Search

+
cara menjadi endorse
Cara Menjadi Selebgram dengan Endorse Bejibun

Populer dan berlimang harta di usia muda, bukan lagi hanya angan. Saat ini menjadi selebgram merupakan ladang bisnis yang menggiurkan. Apa itu selebgram? Mereka adalah orang-orang populer di Instagram yang memiliki lebih dari 20.000 followers dan memiliki pengaruh untuk mendorong tindakan atau gagasan baru untuk followersnya.

Selebgram bisa dibilang adalah sebuah profesi yang baru. Pekerjaan ini tidak main-main, nilainya cukup fantastis. Bahkan pemerintah berencana menerapkan pajak terhadap selebgram lantaran mereka meraup pundi-pundi uang dalam jumlah besar.

Bagaimana Selebgram melakukan pekerjaannya?

Ada alasan tersendiri mengapa perusahaan besar juga tertarik untuk beriklan dengan sistem endorse. Pasalnya Rade Tampubolon, CEO SociaBuzz pernah mengatakan bahwa biaya endorse lebih murah dibandingkan biasa beriklan di media massa.

Ditambah lagi, iklan endorse cenderung merekomendasikan produk. Beberapa riset menyebutkan bahwa rekomendasi dari orang yang dikenal memiliki pengaruh yang lebih kuat. Para selebgram sebenarnya memanfaatkan kepercayaan followersnya untuk menawarkan produk.

Nah, untuk memiliki trust dari followers ada beberapa hal yang harus dilakukan selebgram. Anda juga bisa menjalankan tips berikut ini loh:

Konsisten

Ada pepatah mengatakan bagian yang tersulit adalah mempertahankan daripada mendapatkan. Ketika Anda memiliki banyak followers, bagaimana Anda mempertahankan pencapaian tersebut?

Apabila Anda baru saja memulai, buatlah konten dengan konsisten dan selalu bereksplorasi. Selalu update dan mem-posting hal-hal baru yang menarik agar followers tidak bosan. Tidak ada proses yang instan untuk hasil yang longlasting.

Bangun brand image atau kesan yang ingin Anda tampilkan ketika seseorang mendengar nama Anda. Pertahankan brand image yang sedang Anda bangun. Anda perlu konsistensi untuk membuat orang-orang lebih mengenal Anda.

Kreatif

Orang-orang menyukai konten yang diluar pemikiran biasa. Sering dengar bukan bahwa kreativitas tanpa batas? Tapi, bagaimana Anda bisa jadi kreatif kalau berhenti?

Anda harus menemukan konten seperti apa yang paling Anda sukai dan menentukan bagaimana Anda ingin dikenal orang. Misalnya Anda ingin menjadi beauty vlogger atau menyukai street photography. Bagikan konten tutorial make up atau tips memotret ala street photoghrapher.

Enaknya jadi selebgram, Anda bisa sekaligus mengeksplor diri. Asal jangan menghentikan apa yang telah dibangun, ide dan inspirasi bisa datang dari mana saja, kok.

Feedback

Selain harus mendekatkan diri kepada Tuhan, jalin hubungan Anda dengan followers. Dengarkan apa yang ingin mereka lihat dari konten Anda. Ini bisa menjadi ide untuk membuat konten selanjutnya loh.

Dengan adanya aktivitas atau interaksi di Instagram Anda, algoritma dari Instagram akan membantu Anda untuk go public. Bisa jadi konten Anda muncul di feeds Instagram dari relasi followers. Dijamin followers Anda makin meningkat!

Open Paid Promote (PP Endorse)

Nah, ini istilah yang sering dipakai para selebgram. Mereka membuka slot untuk promosi berbayar yang akan ditayangkan di Instagram. Masing-masing selebgram memiliki aturan dan harga yang berbeda-beda.

Biasanya banyak brand yang mengantre untuk melakukan kerjasama dengan endorser. Saking banyaknya permintaan, para selebgram memiliki admin tersendiri untuk mengatur jadwal dan orderan yang masuk.

Mereka punya jadwal posting sendiri. Bisa memakan waktu yang lama memang jika sedang padat-padatnya. Belum lagi menunggu produknya datang, memikirkan konsep dan eksekusi pembuatan iklan. Apalagi jika endorser memiliki project yang keuntungannya jauh lebih besar, bisa jadi perhatian mereka akan terfokus ke brand tersebut, mungkin karena terikat kontrak juga.

Jadi, jika Anda ingin mengiklankan produk pada selebgram, pikirkan lagi resiko di atas. Bersabarlah dan ikuti peraturan kerjasama dari mereka. Anda dapat mencari informasi mengenai tarif dan catatan khusus kategori iklan dari influencer marketing platform. Seperti SociaBuzz, Inbuzz, dan GoViral.

Itu dia penjelasan mengenai fenomena selebriti Instagram. Sekarang Anda telah memahami apa itu selebgram dan bagaimana mereka melakukannya. Bila Anda tertarik untuk mempelajari teknik digital marketing lainnya di media sosial, Anda bisa mengikuti kelas social media khusus pengusaha dan professional di iBiG Academy, Ruko The Icon Business Park unit E7.

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us