Search

+
apa itu igtv
Apa itu IGTV?: Bagaimana Cara Membuat Konten yang Cocok

Lingkungan digital berubah sangat cepat, membuat orang terus mencari cara baru untuk mengkonsumsi dan berbagi konten. Media yang tidak bisa mengikuti ritme ini akhirnya kehilangan ruang dan menjadi ketinggalan zaman.

Dulu, konten video hanya ada di TV ruang tamu Anda, sekarang sudah jarang ditonton. Orang-orang menonton lebih sedikit TV dan lebih banyak video digital, terutama di ponsel.

Pada tahun 2021, menurut Cisco, video seluler akan mencakup 78% dari semua lalu lintas data seluler. Instagram menyadari ada peluang besar untuk memanfaatkan video, dan dalam kasus mereka, video vertikal.

Pada bulan Juni, Instagram menciptakan IGTV, sesuatu yang tidak dilihat banyak orang dan ini merupakan perkembangan yang menarik. Ada aplikasi Instagram biasa, tetapi ada juga aplikasi IGTV terpisah yang saya berani bertaruh bahwa kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

Kendala IGTV

Ketika Anda menginstal aplikasi baru dan meluncurkannya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menautkan ke akun Instagram biasa Anda sehingga Anda dapat mempublikasikan video dengan bentuk lebih lama, hingga sepuluh menit (bahkan hingga satu jam jika Anda memiliki saluran “lebih besar”).

Beberapa telah menyebutnya sebagai The Next YouTube, atau pembunuh YouTube, tetapi benarkah itu? Ada beberapa kendala serius yang harus diatasi oleh layanan baru ini.

IGTV belum memiliki cara untuk memonetisasi video Anda dan tidak ada iklan seperti di YouTube. Namun, ini tidak akan terlalu menjadi masalah untuk diterapkan di masa depan, karena Instagram sudah beriklan di feed utama Anda dan di antara story, jadi iklan di IGTV akan segera hadir. Bahkan, CEO Kevin Systrom mengatakan bahwa itu akan menjadi tempat yang baik untuk iklan.

Kendala terbesar lainnya adalah kenyataan bahwa Anda harus memposting dalam video vertikal. Namun, beberapa musisi, sebelum IGTV keluar, mulai memposting video musik vertikal, seperti Zedd dan Nicki Minaj.

Marques Brownlee mengomentari kontrol pencarian yang loyo di IGTV, mereka hanya memungkinkan Anda untuk mencari pembuat dan bukan tagar.

IGTV adalah hal yang baru, sementara YouTube adalah komunitas yang luas, jadi ada lebih sedikit kompetisi, setidaknya untuk saat ini.

Bisa dibilang IGTV belum terlalu produktif sekarang. Meski banyak yang sudah mengetahui keberadaannya. Belum banyak influencer yang meramaikannya. IGTV memiliki banyak potensi, tetapi sulit untuk memilah-milah hal-hal yang tidak Anda minati.

Siapa yang bisa menggunakan IGTV?

Salah satu aspek positif dari fitur baru ini adalah tidak akan eksklusif untuk selebgram. Jadi, Anda pun bisa membangun chanel IGTV sendiri.

Semua pengguna akan dapat menggunakan fitur baru untuk berbagi video mereka. Untuk melakukannya, Anda cukup menggunakan aplikasi untuk mengunggah video Anda secara langsung. Aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android, dan juga pada versi web.

IGTV berfokus pada pengguna muda, dan siap bersaing dengan YouTube, membuka pintu bagi mereka yang ingin menjadi pembuat konten.

Mengapa penting membuat konten yang lebih lama?

Anda tidak dapat mengabaikan keberhasilan video pendek yang membanjiri feed dan story di Instagram. Namun, kemungkinan berbagi video bentuk panjang memberi peluang bagi pembuat konten untuk menambahkan lebih banyak informasi pada video mereka, menjadikan materi lebih berharga dan menarik bagi pengguna.

