Search

+
logika-berpikir-anak
Alasan Dan Tips Anda Perlu Meningkatkan Logika Berpikir Anak

Logika berpikir anak perlu dikembangkan sejak dini. Kadang-kadang seorang anak bisa merasa dia mendapat sesuatu lebih dikit dari anak lainnya seperti kue. Dia pun merasa iri dan berpikir Anda tidak fair. Sebenarnya dia dan teman-teman lainnya mendapatkan potongan kue yang sama, namun sudut pemotongan kuenya berbeda.

Anda mungkin beralasan kalau dia masih kecil. Lalu Anda pun menenangkan dia dengan memberikan barang lain atau melakukan apa yang dia minta. Namun tindakan itu kurang tepat. Mari temukan alasan kita perlu mengajar anak berpikir logis sejak dini dan caranya.

Alasan meningkatkan logika berpikir
1. meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Anak-anak akan bertumbuh dan menghadapi masalah nyata di dunia. Anda sebaiknya mempersiapkan anak dengan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Mereka harus siap berpikir kreatif – kombinasi dari apa yang mereka mengerti dan metode yang mereka ketahui.

Sebagai orang tua, Anda bisa memulai pengajaran anak untuk  berpikir sendiri dan tidak menerima informasi yang mereka dengar tanpa pertimbangan. Mereka juga perlu belajar mandiri. Mereka tidak selalu meminta bantuan orang lain. Apalagi berasumsi akan ada orang-orang di sekitar yang siap membantu mereka.  Mereka harus tahu cara menyelesaikan masalah sendiri.

2. Bagus untuk otak

Logika tidak hanya menambahkan kemampuan untuk berfungsi dan bertahan hidup. Ketika anak Anda menggunakan cara berpikir logika lewat teka-teki, otak akan terstimulasi dengan baik. Teka-teki juga tidak hanya meningkatkan kemampuan otak namun juga kognitif dan koordinasi. Daya ingat dan konsentrasi anak-anak juga akan mengalami pertumbuhan dan konsentrasi.

Games teka-teki ini juga mudah ditemukan di mana saja. Baik di toko mainan atau hanya sejauh gadget. Anda bisa memilih game yang tepat sesuai kemampuan anak.

3. Meningkatkan nilai pelajaran matematika anak

Teka-teki yang bersifat puzzle atau membuat otak berpikir kadang dianggap cara untuk menghabiskan waktu luang. Anda salah kaprah. Justu game-game ini; Anda bisa mencoba untuk membuktikan, berhasil meningkatkan nilai pelajaran matematika anak Anda.

Alasannya, matematika bersifat logika. Memang betul banyak anak yang kuat di matematika karena memiliki ingatan yang bagus. Sayangnya kemampuan mengingat ini tidak akan bermanfaat untuk menyelesaikan persoalan matematika dalam jangka panjang.

Misalkan kelas geometri, anak-anak diminta untuk memberikan penjelasan dan bukti. Dalam membuat bukti itu sendiri, anak-anak juga menyadari tidak ada satu solusi untuk menyelesaikan seluruh solusi. Anak-anak perlu memahami permasalahan dari berbagai sudut dan memberikan argumen yang tepat.

 

Cara meningkatkan kemampuan logika berpikir
1. Sering-seringlah bertanya “Kenapa?”

Anda perlu membiasakan anak mendengar pertanyaan “Kenapa?”. Misalkan, “kenapa kamu mengalikan angka-angka di pertanyaan nomor 2?” “Kenapa jawabannya 10?” Menjawab pertanyaan “kenapa” ini akan membantu anak berpikir logis solusi yang mereka ambil atau konklusi alasan tersebut.

Mereka juga perlu terbiasa untuk membenarkan metode atau jawaban mereka ketika mereka menyelesaikan masalah baru yang mereka hadapi. Mereka perlu meyakinkan diri atau melakukan penyesuaian atas metode mereka.

2. Bermainlah permainan yang menguji otak

Anda bisa menemukan berbagai permain kreatif yang akan melatih kecerdasan anak Anda. Permainan yang membutuhkan kesabaran dan konsentrasi hingga mereka mendapatkan logika untuk menyelesaikannya. Beberapa di antaranya adalah congklak, sudoku dan lain-lain.

3. Belajar Coding

Coding untuk anak adalah membuat coding dengan menggabungkan kesenangan anak bermain game sambil mengembangkan konsep dan logika berpikir anak-anak. Dalam menciptakan sebuah aplikasi yang mereka inginkan, sesederhana apapun tampaknya buat kita, butuh berpikir secara sistematis dan terarah.

Kursus coding juga bisa mengurangi sisi adiktif gadget pada anak, meningkatkan produktifitas dan mendukung perkembangan baik otak kiri dan kanan anak. Selain itu, nilai-nilai pelajaran yang berhubungan dengan logika seperti matematika akan meningkat.

Siapa tahu dengan meningkatnya logika berpikir anak membuat dia menjadi orang programmer aplikasi atau developer games yang luar biasa. Jadi Anda bisa investasi di Kursus Coding Anak sedini mungkin.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us