Search

+
apa itu selebgram
Apa itu selebgram? Ini Dia Asal-Usulnya

Instagram meruapakan media sosial yang populer di Indonesia. Kebanyakan penggunanya berada di rentan usia yang belia hingga ibu rumah tangga. Di antara pengguna banyak yang memanfaatkan Instagram untuk menyalurkan hobi dan mendatangkan uang. Maklum, memang bukan mitos kalau orang Indonesia sangat kreatif, bisa saja “ketemu jalannya”. Apa saja bisa dijadikan ladang bisnis.

Bahkan banyak yang sukses berbisnis di usia muda berkat Instagram. Setelah kepopuleran Instagram, banyak perilaku yang berubah dari masyarakat termasuk durasi dalam menghabiskan waktu berselancar di media sosial. Perilaku memasarkan dan membeli produk secara online, hingga muncul sebuah profesi baru yaitu “Selebgram”.

Selebgram berasal dari kata “Selebriti” dan “Instagram”. Mereka yang dikatakan sebagai selebgram adalah orang yang memiliki banyak pengikut di Instagram dengan konten kreatifnya. Selebgram juga bisa memberikan pengaruh kepada followers-nya untuk mendukung atau menolak suatu hal. Makanya, ada istilah lain yang sering kita dengar juga yakni “influencer”. Namun, biasanya seorang influencer bisa berasal dari platform media lain. Kalau di Instagram sendiri sebutan khasnya adalah Selebgram.

 

Awal mula Selebgram

Sejak kepopuleran Instagram di Indonesia memicu munculnya akun-akun online shop di media sosial tersebut. Seperti tidak kehabisan akal para penjual online shop melakukan strategi marketing mereka. Termasuk word of mouth, yaitu masing-masing akun akan mempromosikan Instagaram mereka satu sama lain.

Semakin ke sini, semakin ada peluang terlihat untuk mendapatkan followers yang lebih besar. Banyak public figure yang memiliki akun Instagram pribadi dan memiliki banyak followers. Hal ini pun dimanfaatkan untuk mempromosikan akun online shop. Mereka mengguanakn sistem “endorse”.

Saat itu, sistem endorse belum berbayar. Para pemilik online shop hanya tinggal mengirimkan barang yang ingin mereka promosikan saja ke public figure. Maklum masih baru banget dan istilahnya endorser di bayar dengan produk dari online shop tersebut. Namun, seiring perkembangan dan kesuksesan dunia bisnis di Instagram, ada tarif yang dikhususkan untuk melakukan endorse. Tentu masing-masing influencer beda harga tergantuk dari jumlah followers dan bentuk konten yang akan dibuat.

Banyak orang akhirnya tertarik dengan sistem endorse. Baik dari sisi penjual dan pemasarnya. Mereka yang memiliki banyak followers tentunya tidak akan menyia-nyiakan hal ini. Siapa coba yang tidak ingin dikasih barang gratis sekaligus di bayar untuk mempromosikan barang di Instagram pribadinya? Tapi, semanjak sistem endorse dilirik perusahaan, tarif para endorser langsung melejit pesat. Saat itu persaingannya juga masih sedikit sekali. Oleh sebab itu, muncullah istilah baru untuk orang-orang yang populer di Instagram yakni “Selebgram”.

Selebriti Instagram sendiri berasal dari berbagai latar belakang. Banyak yang memulainya dari nol. Dari orang yang biasa-biasa saja, orang normal yang tidak hidup diantara hingar bingar kepopuleran. Memang, ada juga yang merupakan selebriti top di layar kaca, mudah sekali bagi mereka yang memiliki basis fans mendapatkan jutaan followers.

Biasanya, seseorang bisa dikatakan selebgram jika telah memiliki minimal 20.000 followers. Hal yang membuat mereka jadi selebgram adalah orisinilitas konten. Para selebgram yang merintis dari nol pasti memiliki konten yang menghibur dan disukai banyak orang, atau memiliki konten yang serius dan memanjakan mata penonton yang melihatnya. Tentu saja ada ciri khas dari konten yang mereka buat sehingga mereka bisa mencapai titik kesuksesan.

Hal lain yang membuat selebgram lebih cepat melejit adalah karena adanya kedekatan yang lebih dengan followersnya, di banding artis yang berada di layat kaca. Banyak orang menyukai postingan kegiatan sehari-hari yang diunggah para selebgram. Hal itu tidak akan didapatkan di layar kaca. Selebgram juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa fitur yang tersedia seperti kolom komentar, direct message, polling, dan live Instagram.

Nah, itu dia pengertian apa itu selebgram. Baca artikel selanjutnya mengenai cara menjadi selebgram dengan endorse bejibun. Tunggu artikel selanjutnya dari iBiG Academy. Atau ikutin aja kursus social media kita di BSD.

Posted in: #DoBig

Comments (2 Responses )

  1. Eri.supria.lesmana - 6 Juni 2020 - 05:33 #

    Sekarang saya mengerti apa itu selegram?

  2. Eri.supria.lesmana - 6 Juni 2020 - 05:35 #

    Bagaimana caranya agar bisa jdi selegram?

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us