Tujuannya adalah untuk memberikan sesuatu yang benar-benar menambah nilai bagi pemirsa, yang jauh lebih mudah dilakukan ketika Anda memiliki lebih banyak waktu.

Siap tampil menonjol dengan IGTV?

Kami telah menyiapkan beberapa kiat yang akan membantu Anda membuat konten berkualitas dan menonjol di IGTV.

1. Pikirkan subjek yang Anda kuasai

Untuk membuat video yang bagus, Anda perlu tahu banyak tentang topik yang Anda pilih untuk didekati.

Ingatlah bahwa fokus IGTV adalah untuk memungkinkan semua orang membuat konten, dan bahwa konten ini membutuhkan penyelaman yang lebih dalam. Yang berarti bahwa akan ada lebih banyak kompetisi, dan orang tidak akan menghabiskan waktu mereka menonton video yang melelahkan dan dangkal.

Itu sebabnya Anda harus memilih subjek yang Anda kuasai untuk menunjukkan kredibilitas dan menjadi otoritas pada topik ini.

2. Ikuti skrip

Untuk membuat video yang lengkap dan terlihat profesional, penting untuk menulis skrip sebelum Anda merekam. Selain menjadi cara yang efektif untuk menjaga konten tetap linear dan berurutan, dengan skrip Anda tidak berisiko lupa tentang informasi penting.

Karena Anda tidak dapat mengunggah video sekaligus merekamnya, Anda akan punya waktu untuk menyiapkan konten, menyoroti informasi penting dan memikirkan semua alat yang akan Anda gunakan untuk merekam video Anda.

3. Gunakan peralatan profesional

Jika idenya adalah untuk menonjol di IGTV, Anda tidak dapat membuat video rata-rata, dengan resolusi rendah atau banyak suara.

Pengguna cenderung menyerah menonton video yang tidak berkualitas baik dalam audio dan gambar, karena ini membuat sulit untuk memahami konten. Karena itu, sebaiknya gunakan kamera dan mikrofon profesional. Tapi kami tahu tidak selalu mungkin untuk berinvestasi dalam alat-alat ini, terutama ketika Anda baru memulai.

Berita baiknya adalah bahwa sebagian besar ponsel cerdas hadir dengan sumber daya canggih saat ini, dan jika ini adalah kasus Anda, maka boleh saja menggunakan ponsel Anda untuk merekam video Anda.

Jangan lupa merekamnya secara vertikal, oke?

4. Edit video Anda

Video berdurasi panjang biasanya perlu diedit, baik untuk mengoreksi sesuatu atau untuk membuatnya lebih dinamis dan menarik. Anda harus memberikankepada pemirsa pengalaman yang menyenangkan dan relevan.

Itu sebabnya Anda harus melakukan yang terbaik dari pengeditan untuk memotong garis yang salah atau tidak perlu, menyesuaikan audio, menambahkan soundtrack dan efek suara, tautan, tag profil lain. Singkatnya, untuk membuat segala daya Anda untuk membuat konten Anda senyaman mungkin.

5. Promosikan video Anda di Instagram sendiri

IGTV adalah alat baru yang belum diketahui banyak orang.

Untuk mendapatkan tampilan dan keterlibatan dalam video Anda, promosikan apa yang telah Anda posting di profil Instagram Anda sendiri. Karenanya, orang yang tertarik dengan apa yang Anda bagikan akan tahu tentang konten baru dan eksklusif yang menunggu mereka di IGTV.

Kedua aplikasi sepenuhnya terintegrasi, sehingga pengikut Anda akan dapat melihat video baru dengan mengklik ikon di dalam profil Instagram mereka.

Kami harap Anda menikmati fitur baru ini, dan mulai menggunakannya segera! Jika ide Anda adalah menggunakan media sosial ini untuk mempromosikan bisnis Anda, maka lihat juga postingan kami tentang cara membuat caption menarik untuk promosi di IG.

 

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us