Search

+
belajar-coding
Alasan Anak Anda Perlu Mengerti Algoritma

Ketika anak-anak belajar coding, dia diperkenalkan dengan konsep dasar algoritma. Algoritma adalah sebuah teknik yang bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang berhubungan dengan matematika, ilmu komputer dan juga kehidupan sehari-hari.

Teknik ini ditemukan oleh ahli matematika Muhammad Ibn Musa Al-Khwarizmi di abad 9. Di tahun 1928, teknik algoritma ini dikembangkan lebih lanjut oleh David Hilbert untuk menyelesaikan masalah pengambilan keputusan. Lalu pakar matematika terus menerus mengembangkan dan menggunakan tekniknya hingga kini.

Proses algoritma adalah serangkaian instruksi yang bisa melibatkan kalkulasi, proses data dan otomatisasi tindakan-tindakan yang masuk akal. Dalam keseharian, algoritma seperti proses membuat sebuah masakan. Anda perlu mengetahui bahan-bahannya, jumlah yang digunakan dan langkah-langkah hingga makanan tersebut jadi.

Konklusi algoritma selalu ada input, prosedur dan output. Jadi ketika anak-anak mempelajari konsep ini, dia bisa identifikasi ketiga poin itu untuk memecahkan masalah. Hal ini akan membantu anak-anak yang kurang kuat di bidang matematika. Atau Anda ingin anak-anak menjadi cerdas berpikir bukan hafalan.

Algoritma sendiri juga tidak terpatok satu cara. Saat belajar coding, anak-anak diajarkan untuk tidak mengikuti tetapi menemukan cara mereka sendiri dalam penyelesaiannya. Seperti istilah “banyak rute menuju Roma”, anak-anak pun ditantang untuk membuat bermacam-macam menyelesaikan masalah dengan berbagai perspektif. Sampai mereka menemukan algoritma yang bagus untuk coding mereka.

Ciri-ciri algoritma yang bagus:

  1. Anak-anak harus bisa identifikasi inputdan output secara jelas. Ketika anak tidak bisa identifikasi keduanya maka mereka bisa tidak tertarik membereskan masalahnya.
  2. Setiap langkah-langkah Algoritma harus jelas dan tidak membingungkan orang. Prosedur haruslah mudah dimengerti dan dipahami oleh banyak orang
  3. Algoritma haruslah efektif dan efisien setelah banyak uji coba.
  4. Algoritma tidak perlu menyesuaikan suatu obyek atau bahasa coding tertentu. Tetapi Algoritma ini bisa digunakan di berbagai obyek yang mirip.

Keuntungan anak-anak belajar algoritma:

1. Meningkatkan pelajaran matematika.

Banyak anak-anak kesulitan memahami matematika. Alasannya mereka belum bisa visualisasi konsep yang diajarkan. Akibatnya mereka tidak memahami logika matematika sendiri. Dengan anak-anak belajar algoritma yang disediakan oleh kursus coding anak, maka mereka lebih menangkap matematika.

2. Kreatifitas

Algoritma membuat anak-anak berpikir kreatif. Mereka perlu melihat penyelesaian sebuah masalah tidak hanya satu. Dan dia perlu memutar otak kreatifnya agar dia bisa menemukan algoritma yang tepat dalam penyelesaian masalah.

3. Kegigihan

Dalam penemuan algoritma yang tepat, anak perlu gigih. Dia perlu mencoba terus menerus sampai dia menemukan algoritma yang efisien namun efektif. Dan dia juga bisa dengan percaya diri menjelaskan alasan dia memilih algoritma tersebut.

4. Memiliki pola berpikir menemukan solusi

Anak-anak yang memahami algoritma bukanlah anak yang manja. Ketika mereka menemui masalah, mereka tidak akan menangis dan minta orang tua menyelesaikannya. Mereka justru bisa diajak bertukar pikiran kemungkinan dalam menyelesaikan masalah. Anda mungkin kaget dengan solusi kreatif mereka.

5. Percaya diri

Rasa percaya diri seorang anak datang ketika dia sanggup menyelesaikan masalah diri sendiri dan orang lain. Dengan anak menemukan algoritma, dia akan menyadari dirinya banyak akal dan sanggup menghadapi berbagai masalah baru di masa mendatang.

6. Terorganisir

Anak-anak belajar terorganisir lewat coding. Mereka perlu mengetahui output yang mereka inginkan. Setelah itu mereka menyusun prosedur secara tertata dan rapi agar mencapai hasil yang mereka inginkan.

7. Memahami digital lebih cepat

Anak-anak yang memahami algoritma juga lebih gampang mengerti dunia digital. Karena cara kerja perangkat di dunia digital selalu mengacu dengan algoritma. Jadi ketika anak-anak dijelaskan tentang teknologi terbaru, mereka lebih mudah memahami.

8. Dicari orang banyak

Perusahaan-perusahaan membutuhkan orang yang sanggup menyelesaikan masalah. Bukan hanya sekedar mengerjakan apa yang diminta atasan. Anak-anak yang tumbuh dengan algoritma akan menjadi nilai plus dalam mencari kerjaan.

 

Anda jadi mengerti betapa pentingnya algoritma. Bila Anda ingin anak cepat memahaminya, Anda bisa investasi kursus anak untuk belajar coding di wilayah BSD. Bahan materinya tidak hanya akan diajarkan sesuai usianya namun kemampuan anak Anda juga.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us