Search

+
Belajar Coding Efektif Meningkatkan Kecerdasan Anak. Mau Bukti
Belajar Coding Efektif Meningkatkan Kecerdasan Anak. Mau Bukti?

Memasukkan anak ke lembaga kursus bahasa sudah biasa. Yang menjadi trend terbaru saat ini adalah kursus coding untuk anak. Banyak orang tua yang sudah sadar penting anak belajar coding. Mereka mengerti betapa belajar coding itu bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Ini tidak hanya sebatas keterampilan. Seperti contoh kursus bahasa Inggris. Bisa dikatakan ini sebatas keterampilan. Lain hal dengan coding. Dengan belajar coding, kecerdasan anak secara keseluruhan akan meningkat. Tidak hanya ia akan bisa melakukan coding. Orang tua akan melihat perkembangan anak di bidang lainnya.

Sekilas Mengenai Apa Itu Coding

Jika Anda orang tua, pasti ingin sekali melihat anak berkembang. Dan sangat tepat sekali jika sedini mungkin Anda mengenalkan banyak hal kepada sang buah hati.  Dengan satu tujuan, yaitu mencari apa yang disenangi oleh sang buah hati.

Bisa jadi anak suka hal-hal yang berbau dengan komputer atau digital. Toh sekarang ini sudah eranya digital. Dan ketika anak sudah dewasa nanti, digital menjadi bagian penting dari hidupnya.

Maka dari itu, tidak salah jika Anda memasukkan anak ke sekolah coding untuk anak. Ini merupakan sekolah yang akan mengenalkan lebih dalam mengenai coding kepada anak.

Mungkin Anda sebagai orang tua masih ragu apakah ini benar-benar bagus untuk anak Anda atau tidak. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus ketahui dulu apa itu coding.

Coding itu merupakan bahasa yang digunakan di dalam komputer atau device untuk membuat sebuah aplikasi. Misalnya saja sekarang ada aplikasi game, ecommerce, dan lain sebagainya. Semua itu memiliki podasi berupa code. Dan proses membuat pondasi tersebut disebut dengan coding.

“Bukannya ini pelajaran untuk orang dewasa?” Mungkin itu yang ada di pikiran Anda. Benar sekali. Sekitar 10 tahun yang lalu, coding seolah hanya menjadi pelajaran orang dewasa. Coding hanya diajarkan di kampus. Namun, sekarang coding bisa diajarkan kepada anak kecil. 

Bahkan, ini sangat penting jika Anda ingin meningkatkan kecerdasan anak. Dengan memasukkan anak ke tempat kursus coding, anak tidak hanya akan biasa pintar coding. Tapi hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan kecerdasan di bidang yang lain.

Dua Alasan Utama Mengapa Coding Mencerdaskan Anak 

“Apa benar coding bisa meningkatkan kecerdasan anak?” Tentu Anda tidak mau menerima begitu saja. Anda juga ingin tahu apa alasan di balik hal tersebut.

Coba Anda jawab dulu. Apa yang Anda pahami tentang akan yang cerdas? Apakah anak yang bisa menghafal banyak hal? Tentu saja bukan. Itu hanya bagian kecil dari apa yang disebut dengan kecerdasan.

Anak yang cerdas itu anak yang mandiri dan selalu belajar. Belajar dalam arti mencari sesuatu hal yang baru. Dan dalam proses pencarian sesuatu hal yang baru, bukan tidak mungkin ada masalah. Namun, anak yang cerdas tidak berhenti. Ketika ada masalah, mereka akan mencari tahu solusinya.

Dua hal tersebut (kemandirian dan memecahkan masalah) menjadi apa yang dipelajari saat anak kursus coding.

Belajar Kemandirian 

Di sekolah coding, anak memang diajari bagaimana cara coding. Namun, bukan hanya tahu coding saja. Mereka juga akan belajar kemandirian. Karena saat belajar coding, mereka tidak dituntun dari awal. Mereka hanya diajarkan konsep dasar coding. Lalu, setiap akan akan diarahkan untuk membuat sebuah project.

Project apa? Misalnya saja coding untuk membuat game sederhana. Jadi, setiap anak yang ikut kelas coding untuk anak akan punya project yang mereka desain sendiri dari awal hingga akhir. Inilah yang membuat akan belajar kemandirian. Dan Anda pasti setuju jika kemandirian akan meningkatkan kecerdasan anak, bukan?

Beda dengan anak yang terus menerus dituntun. Kapan anak cerdas jika selalu dibantu oleh orang lain?

 Belajar Memecahkan Masalah

Ini yang tak kalah penting lagi. Ambil contoh saja anak membuat project game sederhana miliknya sendiri. Dalam sebuah game, tentu ada tujuan atau goal. Misalnya saja untuk melewati level tertentu, maka harus mendapatkan poin. 

Di saat anak mendesain gamenya sendiri, ada masalah. Yaitu bagaimana bagaimana level dibuat. Dan bagaimana cara pemain game bisa mendapatkan game. Masalah tersebut harus dipecahkan oleh anak dengan coding.

Dengan kebiasaan seperti ini, pastinya kegiatan belajar coding bisa meningkatkan kecerdasan anak. Kebiasaan memecahkan masalah akan juga diterapkan di dunia nyata. Bukan hanya ketika anak belajar coding.

Nah, pilihan yang tepat kan untuk memasukkan sang buah hati ke kelas coding anak?

Haruskah Anak Anda Masukkan ke Kursus Coding Anak?

Sebenarnya tidak harus. Namun, jika Anda melihat tuntutan zaman saat ini, sepertinya anak perlu sekali belajar tentang coding. 

10 tahun yang lalu misalnya, anak sudah hebat jika bisa mengoperasikan komputer. Sekarang, mengoperasikan komputer sudah bisa dilakukan oleh anak kecil tanpa harus kursus. 

Sekarang, anak sudah tidak lagi butuh kursus komputer. Mereka butuh kursus coding sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini dan yang akan datang.

Akan tetapi, tentu saja Anda sebagai orang tua tidak boleh memaksakan kehendak. Sebaiknya Anda kenalkan dulu apa itu coding. Atau Anda melihat anak suka sekali dengan game. Anda takut anak kecanduan game. Mengapa Anda tidak mengoptimalkan saja dengan cara memasukkan anak ke kelas coding? Jadi, anak tidak hanya sebagai penikmat game tapi juga pencipta game.

bisa jadi ada bakat coding di dalam diri sang buah hati. Jadi, lihat apakah ada ketertarikan dengan hal yang berbau digital. Jika ya, silakan saja masukkan anak ke sekolah coding. Toh bukan hanya coding saja yang bakal anak pelajari. Kegiatan coding akan meningkatkan kecerdasan anak seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us