Search

+
manager bisnis facebook
Apa itu Facebook Business Manager?

Apakah Anda memiliki sebuah bisnis besar atau bisnis kecil? Sudahkah Anda memiliki akun bisnis Facebook? Memang tidak wajib untuk memiliki akun tersebut, tetapi ini penting bila Anda ingin membangun merek bisnis. Biar semua orang tau produk yang Anda jual.

Tapi, apa sih akun bisnis facebook itu? Akun bisnis Facebook lebih dikenal dengan istilah Facebook Business Manajer. Business Manager adalah alat yang dirancang untuk mengelola Halaman Facebook dan akun iklan Anda.

Dengan menggunakan Business Manager, Anda dapat:

  • Mengelola akses ke Halaman Facebook dan akun iklan Anda – lihat siapa yang memiliki akses ke Halaman dan akun iklan Anda dan menghapus atau mengubah izinnya.
  • Bekerja dengan agensi – Anda juga dapat membagikan akun Business Manager Anda dengan agensi sehingga mereka dapat membantu Anda mengelola kampanye iklan Anda.

Anda dapat memiliki beberapa akun iklan dan semua pengguna digabungkan di bawah akun Business Manager Anda. Ada dua peran yang tersedia di Facebook Business Manager yaitu Admin dan Karyawan.

Selain itu, ada serangkaian peran berbeda untuk akun iklan Facebook yang juga dapat Anda kelola dan edit di Business Manager.

Untuk mulai beriklan di Facebook, Anda memerlukan akun Business Manager yang mengelola setidaknya satu Halaman Facebook.

Untuk menambahkan Halaman Facebook:
  1. Buka Pengaturan Business Manager.
  2. Di bawah tab People and Asset, pilih “Pages”
  3. Klik “Add New Page”
  4. Pilih salah satu dari 3 opsi: “Klaim Halaman”, “Minta Akses ke Halaman” atau “Buat Halaman Baru”
  5. Jika Anda memilih meminta mengakses atau mengklaim Halaman, masukkan nama halaman atau URL Facebook
Untuk menambahkan akun iklan ke Business Manager Anda:
  1. Buka Pengaturan Business Manager Anda.
  2. Di bawah tab People and Asset, klik “Akun Iklan”
  3. Di sisi kanan halaman, pilih “Tambahkan Akun Iklan Baru”
  4. Pilih salah satu dari 3 opsi: “Klaim Akun Iklan”, “Minta Akses ke Akun Iklan” atau “Buat Akun Iklan Baru”
  5. Jika Anda memilih untuk meminta akses atau mengklaim akun iklan, masukkan ID akun iklan. (Pelajari di mana menemukan ID akun)

Sebelum Anda dapat mulai beriklan, Anda harus memberikan informasi akun Facebook tambahan dan memasukkan data kartu kredit Anda.

Menyiapkan Info Akun Iklan

Seperti yang Anda bayangkan, Facebook tidak akan membiarkan Anda memulai pengeluaran kecuali Anda telah memasukkan metode pembayaran yang valid dan membagikan beberapa informasi bisnis.

Arahkan menu Business Manager Anda untuk menemukan “Pengaturan Akun Iklan” dan klik.

Isi semua bagian yang kosong dengan memasukkan nama perusahaan Anda, alamat, dan informasi terkait lainnya.

Anda dapat memasukkan informasi penagihan di bawah tab “Pembayaran” dengan mengklik “Tambahkan Metode Pembayaran.”

Jika Anda seorang bisnis di UE, Anda juga akan diminta memasukkan nomor PPN Anda. Facebook juga akan memungkinkan Anda memilih mata uang penagihan dan zona waktu Anda. Berhati-hatilah dengan informasi ini karena Anda tidak akan dapat mengubahnya setelah membuat akun.

Setelah Anda mengisi informasi akun iklan Anda, tekan tombol “Simpan Perubahan” dan lanjutkan ke halaman “Metode Penagihan & Pembayaran”.

Menyiapkan Informasi Penagihan & Pembayaran Anda

Baiklah, mari tambahkan kartu kredit pertama Anda ke akun iklan Facebook Anda.

Untuk melakukan itu, Anda harus menavigasi ke “Metode Penagihan & Pembayaran” di menu Business Manager.

