Search

+

FREQUENTLY ASK QUESTIONS

Pertanyaan Seputar iBiG Academy

Kelas Coding Anak & Remaja

Q: Apa Saja Jenis Kelas Coding di iBiG Academy?

Kelas Coding di iBiG Academy terdiri dari:

1. Digi Tods (4-6 tahun)
2. Digi Lits (7-9 tahun)
3. Digi Kids (10-12 tahun)
4. Digi Teens (13-15 tahun)

Kurikulum iBiG Academy dirancang secara berkesinambungan dari Digi Tods hingga Digi Teens. Kunjungi halaman https://www.ibigacademy.com/pilihan-kursus/kursus-coding-anak/ untuk informasi lebih lengkap.

Q: Berapa lama durasi kegiatan di Kelas Coding Anak & Remaja?

Durasi setiap pertemuan adalah 1 jam 30 menit. Anak-anak akan belajar dan mengerjakan project secara online sesuai kurikulum iBiG Academy. Mereka akan diajak berpikir kreatif, menyelesaikan masalah dan kerjasama tim. Anak-anak juga akan mendapatkan unplugged session.

Unplugged session adalah sebuah sesi di kelas yang mengajarkan konsep ilmu komputer atau computer science tanpa menggunakan komputer melainkan menggunakan alat peraga.

Q: Berapa kapasitas peserta di kelas Coding iBiG Academy?

Kami ingin memberikan perhatian yang maksimal kepada murid-murid kami. Untuk itu, kelas kami akan didampingi oleh 2 orang guru dan hanya tersedia slot untuk 8 orang setiap kali pertemuan.

Q: Apakah iBiG Academy menyiapkan gadget (tablet/komputer/laptop) di kelas?

Untuk saat ini, peserta perlu membawa gadget (tablet/laptop/tablet) masing-masing untuk bisa mengikuti kelas yang kami berikan.

Q: Apa perbedaan kurikulum Coding di setiap kelas iBiG Academy?

Pada anak-anak yang berusia 4-12 tahun, mereka akan lebih banyak mempelajari visual programming dan basic text-based coding dalam memahami konsep dan logika programming.

Sementara untuk anak-anak remaja, kurikulum iBiG Academy telah menyediakan pembelajaran text-based coding untuk pengembangan aplikasi, website ataupun game animasi (HTML, CSS, Java Script, C++ dan lain sebagainya).

Q: Bagaimana metode pengajaran di iBiG Academy?

Setiap anak mengikuti pelajaran berdasarkan kemampuan dan kapasitas masing-masing atau yang lebih kenal dengan istilah Personalized Training. Di dalam kelas, guru-guru akan memfasilitasi, berinteraksi, mendampingi dan mengarahkan anak-anak untuk memahami setiap materi online yang telah disediakan dalam suasana belajar yang seru, kreatif.

Q: Apakah bisa mengikuti kelas tingkat lanjut, jika belum pernah belajar Coding sebelumnya?

Sebelum memulai, anak Anda dapat mengikuti trial untuk mengetahui kelas yang sesuai. Kemudian guru-guru kami akan memberikan penilaian terhadap kemampuan coding anak Anda berdasarkan hasil trial dan menentukan kelas yang tepat untuk anak Anda. Hal ini diperlukan agar anak Anda memahami konsep secara keseluruhan dan tidak mengalami kesulitan ketika mempelajari materi tingkat lanjut.

Q: Apakah kelas diadakan dalam bahasa Inggris?

Materi yang kami gunakan menggunakan kurikulum dari Amerika Serikat, untuk itu materi akan dibagikan dalam bahasa Inggris. Namun bila anak-anak tidak mengerti, maka kami akan menjelaskan dalam bahasa Indonesia.

Q: Apakah iBiG Academy membuka kelas Coding untuk orang dewasa?

Saat ini kami belum menyediakan kelas coding untuk orang dewasa. Namun kami tidak menutup kemungkinan untuk membukanya. Anda bisa mengirimkan email ke hello@ibigacademy.com agar kami bisa menginfokan bila kelas telah dibuka.

Kurikulum Kelas Coding Anak & Remaja

Q: Dari mana kurikulum yang iBiG Academy gunakan?

Kurikulum iBiG Academy mengacu kepada sekolah coding di Amerika Serikat. Di mana kurikulum ini melatih anak-anak memahami ilmu komputer atau Computer Science yang berkembang semakin pesat di era teknologi saat ini. Sebelum masuk ke cara coding, anak-anak akan diajarkan mengenai konsep berpikir untuk memecahkan masalah terlebih dahulu.

Q: Apakah ada tugas di luar kelas atau anak bisa menyelesaikan materi pelajaran di rumah?

Setiap pelajaran perlu diselesaikan di dalam kelas karena guru perlu memantau perkembangan konsep berpikir anak di kelas dan membantu ketika anak menemui kendala. Apabila anak tidak bisa menyelesaikan pelajaran di dalam waktu yang diberikan, maka tugas pelajaran bisa diselesaikan di pertemuan berikutnya. Selain itu, akun iBiG Academy yang diterima anak-anak hanya bisa diakses di dalam kelas.

Q: Apakah orang tua akan menerima handout mengenai progress anak di kelas?

Setiap bulan orang tua akan menerima handout atau email perkembangan anak dalam menangkap materi yang dibagikan. Di beberapa materi, akan ada tautan yang dapat diakses secara online untuk melihat hasil karya anak.

Q: Apakah anak-anak akan mendapatkan sertifikat?

Anak-anak akan menerima sertifikat dari iBiG Academy bila telah menyelesaikan seluruh materi di kelas.

Registrasi & Biaya Kelas Coding

Q: Apakah anak-anak bisa free trial sebelum registrasi?

Kami menyediakan free trial dua kali masing – masing selama 1 - 1 ½ jam agar anak-anak bisa mencoba dan merasakan suasana dan materi yang dibagikan di kelas.

Q: Berapa jumlah pertemuan dan biaya kelas Coding di iBig Academy?

Kami menyediakan dua opsi dengan biaya yang berbeda sesuai tingkatan dan jumlah pertemuan.

Jumlah Pertemuan Digi Lits Digi Kids Digi Teens
4x sebulan 600.000 650.000 700.000
8x sebulan 800.000 850.000 1.100.000

Q: Bagaimana sistem pembayaran kelas Coding?

Kelas di iBiG Academy dibayar setiap awal bulan dan dibayarkan paling lambat tanggal 10 sebelum kelas dimulai. Selain itu, saat ini kami hanya menerima pembayaran berupa transfer ke nomor rekening kami, yaitu 5050108076 a.n. PT Inti Bisnis Inovasi Global.

Q: Bisakah orang tua memilih atau mengganti jadwal anak ikut kursus?

Pada saat registrasi, orang tua bisa memilih hari yang dikehendaki. Apabila anak berhalangan hadir, orang tua bisa menginformasikan kepada admin. Kelas pengganti akan diadakan paling lambat di minggu berikutnya. Bila tidak ada pemberitahuan dari orang tua, maka kelas tersebut dianggap hangus.

Q: Apakah iBiG Academy memiliki hari libur?

Kita tidak membuka kelas di hari libur Nasional. Apabila ada kelas-kelas yang bertepatan dengan hari libur tersebut, maka orang tua bisa memilih hari yang lain di bulan yang sama.

Bila ada program khusus di hari libur seperti kenaikan kelas atau akhir tahun, kami akan informasikan kepada orang tua.