Search

+
11 Cara membuat Caption Menarik untuk Promosi

Memikat pengguna Instagram dengan caption akan menghasilkan lebih banyak interaksi. Interaksi atau engagement adalah salah satu dari tiga hal utama yang dipertimbangkan algoritma Instagram saat membuat konten di feed pengguna. Algoritma Instagram sekarang bekerja dengan banyaknya interaksi seperti komentar dan like maka followers Anda akan lebih sering melihat foto dan video Anda.

Apa yang membuat caption Instagram terlihat bagus?

Keterangan Instagram yang bagus akan menambah konteks, memamerkan personality brand Anda, menghibur penonton, dan / atau memaksa orang untuk bertindak (Call to Action). Panjang karakter bisa hingga 2.200 karakter, termasuk emoji, hingga 30 tagar.

Tentu saja itu tidak berarti teks Anda harus berupa esai yang penuh tagar yang diisi dengan emoji. Seperti halnya tulisan web yang bagus, tulisan Instagram Anda harus menarik perhatian dan mudah dibaca serta diikuti. Seperti Anda mengajak bicara audiens.

Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara menulis caption Instagram yang menarik untuk meningkatkan keterlibatan.

1. Kenali audiens Anda

Siapa dari 1 miliar juta pengguna Instagram yang sesuai dengan profil pelanggan target bisnis Anda? Demografi Instagram menunjukkan kepada kita bahwa platform ini digunakan oleh orang-orang di semua golongan pendapatan, dan sedikit lebih populer di kalangan wanita daripada dengan pria.

Semakin baik Anda mengenal audiens Anda, semakin mudah untuk menyesuaikan strategi pemasaran Anda dengan kebutuhan dan harapan mereka.

Uraikan pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda untuk menentukan siapa pelanggan Anda. Berapa umur mereka? Di mana mereka tinggal? Pekerjaan macam apa yang mereka miliki? Apa yang mereka lakukan di luar pekerjaan?

Setelah Anda tahu dengan siapa Anda berbicara, Anda dapat menjawab pertanyaan yang akan menginformasikan apa yang Anda masukkan ke dalam teks:

  • Apakah audiens saya memahami referensi ini?
  • Apakah emoji dan Bahasa sehari-hari pantas digunakan di sini? ¯ \ _ (ツ) _ / ¯
  • Apakah saya perlu menambahkan lebih banyak konteks untuk posting seperti itu?

Jawab pertanyaan-pertanyaan itu, dan tindakan Anda pada langkah selanjutnya akan jauh lebih mudah.

2. Identifikasi Brand Voice

Jika Anda belum mengidentifikasi brand voice atau ciri khas Anda berkomunikasi dengan audiens di media sosial. Tanyakan pada diri sendiri: ‘Apa kualitas dan nilai-nilai yang ingin saya wujudkan oleh merek saya?’

Anda juga dapat mencoba mencatat beberapa kata sifat yang menggambarkan bisnis  dan menggunakannya untuk menemukan nada yang tepat.

Secara umum, pengguna Instagram tidak mengharapkan nada formal atau serius. Tentu saja itu tergantung pada industri dan audiens, tetapi Anda harus berusaha untuk menjaga hal-hal yang ringan, menggunakan humor yang sesuai dengan tempatnya, dan menunjukkan kepribadian.

3. Pertimbangkan panjang teks

Ingat bahwa kebanyakan orang menggulir feed Instagram mereka dengan cepat. Jika ada keraguan berapa lama teks Anda seharusnya, buatlah dengan singkat. Berikan konteks di mana Anda perlu, tetapi jika postingan yang berbicara sendiri, biarkan saja.

Catatan: untuk posting di feed, hanya tiga baris pertama dari sebuah judul yang akan ditampilkan. Untuk teks yang lebih panjang dari tiga baris, orang harus mengetuk “Lainnya” untuk membaca semuanya.