Anda akan mendarat di halaman Penagihan tempat Anda dapat:

  • Tambahkan metode pembayaran barumetode pembayaran
  • EditAnda saat ini
  • Tetapkan batas pengeluaran akun Anda

Untuk menambahkan metode pembayaran baru:

  • Klik tombol hijau “Tambahkan Metode Pembayaran”
  • Pilih metode yang ingin Anda tambahkan
  • Isi dalam informasi Anda
  • Klik “Lanjutkan”

Facebook menerima beberapa opsi pembayaran, termasuk kartu kredit dan pembayaran PayPal.

Jika Anda memerlukan bantuan tambahan, inilah panduan Facebook yang menjelaskan cara kerja penagihan dan pembayaran iklan Anda.

Kiat: Tambahkan beberapa opsi pembayaran

Saat Anda mulai beriklan lebih banyak dan lebih, kami sarankan Anda juga menambahkan metode pembayaran sekunder. Dengan cara ini, jika kartu utama Anda kedaluwarsa, mencapai batas bulanan, atau diblokir karena alasan apa pun, iklan Anda tidak akan berhenti dikirimkan ke pelanggan potensial.

Jika tagihan kartu utama Anda gagal, semua kampanye Anda akan segera dijeda hingga Anda membayar saldo terutang. Anda juga harus memulai ulang secara manual satu per satu. Ini adalah tugas yang membosankan jika Anda menjalankan beberapa kampanye. Jika Anda memiliki pengaturan metode pembayaran sekunder, Facebook akan mulai menagih metode sekunder Anda dan semuanya akan tetap berfungsi dengan lancar.

Mengedit Opsi Pembayaran

Anda Jika Anda ingin membuat perubahan pada pembayaran iklan Facebook Anda, Anda dapat melakukannya di halaman yang sama dengan mengklik “Edit Metode Pembayaran.”

Jika Anda telah memasukkan beberapa opsi pembayaran, Anda dapat memilih mana yang utama.

Perhatikan bahwa Anda tidak dapat menghapus sumber utama Anda, jadi Anda harus membuat opsi lain sebagai sumber utama Anda sebelum menghapus metode pembayaran utama Anda saat ini.

Bagaimana dan kapan Anda ditagih?

Anda dapat mengharapkan tagihan dari Facebook pada dua kesempatan:

  • Pada akhir setiap bulan
  • Ketika Anda mencapai ambang penagihan (jika Anda menggunakan debit langsung untuk membayar iklan Facebook)

Ambang penagihan berarti bahwa metode pembayaran utama Anda akan ditagih setiap kali Anda mencapai ambang penagihan tertentu. Jumlah ambang bervariasi berdasarkan pada riwayat penagihan Anda.

Ambang ini akan sangat rendah ketika Anda pertama kali mulai beriklan (biasanya $ 25), dan Anda akan ditagih setiap kali Anda menghabiskan $ 25 di Iklan Facebook. Ketika Anda terus belanja dan pembayaran Anda diproses dengan benar, ambang Anda akan secara otomatis meningkat menjadi $ 50, $ 250, $ 500, dan akhirnya, $ 750.

Ambang ini tidak memiliki dampak langsung pada kampanye iklan Anda; mereka hanya mempengaruhi seberapa sering Anda akan ditagih. Keuntungan besar memiliki ambang tinggi adalah Anda harus berurusan dengan lebih sedikit faktur. Jika Anda ingin mengubah ambang atau memiliki masalah dengan penagihan, Anda dapat menghubungi dukungan Facebook.

Menyiapkan batas pengeluaran akun

Jika Anda ingin yakin bahwa kampanye iklan Anda tidak akan melebihi anggaran iklan bulanan Anda, Anda dapat membatasi pengeluaran akun iklan Facebook Anda.

Ini juga berguna ketika bekerja dengan agensi, kapan pun Anda ingin memastikan konsultan / agensi Anda tidak akan dapat menghabiskan lebih dari yang Anda rencanakan.

Pengaturan batasnya sangat sederhana. Cukup klik “Setel Batas Pengeluaran Akun” dan tentukan jumlahnya.

Jangan atur terlalu rendah atau Anda harus sering memperbaruinya. Ingatlah bahwa setiap kali batas tercapai, semua akun Anda akan dijeda selama setidaknya 15 menit.

Sebagai catatan akhir, yakinlah bahwa batas pengeluaran akun tidak berdampak pada kecepatan pengiriman iklan Anda.

 

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us