Search

+
belajar-desain-grafis
Alasan Belajar Desain Grafis Baiknya Di Sekolah Dibanding Otodidak

Hi Parents,

Desainer grafis dan animator diinginkan karena sisi seni, inovasi dan kemampuan menggunakan teknologi. Mereka adalah orang-orang yang mengembangkan ide atau konten menjadi bentuk visual untuk memuaskan keinginkan klien. Kemampuan desainer sejatinya bisa dimanfaatkan digunakan di berbagai bidang desain grafis.

Saat ini banyak sekali desainer yang muncul dari belajar desain grafis secara otodidak. Mereka belajar dari kemampuan desain dari internet, ikut kursus singkat dan latihan berkali-kali. Hasilnya juga bagus dan juga dicari. Sebenarnya apa keuntungan menyekolahkan anak di fakultas desain grafis?

Anak-anak yang masuk ke fakultas desain grafis dan animasi tidak hanya mengembangkan potensi dan hobi mereka di bidang seni, desain dan animasi. Namun mereka juga akan memahami serta meningkatkan kemampuan pemasaran serta berjejaring. Untuk lebih lengkapnya, yuk parents baca di sini.

 

1. Mendapatkan dan meningkatkan kemampuan-kemampuannya serta membangun portfolio

Kalau seorang anak sangat menyukai segala sesuatu yang indah, maka sekolah menyediakan program-program untuk meningkatkan kemampuannya untuk bisa digunakan langsung di dunia profesional.

Beberapa mata pelajaran dasar yang akan dibagikan dan perlu dikuasai adalah:

  • Cara membuat konsep desain
  • Pencahayaan dan efek
  • Teknik layout desain grafis dengan menggunakan Adobe Creative
  • Komunikasi visual
  • Desain Website
  • Kemampuan menggambar secara digital
  • Memproduksi multimedia dengan menggunakan Adobe After Effects

Dalam semua proses pembelajaran ini, murid-murid sekolah juga secara tidak langsung membangun portfolio yang akan membantu mereka dalam mencari pekerjaan ke depannya. Semua kemampuan dasar ini akan penting dimasukkan dalam CV juga ketika mencari pekerjaan.

 

2. Kemampuan menyelesaikan masalah

Desain grafis dan animasi tidak hanya berbicara tentang kreatifitas. Namun dalam perkembangan kariernya, mereka perlu diperlengkapi dengan pelajaran matematika dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.

Matematika berfungsi untuk menghitung proporsi dan layout sebuah desain. Mereka juga membutuhkan matematika untuk menghitung budget dan pencatatan keuangan. Mereka menjadi bagian penting dalam keseharian desainer grafis.

Kemampuan memecahkan masalah juga penting dalam karier di bidang ini. Mereka perlu membuat dan menganalisa kenapa gambar tertentu lebih menarik atau ditolak orang banyak. Setelah itu mereka perlu mencari tahu cara mendesain, cocokk dalam mock up dan memasarkannya sebagai produk akhir.

 

3. Pilihan spesialis yang banyak

Sekolah animasi dan desain grafis juga membantu anak-anak yang masih bingung dalam menentukan spesialisasi yang dia mau. Sekolah telah menyiapkan kelas-kelas untuk mempersiapkan anak-anak di berbagai bidang desain grafis yang terus berkembang karena kecanggihan teknologi.

Pada saat seorang murid mendaftar ke dalam fakultas, mereka juga mendapatkan banyak pelatihan aplikasi desain grafis di komputer. Tentunya pelatihan ini menjadi sebuah nilai plus mengingat segala proses pekerjaan dan rutinitas akan terkait dengan teknologi.

Setelah lulus, mereka yang mengambil fakultas desain grafis dan animasi bisa memilih bekerja sebagai:

  • Desainer dan aplikasi web
  • Animator atau desainer flash
  • Artis grafik
  • Desainer Multimedia
  • Spesialis Photoshop atau Multimedia
  • Video game

 

4. Mempelajari kemampuan pemasaran

Seorang desainer grafis tidak hanya memiliki kemampuan untuk membuat gambar yang indah. Tujuan utama adalah memasarkan produk dan layanan sehingga penjualan terjadi. Di sekolah desain grafis dan animasi, anak-anak akan belajar jenis-jenis desain yang akan menarik perhatian orang banyak. Mereka akan belajar kombinasi pewarnaan, pencahayaan dan efek agar gambarnya menarik.

Jadi kalau kita belum bisa meyakinkan calon penjual atau calon atasan dengan desain, anak-anak perlu meningkatkan kemampuan pemasaran. Jadi kelas marketing di sekolah desain grafis itu penting.

 

5. Internship di perusahaan-perusahaan profesional

Sekolah yang baik mendapatkan banyak tawaran internship bagi murid-muridnya di perusahaan profesional. Internship ini sangat bagus bagi mereka untuk memahami dan mendapatkan pengalaman dunia kerja.

Pada saat memilih sekolah kita juga perlu memastikan kalau lulusan sekolah ini banyak dicari oleh industri-industri yang diinginkan. Sekalipun harganya lebih mahal, namun bila menjamin murid mendapatkan pekerjaan yang layak, tentu sekolah tersebut bagus.

Beberapa industri yang bisa menawarkan pekerjaan internship dan juga peluang tempat kerja setelah lulus adalah:

  1. Industri publikasi
  2. Industri percetakan seperti majalah, buku, kartu nama dan lain-lain
  3. Industri manufaktur
  4. Industri periklan
  5. Agensi Public Relation
  6. Industri digital marketing

Setelah lulus, desainer grafis bisa memilih bekerja di perkantoran, bisnis sendiri atau freelance. Pilihan-pilihan ini menguntungkan bagi para desain grafis milenial yang lebih prefer memiliki bisnis sendiri dibanding bekerja di kantoran.

 

6. Networking yang bagus

Sekolah juga menjanjikan networking yang bagus. Anak-anak bisa berkenalan dengan banyak orang dengan kemampuan desain grafis yang berbeda. Selain itu, sekolah yang bagus juga menyediakan guru yang masih bekerja di industri desain grafis. Jadi ketika suatu hari mereka sedang membutuhkan orang-orang dengan kemampuan tertentu, mereka bisa saling menghubungi.

Selain itu kita juga biasanya lebih mudah bekerjasama dengan orang-orang yang sudah dikenal. Banyak sekali project yang berjalan kurang lancar karena terhambat kepribadian, kualitas dan kuantitas sumber daya manusianya. Makanya berjejaring itu penting sekali.

 

Begitulah 6 keuntungan orang-orang yang belajar desain grafis di fakultas dibanding tidak. Dan jangan lupa pada saat anak-anak ingin mengambil jurusan desain grafis, mereka juga perlu memiliki minat yang tinggi agar mereka bisa membuat karya yang bagus.

Nah sebagai persiapan anak untuk masuk sekolah atau fakultas desain grafis dan animasi, parents sebaiknya bekali mereka dulu dengan belajar coding. Terutama buat anak-anak yang ingin membuat games atau animasi keren. Mari menghubungi iBiG Academy di hello@ibigacademy.com untuk keterangan lebih lanjut.

Posted in: Coding Anak

Comments (One Response )

Trackbacks/Pingbacks

  1. 8 Aplikasi-aplikasi Online Untuk Desain Grafis Pemula - iBig Academy - 16 Januari 2019

    […] tahu tidak setiap orang memiliki kesempatan untuk sekolah desain grafis, sekalipun keuntungannya sangat banyak. Karena sekolah desain grafis yang berkualitas juga […]

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us