Search

+
cara-agar-cepat-pintar
9 Cara Agar Anak Cepat Pintar Di Setiap Area Hidupnya

Anak-anak tidak hanya perlu pintar di akademis. Namun juga dia perlu pintar atau lebih tepatnya mau belajar agar mereka bisa kuat di aspek kehidupan termasuk hubungan, kesehatan, keuangan dan masih banyak lagi. Bagaimana caranya? Ini cara agar anak cepat pintar di setiap area kehidupannya.

Di iBiG Academy, kami percaya setiap anak pintar. Mereka hanya perlu memiliki pemikiran yang tepat dan usaha. Kita sebagai guru dan orang tua pun menanamkan pola pikir lewat setiap kelas yang diadakan.

Beberapa pemikiran yang kami tanamkan pada si kecil di kelas kursus coding anak adalah:

1. Belajar itu penting

Setiap anak memiliki cita-cita. Cita-cita kebentuk ketika dia melihat dan menggagumi seseorang atau hasil karya. Dari sini lah kita bisa menanamkan ke mereka kalau mereka bisa menggapai cita-cita kalau mereka belajar.

Kadang pendidikan di sekolah mungkin kurang cukup untuk mempertajam kemampuan dalam menggapai cita-citanya. Untuk itulah bimbel dan kursus hadir untuk mendukung pembelajaran anak. Misalkan si kecil yang ingin pembuat game perlu mengikuti kursus coding anak.

Namun apapun cita-cita si kecil, kita perlu menanamkan kalau belajar itu penting kalau dia ingin meraih impiannya.

 

2. Berpikir positif dalam setiap keadaan

Setiap orang baik dewasa maupun anak-anak pasti pernah mengalami kondisi yang tidak menyenangkan. Namun kita bisa mengajak mereka untuk melihat sisi positif dari setiap keadaan. Misalkan tantangan matematika yang sulit dan pikiran yang pusing menunjukkan proses otak si kecil menjadi semakin cerdas.

Ketika seorang anak bisa melihat tantangan menjadi sebuah kesempatan, dia tidak gampang putus asa. Dia juga terlatih think outside the box sehingga si kecil menjadi semakin kreatif dalam menemukan apa yang dia inginkan. 

 

3. Memiliki pemikiran terbuka

Untuk memiliki pemikiran yang terbuka, seseorang perlu memiliki sikap rendah hati. Seorang anak perlu ditanamkan kalau banyak sekali informasi-informasi di luar sana yang tidak dia ketahui. Dan dia bisa mendapatkannya lewat buku, diskusi dan juga pengalaman.

 

4. Berpikir kritis

Pemikiran yang terbuka dengan berbagai informasi baru perlu dibarengin dengan berpikir kritis. Mereka perlu mencari tahu apakah informasi yang diterima itu berupa fakta, opini, prinsip atau pengalaman.

Pengalaman-pengalaman yang dilalui seseorang juga tidak selalu relevan dengan kondisi orang lain. Seperti pengalaman baby boomers dan millenial agak sulit dibandingkan karena bedanya tantangan yang dihadapi dan fasilitas yang dimiliki. Namun bukan berarti mereka tidak bisa saling belajar.

 

5. Kesalahan itu normal

Setiap orang melakukan kesalahan. Bahkan seseorang bisa melakukannya berkali-kali karena tidak memahami apa yang sedang dikerjakan. Jadi ketika seorang anak berbuat salah, kita tidak langsung menegurnya tapi bertanya cara berpikir dia.

Ketika dia memahami, kemungkinan si kecil untuk melakukan kesalahan berkurang. Dan dia bisa membiasakan diri untuk bertanya atau mencari tahu informasi lebih lanjut.

 

6. Bersahabat dengan perubahan

Salah satu yang pasti di dunia ini adalah perubahan. Anak-anak perlu belajar kalau tidak ada yang kekal. Mainan kesayangan mereka bisa rusak. Pelajaran yang mereka sedang minati juga akan menjadi kurang relevan dan ada teori baru yang membuat mereka perlu mereka dalami lagi.

Perubahan juga bisa terjadi dengan sangat cepat. Kadang dalam hitungan tahun, bulan dan bahkan jam. Cara agar anak cepat pintar adalah mereka kudu mengetahui cara bersahabat dengan perubahan sehingga mereka bisa selalu up-to-date. Mereka juga bisa belajar prediksi lewat analisa-analisa data agar goncangan yang terjadi tidak membuat mereka kaget.

Salah satu cara tercepat untuk beradaptasi adalah menghadapi kenyataan kalau kondisi sudah berubah. Dan dia tidak bisa terus mengenang masa lalu biar bisa mengejar ketertinggalan.

 

7. Tenang saat mencari solusi

Setiap masalah pasti ada solusinya. Terkadang anak-anak sudah panik ketika mereka menghadapi masalah dan memanggil orang tuanya. Belum lagi mereka kadang sulit menyampaikan masalahnya sehingga membingungkan orang tua.

Anak-anak ini bisa diajarkan untuk tenang untuk berpikir dan berbicara. Kita bisa mengajak mereka untuk bertanya apa permasalahan dan kenapa masalah bisa terjadi. Setelah tanyakan ke mereka, apa solusi yang terpikirkan olehnya. Dia bisa bertanya atau googling dan mencoba praktek solusi yang ditemukan.

Anak-anak yang bisa menyelesaikan masalahnya sendiri tumbuh lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan. Selain itu mereka juga kaya akan pengetahuan kalau ada banyak cara dalam menyelesaikan masalah. Mereka hanya perlu menggalinya.

 

8. Belajar mandiri

Anak-anak perlu dididik mandiri sejak kecil. Misalkan mereka belajar untuk sikat gigi, makan, ganti baju sendiri dan lain-lain. Mereka yang mandiri tidak gampang mengeluh. Mereka juga tumbuh menjadi anak yang go-getter, mengejar apa yang mereka inginkan dibanding hanya duduk diam.

 

9. Berusaha terus menerus

Kadar usaha setiap orang berbeda-beda. Beberapa anak gampang putus asa ketika mereka menemui jalan buntu. Sementara ada anak yang gigih mendapatkan hasil yang dia mau.

Ketika seorang anak putus asa, kita selalu mengajak dia untuk berusaha lagi. Kita selalu menekankan anak kalau dia pasti bisa. Dan kalau dia mau mencoba, dia akan menemukan jalan keluarnya.

 

Dan yang terpenting dari semua poin di atas adalah kita menjadi contoh yang baik bagi mereka. Kita menjadi orang tua dan guru yang senang belajar, menyukai tantangan, suka dengan perubahan dan lain-lain. Anak-anak akan menyerap apa yang kita lakukan untuk dipelajari. Sekian cara agar anak cepat pintar di setiap area hidupnya.

Bagi orang tua yang mencari tempat kursus coding untuk mempersiapkan anak beradaptasi dengan teknologi. Atau anak-anak yang ingin menjadi developer games atau aplikasi lainnya. Kalian bisa mendaftarkan si kecil di iBiG Academy. Untuk free trial, silahkan hubungi iBiG Academy di 0812-1177-8838.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us