Search

+
peluang-kerja-desain-grafis
Bagaimana Peluang Kerja Desain Grafis di Indonesia?

Kita perlu memiliki rencana jangka panjang dalam hidup. Sebelum kita memutuskan untuk mengambil jurusan komunikasi visual, kita perlu tahu tentang minat dan juga peluang kerja di industri yang kita inginkan. Buat kita yang tertarik di industri desain grafis, kita perlu mencari tahu peluang kerja desain grafis di Indonesia.

Berbicara tentang perencanaan, memilih kuliah bukanlah hal yang bisa kita sepelekan. Kita tidak hanya berbicara mengenai biaya yang notabene semakin mahal setiap tahunnya. Namun kita juga tidak mau ada waktu yang terbuang dan stress akibat segudang tugas yang perlu diselesaikan beberapa tahun ke depan. Kalau kita tidak hanya ikut-ikutan teman atau tren, sebaiknya dipertimbangkan kembali keputusannya.

 

Buat kita yang sudah bertekad bulat untuk memiliki karier di dunia desain grafis, kira-kira inilah peluang kerja yang bisa kamu dapatkan setelah lulus.

1. Perusahan Branding

Buat pada calon desain grafis yang tertarik untuk membuat desain logo perusahaan dan segala perlengkapan seperti baju, template presentasi dan lain-lain, dia bisa memilih bekerja di perusahaan branding. Dia akan terlibat dari hulur ke hilir untuk membuat branding image perusahaan secara visual dan bahkan menulis manualnya.

Mereka yang tertarik di bidang ini tidak hanya perlu dibekali dengan kemampuan desain yang mumpuni. Mereka perlu memahami konsep pemasaran dan cara mengkomunikasikan sebuah brand lewat gambar.

 

2. Perusahaan media massa

Kata-kata itu penting dan gambar akan mempermudah pembaca untuk lebih gampang memahami. Perusahaan media massa yang dimaksud adalah majalah, surat kabar, televisi dan lain sebagainya. Perusahaan ini sudah banyak berpindah haluan dari offline menjadi online untuk menjangkau lebih banyak pembaca.

Mereka yang bekerja di perusahaan media perlu mengerti cara membuat infografis dan layout yang menarik baik di majalah maupun situs. Mereka juga baiknya memahami tentang cara desain dan kerja website untuk optimal bekerja di industri yang satu ini. Kita yang mau bekerja di industri ini harus siap-siap lembur karena berita perlu selalu kekinian.

 

3. Industri Periklanan

Siapa yang akan memperhatikan iklan dengan gambar yang buruk? Justru iklan perlu dibuat semenarik mungkin agar orang-orang yang melihatnya bisa tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Untuk itulah desain grafis sangat dibutuhkan buat orang-orang yang bekerja di periklanan. Mereka juga banyak membuka peluang internship.

Kita yang bekerja di biro iklan akan terlibat dalam pembuatan iklan dari konsep hingga menjadi barang jadi atau iklan secara offline ataupun online.

Rata-rata biro iklan yang sukses di Indonesia adalah perusahaan multinasional dan menawarkan gaji yang cukup tinggi. Namun mereka juga menuntut kerja yang efektif dan cepat karena proyek mereka banyak sekali. Pengalaman bekerja di tempat ini akan sangat membantu buat kita yang ingin sukses di dunia desain grafis.

 

4. Perusahaan penerbit

Cover yang menarik orang-orang untuk membelinya. Sekalipun ada istilah “Don’t judge the book by its cover”, namun tampak depan meningkatkan minat calon pembeli. Selain cover, graphic designer juga agar banyak belajar menata layout buku dna memilih jenis huruf agar enak dibaca.

Pada saat menatanya, kita pasti akan membaca buku-buku tersebut baik teks maupun gambar. Kalau kamu tidak terbiasa dengan kegiatan membaca, kita sebaiknya menjauhi kerjaan yang satu ini.

 

5. Perusaan digital agency

Digital agency adalah perusahaan yang memastikan kehadiran sebuah produk di dunia digital. Orang-orang perlu bisa menemukan produk tersebut di mesin pencarian, sosial media dan masih banyak lagi. Selain memastikan traffic dan pembelian meningkat di situs, mereka juga memastikan proyek mereka memiliki gambar yang mumpuni tapi juga mengkomunikasikan produk.

Mereka yang bekerja sebagai desain grafis digital agency perlu memahami ukuran-ukuran layout di komputer, mobile dan aplikasi-aplikasi sosial media. Mereka juga perlu bekerjasama dengan keseluruhan tim untuk menyampaikan pesan terkini dari klien-klien mereka di dunia digital.

Pemahaman tentang digital marketing, situs dan cara kerjanya akan membantu calon graphic designer untuk diterima di perusahaan ini.

 

6. Perusahaan pengembang game

Desain grafis bisa mengembangkan karier di perusahaan pengembang game. Kita tidak hanya membuat logo dan desain untuk pemasaran. Bila kita mau, kita bisa kembangkan kemampuannya menjadi animator atau motion graphic designer.

Mereka bisa belajar tentang gambar 2D, 3D, pembuatan gambar latar, coding dan menguasai beberapa aplikasi untuk membuat model game. Kalau memang tertarik dunia pembuatan game, tidak ada salahnya untuk mengembang karier di sini.

 

7. Perusahaan umum

Kebutuhan akan desainer grafis juga sudah merambah ke perusahaan-perusahaan umum seperti retail dan lain-lain. Beberapa dari mereka bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan seperti digital agency, branding dan lain sebagainya. Namun tidak jarang mereka sudah memiliki timnya sendiri agar mereka bisa berkomunikasi lebih mudah.

 

Kita bisa melihat banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis. Bahkan sekarang banyak orang yang membuka usaha desain grafis karena permintaan yang membludak. Dan kebutuhan ini akan terus meningkat hingga tahun 2020.

Peluang kerja desain grafis ini ke depannya juga akan semakin membutuhkan spesialis karena banyaknya kompetitor di industri yang sama. Kita perlu terus menerus mengasah kemampuan dan yakin jenis pekerjaan yang kita mau ke depannya.

Semoga informasinya berguna buat kita semua. Buat Anda sebagai orang tua yang sedang mempertimbangkan karier desain grafis, animator dan video game untuk anak, bisa mempersiapkan mereka untuk mengikuti kelas coding dan animasi di iBiG Academy. Silahkan hubungi 0812-1177-8838 untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas-kelasnya.

Posted in: Coding Anak

Comments (One Response )

Trackbacks/Pingbacks

  1. 8 Lowongan Kerja Desain Grafis Buat Lulusan Fakultasnya - iBig Academy - 23 Januari 2019

    […] tua yang ingin mempersiapkan anak-anaknya untuk memiliki peluang kerja desain grafis, bisa memasukkan mereka ke kursus coding anak. Di dalam kursus ini, anak-anak akan belajar coding […]

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us