Search

+
agar-anak-cerdas
Berkenalan dengan Anak Kecerdasan Linguistik

Anak-anak di iBiG Academy dengan kecerdasan logika sangat tertarik memberikan pertanyaan. Maka anak-anak yang memiliki kecerdasan linguistik senang bercerita. Agar anak cerdas bahasa ini lebih meningkat kemampuannya, kita cukup melemparkan satu pertanyaan dan kita akan dibawa ke dalam dunia imajinasi mereka.

Pemilik intelgensi linguistik biasanya memiliki kesenangan membaca. Mereka suka mengumpulkan kosakata yang baru. Baik itu persamaan, majas, antonim dan sebagainya. Mereka tertarik pada struktur dan susunan kata-kata dalam puisi, rima, pelafalan dan lain sebagainya.

Identifikasi anak dengan inteligensi bahasa ini tidaklah sulit di Indonesia. Alasannya, kebiasaan membaca buku bukanlah gaya hidup orang Indonesia. Kalau kita menemukan anak yang senang berjam-jam memperhatikan bacaan baik e-book, artikel atau menulis, kemungkinan besar dia memiliki kemampuan linguistik.

Si kecil yang memiliki kepintar berbahasa ini memiliki keungulan di sekolah tradisional. Salah satu kelebihan anak-anak ini adalah mereka memiliki kemampuan menghafal yang cukup kuat. Mereka suka membaca, menyimak dan mencatat. Untuk mencari tahu apakah anak-anak Anda termasuk salah satunya, mari kita mencari tahu karakternya lebih detail lagi.

Karakter anak-anak yang memiliki integensia bahasa
  1. Mereka sangat suka berbicara. Bahkan ketika tidak ada orang yang mendengarkan, mereka tetap berbicara
  2. Mereka tidak bisa berhenti berbicara. Mereka senang mengeluarkan isi kepala dan hati kepada orang-orang yang ditemuinya
  3. Mereka senang membuat catatan untuk diri mereka sendiri terutama saat di kelas
  4. Mereka sering terdistraksi oleh kata-kata yang tiba-tiba muncul di pikiran mereka
  5. Mereka memiliki kemampuan mengajar orang lain. Mereka senang berbagi informasi yang telah mereka terima.
  6. Mereka suka membaca dan kemampuan bahasa mereka di atas rata-rata anak-anak lainnya. Mereka juga kaya akan kosakata karena banyak diksi yang diterima
  7. Ketika mereka diminta menulis, mereka akan sangat senang. Dan catatan mereka mudah dimengerti
  8. Mereka memiliki ingatan yang bagus. Baik kata-kata yang mereka pernah baca atau dengar
  9. Mereka berbicara dengan penuh percaya diri dan bisa menyampaikan dengan teratur.
  10. Mereka tertantang untuk belajar bahasa baru. Anak-anak ini juga lebih mudah mempelajari bahasa yang belum pernah didengar
  11. Anak-anak ini adalah komunikator yang bagus baik secara lisan maupun tulisan

 

Dari bayi, kita bisa melihat kecerdasan bahasa pada anak-anak. Mereka tampaknya selalu berusaha berbicara. Setelah mereka bertumbuh besar, kesenangan berbicara ini bertumbuh lebih pesat lagi. Kesenangan ini juga kadang membuat mereka terlibat dengan masalah. Misalkan gosip, mengejek atau memberikan julukan kepada teman-teman sebayanya.

 

Dia memiliki banyak teman karena kemampuannya untuk membujuk. Atau menambah musuh karena suka kegiatan berdebat. Anak-anak ini senang bila dia yang mendapatkan kata-kata terakhir dalam berbicara.

Ketika diminta berbicara di depan panggung, baik itu pidato ataupun membacakan puisi, mereka akan memberi diri dengan sukarela. Mereka juga jago memberi kata-kata penguatan bila diarahkan. Mereka adalah pemberi instruksi yang bagus baik secara lisan maupun tulisan.

Profesi anak-anak yang suka linguistik ini tidak terbatas menjadi pembicara atau penulis saja. Mereka juga bisa menjadi guru, ahli bahasa, penerjemah, pengacara, pembawa berita atau wartawan.

 

Tips mengasah kecerdasan berbahasa
1. Kita perlu memberikan telinga kepada mereka

Kita tidak hanya sekedar mendengarkan namun juga menyimak setiap perkataan dari anak-anak ini. Pemilik intelgensi linguistik ini memiliki kebutuhan untuk didengar. Jadi kita perlu menyediakan waktu untuk mendengarkan cerita, ide dan penjelasan dengan rasa antusias. Kita bisa mengajukan pertanyaan balik agar mereka menangkap kita sedang memperhatikan mereka.

Anak-anak ini mungkin terkesan bawel dengan celotehnya yang tidak bisa berhenti. Kita tidak bisa melarang dia berbicara karena akan mematikan potensi dalam dirinya. Jadi kita bisa mengarahkan pembicaraannya lebih terarah dan berikan mereka batasan waktu.

2. Memberi kesempatan kepada mereka untuk berbicara di dalam rumah

Lewat perkataan, kita bisa melihat informasi yang dimiliki anak tersebut dan cara berpikirnya dalam menarik kesimpulan. Ketika mereka sedang di rumah, ajaklah mereka untuk diskusi buku, film atau materi yang dibagikan di kelas.

3. Kembangkan kecerdasannya di luar rumah

Ketika mereka berada di di luar rumah, kita bisa mengikutkan dia ke kursus. Misalkan kelas public speaking, kelas bahasa Inggris, Jerman atau kelas coding kami.

Anda mungkin kaget, kenapa programming juga termasuk dalam bahasa baru? Bahasa coding sudah dianggap sebagai salah satu bahasa baru di era teknologi. Penelitian juga membuktikan kecerdasan linguistik anak meningkat drastis saat mereka belajar coding. Nah, buat yang tinggal di daerah BSD, Anda bisa mengikutkan anak-anak ke free trials di iBIG Academy dulu.

Kalau tidak, mereka bisa diajak ikut terlibat di perkumpulan baca buku, menulis, mengajarkan adik membaca atau membacakan buku ke orang yang lebih tua..

4. Bermain game

Anak-anak ini senang menguji kemampuan bahasa mereka. Mereka selalu ingin menunjukkan perkembangannya. Salah satu cara terbaik untuk memperlihatkannya adalah bermain game yang berkaitan dengan huruf. Beberapa di antaranya adalah Scrabble, teka-teki silang, mencari kata-kata yang dia ketahui sebanyak mungkin di gadget.

5. Menyediakan buku selalu

Kita bisa membelikan buku-buku kepada mereka. Kita perlu menyensor bacaan yang sesuai dengan usia dan kemampuan membacanya. Buku tersebut tidak melulu harus buku pelajaran. Kita bisa membelikan buku dongeng, novel sci-fi, komedi dan tokoh dunia. Selain itu buku-buku ini adalah teman yang baik bagi mereka saat kita mengajak mereka bepergian.

6. Menyediakan jurnal

Beberapa anak dengan kecerdasan linguistik kadang lebih memilih untuk mengekspresikan perasaan dan pikirannya lewat bahasa tulisan. Kita bisa menyediakan buku tulis dan pulpen berwarna untuk menuliskan isi hatinya.

 

Semua tips di atas ini bisa dipraktekkan di rumah agar anak cerdas. Apakah Anda telah menemukan kecerdasan unik anak Anda?

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us