Jika Anda ingin seluruh teks ditampilkan, Instagram merekomendasikan menggunakan 125 karakter atau kurang.

4. Tempatkan kata-kata paling penting di bagian awal teks

Lagi-lagi, teks itu terpotong di umpan pengguna setelah beberapa baris teks, jadi Anda harus segera menyampaikan poin kunci atau ajakan bertindak. Letakkan semua @mentions dan tagar (lebih banyak tentang itu nanti) di akhir.

Juga, buatlah leads dengan kata-kata paling penting. Kaitkan pembaca dan beri mereka alasan untuk mengetuk “Lainnya.”

5. Edit dan tulis ulang

Luangkan waktu Anda dan jangan takut untuk membaca beberapa draft, terutama jika teks Anda panjangnya lebih dari beberapa baris. Tulisan yang bagus — apakah Anda bertujuan humor atau pendidikan — membutuhkan banyak konsep dan suntingan.

Pastikan setiap kata mendukung konten dan pesan yang ingin Anda sampaikan. Hilangkan kata-kata yang jelas tidak perlu untuk membuat captionnya sesingkat mungkin.

Anda juga harus meminta orang lain mengedit karya Anda. Sepasang mata yang segar akan menangkap kesalahan yang mungkin Anda tidak tahu setelah menghabiskan begitu banyak waktu menatap teks.

6. Gunakan tagar, tetapi gunakan tagar dengan bijak

Gunakan tagar yang relevan dengan posting dan audiens target Anda. Dan jangan gunakan terlalu banyak sehingga membuat kerumunan salinan Anda dan membuatnya sulit untuk dibaca.

7. Ajukan pertanyaan

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan lebih banyak komentar pada foto Anda adalah dengan menggunakan judul untuk mengajukan pertanyaan kepada pengikut Anda.

Itu bisa berupa pertanyaan ujian keterampilan, pertanyaan terbuka, atau pilihan jajak pendapat / voting.

8. Berikan shout-out dengan @mention

Apakah postingan Anda menampilkan pengguna Instagram lain? Masukkan nama pengguna mereka di keterangan sehingga pengikut Anda juga dapat melihat profil mereka.

Dengan menyebutkan pengguna lain dalam teks, Anda mungkin akan memaksa pengguna itu — dan mungkin beberapa pengikut mereka — untuk mengomentari, menyukai, atau membagikan konten Anda.

9. Dorong interaksi dengan ajakan bertindak (Call to Action)

Ingin mendorong keterlibatan? Mintalah dengan mengundang orang untuk memberikan komentar, menandai teman mereka, atau menimbang pendapat.

Tentu saja, konten posting Anda harus menarik bagi mereka yang ingin melakukan itu. Ingat, ini akan mencerminkan keburukan pada merek Anda jika Anda mencoba meminta keterlibatan tetapi Anda tidak meluangkan waktu untuk membalasnya.

Di samping itu, Anda dapat mendorong interaksi dengan menjalankan kontes komentar untuk menang atau Give Away lainnya dengan hadiah keren.

10. Jangan takut untuk menggunakan emoji

Apakah emoji sesuai untuk digunakan dalam teks Instagram Instagram?

Ikon animasi dapat membantu menarik perhatian pembaca dan merupakan cara terbaik untuk menambahkan sedikit kepribadian brand Anda.

11. Coba gunakan kutipan

Bukan varietas klise yang menginspirasi, tetapi yang khusus untuk posting. Anda harus membuat kutipan yang relevan dengan produk yang Anda jual.

Itulah 11 Cara membuat caption yang menarik untuk promosi di Instagram. Apakah ada yang sudah Anda lakukan? Jika masih penasaran, Anda bisa mengukuti kelas social media di iBiG Academy untuk menguasai teknik berbisnis di media sosial. So, tunggu apalagi? Daftarkan diri Anda sekarang juga ke  hello@ibigacademy.com atau hubungi langsung ke 0812 – 1177 – 8838 .

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us