Search

+
cara-membuat-akun-instagram
Cara Membuat Akun Instagram Dan Fitur-fiturnya

Siapa yang tidak tahu Instagram? Aplikasi yang satu ini telah memiliki pengguna aktif hingga 1 Milliar orang di Indonesia. Merasa ketinggalan? Buat kamu-kamu yang belum punya, iBiG Academy akan mengajarkan cara membuat akun Instagram mu.

Akun Instagram itu tidak sulit dibuat. Kita cukup memiliki perangkat telepon seperti Android atau iPhone. Kami lebih menyarankan pendaftaran di handphone dibanding situs. Alasannya, kami sering mengalami kendala pada saat verifikasi di PC.

 

Registrasi Instagram

Nah, tidak usah berlama-lama lagi, inilah langkah-langkah membuat akun Instagram:

  1. Membuka Google Playstore atau App Store
  2. Carilah aplikasi Instagram dan lakukan instalasi ke handphone. Pastikan internet dalam kondisi nyala.
  3. Setelah proses instalasi selesai, klik gambar Instagram yang terpampang di layar menu handphone
  4. Kita akan mendapat pilihan Log in with Facebook, Sign up with email or phone no dan Login.
    1. Log in With Facebook mengarahkan kita ke halaman Facebook. Kita tinggal memasukkan email atau no telepon yang sudah terdaftar di Facebook serta password
    2. Sign up with email or phone no mengarahkan kita ke halaman pendaftaran standar untuk memasukkan nomor telepon atau email
    3. Login bisa menjadi pilihan bila seseorang telah membuatkan akun Instagram buat kamu.
  5. Tahapan berikutnya, kita akan membahas lebih ke Sign Up with email or phone number. Masukkan email atau no telepon kita yang valid atau bisa digunakan.
  6. Selanjutnya, kita akan masuk ke halaman user name dan password. Buatlah user name yang tidak alay. Karena user name kita akan dlihat oleh orang banyak. Password juga dibuat sulit namun mudah diingat, agar tidak gampang di hack.
  7. Kita akan dihadapkan dnegan pilihan Continue and Sync with Contacts atau Continue and Sync without Contacts. Contacts yang dimaksud di sini adalah data-data no telepon atau email yang tersimpan di handphone. Bila kita memilih With maka IG akan otomatis menemukan akun IG mereka bila ada.
  8. Selanjutkan masukkan foto dari handphone atau Instagram siap digunakan.

 

Melengkapi Profil

Pada bagian bawah gambar, ada tulisan Complete Your Profile.

  • Add Bio: Kita memasukkan kata-kata yang menggambarkan diri kita. Tidak usah panjang. Dia cuman muat 150 kata soalnya
  • Find People to Follow: kalau tadi kita memilih Continue and Sync with Contacts, maka daftar akun IG teman-teman kita pasti akan ada muncul di sini. Kita tinggal klik follow saja. Mau follow orang terkenal yang disarankan oleh Instagram juga bisa. Klik tab Suggested di bagian kiri atas layar

 

Mencari Sohib dan Gebetan di Instagram

Bagaimana kalau teman, keluarga, sahabat, gebetan dan idolamu tidak terdaftar di halaman tadi? Kita bisa klik gambar kaca pembesar di bagian bawah layar.

Pada kaca pembesar ini adalah gambar instagram dan IGTV yang sedang tren. IG juga telah membantu kita kategorisasi berdasarkan hobi. Data ini akan berubah setelah IG menganalisa jenis-jenis akun yang kamu follow.

Untuk menemukan temanmu, di bagian atas ada tulisan Search. Masukkan nama yang ingin kamu temukan dan IG akan sortir nama-nama akun di daftar mereka. Kalau sudah menemukan, klik namanya. Lalu klik Follow di profil dia.

Pencarian ini tidak terbatas ke nama orang saja. Kita akan memilih berdasarkan #hashtag paling populer atau nama tempat.

Kita juga bisa melakukan pencarian dengan menggunakan Name Tag. Kembali ke halaman kaca pembesar, di bagian kanan atas ada sebuah gambar kecil. Klik dan masukkan nametag IG teman kita.

 

Sst… Privasi

Sebelum kita berfoto ria dan kaget menerima Like dari orang tidak dikenal, kita kudu melindungi akun kita. Kita tinggal klik foto kita di bagian kanan bawa aplikasi. Setelah itu klik gambar tiga garis di sisi kanan atas. Nanti akan muncul gambar gerigi di sisi kanan bawah.

Di bagian gerigi bertuliskan Setting itu ada pilihan Account Privacy. Bagian ini memungkinkan orang-orang tidak dikenal melihat gambar kita. Selain itu kita juga bisa mengatur apakah orang boleh komentar gambar kita, mengirimkan gambar Story kita ke orang lain dan masih banyak lagi.

Masih banyak pengaturan di bagian Settings ini, tetapi kamu pasti perlu buru-buru upload foto kan. Nah, lanjutkan di sini ya.

 

Upload Photo atau Stories

Lagi tampak keren? Atau ada suasana yang ingin semua orang lihat? Kita tinggal klik tombol + di bagian tengah bawah aplikasi. Kita bisa upload foto atau gambar yang sudah ada di handphone atau langsung on the spot.

Setelah itu, kita bisa filter foto (dan hanya berlaku di foto) dengan tematik yang kita mau. Buat kita yang suka mengutak atik gambar, kita bisa klik “edit”. Klik “Next” di bagian atas gambar dan masukkan caption, lokasi dan lain sebagainya. Setelah itu klik Share.

Kalau kita ingin share Stories, klik gambar kita di sisi kiri atas dengan tanda +. Pilih jenis storiesnya, apakah berupa tulisan, foto, video live, boomerang dan seterusnya. Lanjutkan dengan klik Send to dan pilih “Your Story” dengan menekan tombol Share di sisi kanan.

 

Etika Ber-Sosmed

Bagian yang satu ini jangan kita pura-pura gak lihat ya. Pada saat bersosmed, upload foto yang sopan untuk menghindari komentar-komentar miring. Setelah itu bersikaplah ramah dan sopan pada komentar yang masuk. Kalau gak sesuai, hapus aja komennya. Mampir ke profil tetangga juga bersikap yang sama yak. Selamat bersosmed!

 

Buat kamu yang ingin mempelajari tentang akun Instagram Business, tunggu artikel selanjutnya dari iBiG Academy. Atau ikutin aja kursus social media kita di BSD.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us