Search

+
soft-skills
Belajar Coding Bisa Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Berkomunikasi tidak sama dengan berbicara. Berbicara berarti anak bisa mengeluarkan kata-kata dan melafalkannya. Namun berkomunikasi adalah menyampaikan apa yang ada di benak kepada orang lain. Dan orang lain memahaminya. Jadi soft skills yang satu ini bukan sekedar berbicara.

Berkomunikasi adalah sebuah kemampuan yang banyak dicari. Alasannya anak-anak ini ke depannya akan presentasi, negosiasi atau berkenalan dengan orang-orang besar. Bagi Anda yang sudah bekerja dan berbisnis pasti menyadari betapa pentingnya soft skills yang satu ini.

Bagusnya belajar coding yang bisa dimulai dari masa kanak-kanak ini. Koneksi antara menulis coding, belajar bahasa dan menulis bisa membantu anak-anak ekspresikan idenya dengan jelas. Sebuah kemampuan yang kadang jarang dikembangkan di sekolah. Yuk cari tahu lebih lanjut.

1. Anak-anak menggunakan logika berkomunikasi

Kemampuan untuk memecahkan masalah besar ke pecahan-pecahan yang lebih kecil itu penting untuk komunikasi. Dan kapabilitas ini bisa digunakan untuk berinteraksi untuk orang lain. Ketika anak-anak berkomunikasi dengan komputer lewat coding, anak-anak perlu berpikir cara ekpresikannya.

Saat programming, anak-anak perlu memutar otak cara paling jelas dalam menyampaikan idenya. Setelah itu dia harus dengan hati-hati mengetik bahasa programming ke dalam komputer. Komputer sendiri juga tidak bisa mengerti atau menebak bila anak-anak kurang menyampaikan info. Jadi anak-anak harus memasukkan bahasa komputer dengan rapi.

Logika berkomunikasi sangat berguna ketika kita ngobrol dengan orang secara pribadi atau bisnis. Tipe komunikasi ini akan membantu kita menjelaskan poin-poin dengan tepat dan akurat. Komunikasi yang efektif adalah kemampuan yang kudu dimiliki dan belajar coding untuk anak.

Selain itu anak-anak yang memahami konsep coding juga secara tak langsung belajar bahasa universal. Sekalipun programming language bisa berbeda-beda, namun konsep dan tatanannya tidak berbeda jauh. Jadi sesama orang yang memahami coding bisa berinteraksi dengan baik.

 

2. Anak-anak mempelajari bahasa baru

Banyak sekolah yang memasukkan bahasa asing dalam kurikulumnya. Sebut saja bahasa Inggris, Mandarin, Jepang dan lain-lain. Mereka mengerti pentingnya bahasa untuk pergaulan anak-anak yang semakin go international. Dan coding sendiri juga seperti mempelajari bahasa baru. Inilah persamaannya.

Ketika anak-anak mempelajari bahasa asing, mereka lebih mudah memahami tatanan bahasa kita sendiri. Programming juga membantu anak-anak untuk mengenal dan mengorganisir komunikasi lewat pola bahasa. Bahkan penemuan menarik menyatakan, aktifitas anak saat belajar coding anak lebih seperti belajar bahasa dibanding matematika.

Alasannya bahasa komputer itu literal. Coding membutuhkan anak-anak untuk berpikir “Apa, Kenapa dan Bagaimana” berkomunikasi. Jadi anak-anak pun lebih pintar berkomunikasi.

 

3. Anak-anak terasah kemampuan menulisnya

Coding meningkatkan kemampuan menulis anak. Anak-anak yang tidak senang menulis justru sangat terbantu lewat pembelajaran bahasa programming. Mereka jadi teroganisir dan gampang mengolah informasi untuk menghasilkan sesuatu. Suatu kemampuan yang dibutuhkan untuk membuat kerangka menulis.

Ketika anak-anak menulis, mereka diminta untuk ekspresikan ide yang sulit dengan cara sederhana. Setiap penulis yang hebat harus bisa memiliki kemampuan tersebut. Bahkan ada hubungan yang erat antara menulis dan programming.

Orang tua akan sangat terbantu bila anak Anda mau menulis. Dan kegiatan melakukan sesuatu yang disukai; membuat game dan menulis secara bersamaan sangat menolong anak Anda. Jadi anak-anak nanti bisa menjadi programmer dan penulis secara bersamaan.

 

Kemampuan berkomunikasi sangat penting dan sebuah kebutuhan untuk hidup baik sekarang ataupun masa depan. Biasanya kemampuan ini baru bisa didapat dengan banyak interaksi dan memasuki dunia kerja. Namun coding sudah membantu dalam persiapan anak sejak dini untuk menyongsong masa depannya.

Coding juga membantu anak mendapatkan soft skills seperti fokus, gigih dan lain-lain. Untuk penjelasannya, Anda bisa membuka artikel di blog iBiG Academy. Buat Anda yang ingin tanya jawab tentang kursus coding di daerah Serpong, silahkan chat dengan customer service kami.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us