7. Menyediakan ide desain untuk kostum, wig, perlengkapan, efek spesial, make-up dan grafik
  8. Mencari studio dan lokasi yang berpotensi
  9. Memberikan ide orang-orang yang terlibat di dalam produksi seperti aktor dan operator kamera
  10. Selalu mengecek set dan lokasi saat pembuatan film agar semua kebutuhan terpenuhi

 

Animator

Animator menghasilkan beberapa gambar yang disebut dengan frame dan ditata sedemikian rupa untuk menciptakan ilusi pergerakan yang disebut animasi. Gambar tersebut bisa dibuat dengan melukis, model, boneka atau gambar digital. Seorang Animator perlu bekerja untuk animasi 2D, 3D, stop frame atau animasi yang dibuat oleh komputer.

Kemampuan animasi sangat bergangunt kemampuan seni seseorang. Tetapi kebutuhan animator semakin meningkat setiap tahunnya.

Tanggung jawab Animator:

  1. Membuat storyboard yang sesuai dengan skrip dan narasi
  2. Membuat sketsa, gambar atau ilustrator 2D
  3. Mendesain model, set latar, karakter, obyek dan lingkungan animasi
  4. Mengerti berbagai material seperti tanah liat, cat minyak, acrylics dan lain sebagainya
  5. Mengembangkan waktu dan pergerakan untuk setiap karakter lewat gambar-gambar yang diatur berurutan dan memastikan mereka mengikuti soundtrack atau audio
  6. Memiliki pengetahuan aka Flash, 3ds Max, Maya, LightWave, Softimage dan Cinema 4D
  7. Bekerja sama dengan percetakan, copywriter, fotografer, desainer, account executives, desainer website atau spesialis marketing

 

Advertising Art Director

Mereka yang lebih sering disebut “Creatives” ini memproduksi ide inovatif untuk elemen visual untuk periklanan di berbagai media. Media tersebut di antaranya bioskop, internet, poster, radio, press dan televisi.

Art director akan bekerja dengan copywriter. Copywriter akan membuat tulisan yang cocok dengan gambar yang dibuat art director atau sebaliknya. Intinya mereka bekerjasama untuk membuat iklan.

Tanggung jawab Advertising Art Director

  1. Bekerja dekat dengan copywriter dan menghasilkan ide kreatif dan konsep sesuai kebutuhan klien
  2. Menghasilkan sketsa atau story board untuk komunikasi ide dengan klien
  3. Mendapatkan informasi tentang target market dan bisnis
  4. Meeting dengan creative director dan account managers sebelum mempresentasikan ide ke klien
  5. Membuat pitching
  6. Mencari tahu dan mengunjungi lokasi untuk pengambilan gambar

 

Artworker

Artworker adalah sebuah pekerjaan untuk anak-anak yang baru lulus dan ingin berkarya di desain grafis. Mereka menghasilkan produk yang langsung siap di print. Pertama-tama, worker ini mengambil konsep desain dari desainer dan merapikannya sebelum di-print. Hal ini termasuk memperbaiki desain atau membuat ulang dari sisi warna, tipografi, placement dan ketidakkonsistenan.

Mereka yang profesional perlu memiliki mata yang jeli sehingga bisa menemukan error pada gambar di segala bidang media baik desain digital, website, e-marketing, digital media dan juga print.

Tanggung jawab Artworker

  1. Membuat desain korporat
  2. Membuat konsep visual dan memperindah gambar untuk memastikan gambar-gambar sesuai dengan standar media yang diinginkan seperti warna dan tipografi.
  3. Ahli dah menggunakan Adobe Creative Suites
  4. Memberikan arahan artistik dalam proyek dan perencanaan strategi untuk keperluan marketing

 

Creative Directors

Creative director adalah pemimpin dari tim kreatif di perusahaan periklanan atau departmen marketing. Mereka bekerja dengan tim kreatif untuk membuat, merencanakan dan memberikan visi strategi ke klien.

Creative Director akan terlibat dalam perencanaan periklanan, mengawasi proses kerja tim kreatif dan membimbing mereka. Tim kreatif di bawahnya adalah art directors, copywriters dan designers. Orang-orang creative directors ini banyak dicari, kesempatan untuk bekerja di ranah internasional dan gaji yang tinggi.

Tanggung jawab Creative Directors

  1. Membangun lingkungan yang kreatif agar tim kreatif bisa bekerja dan mengawasi segala ide dan progress masing-masing proyek
  2. Mengembangkan ide untuk iklan
  3. Pitching kosep ke klien
  4. Memahami aspek komersial dari agency dan departemen pemasaran
  5. Merekrut dan mengatur tim kreatif

 

Selain beberapa lowongan kerjaan di atas, seorang lulusan desain grafis juga bisa bekerja sebagai VFX Artist, CAD Technician, Exhibition Designer, Desainer Tata Kota, UX Designer, Multimedia Specialist dan lain-lain. Yang penting kita mau kembangkan skill lebih lagi untuk mendapat lowongan kerja desain grafis yang kita inginkan.

 

Orang tua yang ingin mempersiapkan anak-anaknya untuk memiliki peluang kerja desain grafis, bisa memasukkan mereka ke kursus coding anak. Di dalam kursus ini, anak-anak akan belajar coding dan juga animasi yang akan membantu anak-anak memahami teknologi dan seni sekaligus. Buat informasi lebih lanjut, silahkan hubungi iBiG Academy di 0812-1177-8838.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us