Search

+
endorse instagram
Dibalik Kilas Bisnis Endorse: Makelar Endorse

ibigacademy.com – Sejak ada Instagram, banyak model bisnis yang berkembang cukup pesat. Baik model bisnis dan produk best seller, keduanya sangat terbantu dengan kehadiran Instagram. Usut punya usut, ada peranan para influencer loh! Mereka pun terbagi ke dalam beberapa kategori seperti makro dan micro influencer.

Nah, sejak kemunculan para influencer tersebut ada istilah yang namanya endorsement. Belakangan pun sistem endorse terbagi lagi jadi paid endorse dan paid promote. Kalau kita menggedorse berarti kita menggunakan jasa mereka untuk membuat konten dengan produk kita, mereka pun wajib untuk membagikannya di beberapa media sosial, sementara untuk promote, kita sudah menyediakan kontennya sehingga mereka cuma tinggal publish.

Di media-media sosial berbasis berbagi gambar ini, konsumer benar-benar merasa bisa mengakses idola-idola mereka. Lain dengan era radio dan televisi di mana ada yang menjadi perantara atau medium di antara konsumer dengan idola yang menjadi bintang iklan.

Sehingga hal itu memungkinkan para sponsor berinteraksi dengan audiens target mereka dengan cara yang tak bisa dicapai oleh periklanan tradisional. Maka, permintaan dari para pemasar untuk saluran-saluran ini membuat media sosial menjadi wilayah menguntungkan bagi mereka yang pengikutnya banyak.

Keuntungan Menggunakan Bisnis Endorsement 

Endorsement merupakan salah satu strategi pemasaran online yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Alasan utama pemilik online shop menggunakan cara endorsement adalah untuk mempromosikan produk yang mereka jual dan penjualan yang meningkat. Berikut adalah beberapa keuntungan endorsement yang perlu Anda ketahui sebagai pebinis online

a. Media Promosi

Melakukan endorsement adalah cara yang efektif dan berdampak positif. Dengan Anda menlakukan endorse produk kepada selebgram, produk Anda akan dikenal lebih luas. Karena followers selebgram akan memperhatikan produk yang diposting melalui akun selebgram tersebut. Dari sinilah biasanya Anda akan mendapatkan tambahan followers, like, dan order-an.

b. Hemat Biaya Pemasaran Produk

Anda tak perlu lagi menyiapkan dana pemasaran produk, Anda hanya perlu mencari selegram yang berpotensi dan kira-kira cocok dengan produk Anda. Cara ini lebih menekan biaya dari pada harus mempromosikan lewat iklan lainnya. Misalnya televisi, radio, maupun media cetak seperti koran dan majalah.

c. Peningkatan Order

Followers selegram yang melihat postingan tersebut tentu juga melihat produk Anda. ini memberikan kesempatan besar untuk orang tertarik dengan produk Anda. Karena biasanya seorang public figure akan menjadi tren center para fans-nya. Dengan demikian kemungkinan Anda mendapatkan peningkatan penjualan akan sangat tinggi.

Para selebgram juga biasanya mematok tarif untuk sekali endorse. Semakin banyak jumlah followers, tarif yang dikenakan akan semakin tinggi. Banyak pelaku bisnis online shop yang menggunakan cara endorsement ini untuk mempromosikan produk mereka.

Makelar Endorse

Sayangnya, tidak semua pelaku bisnis online memiliki akses untuk menghubungi para artis dan selebgram tersebut. Nah, peluang inilah yang diambil oleh makelar endorse. Ya, nama bekennya manajemen yang menaungi endorsement. Tugasnya, menjembatani para pelaku bisnis online shop dengan artis yang dituju.

Omzet bersih yang didapatkan dalam sebulan sekitar 20 sampai 50 juta. Itu sudah dipotong biaya operasional, sewa make up artis, fotografer dan videografer. Bisnis makelar endorse artis ini masih sangat menjanjikan mengingat online shop yang terus berkembang dan metode endorse yang masih diminati masyarakat. Di sisi lain, endorse artis jauh lebih murah ketimbang harus mengiklan lewat media massa seperti koran atau televisi.

Tahu kan, seperti A Team Management milik selebgram Awkarin. Bagaimana, apakah Anda ingin jadi selebgram yang diendorse atau menjadi makelar endorsement?

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us