Search

+
bermain-sambil-belajar
Gunakan Metode Bermain Sambil Belajar Agar Anak Pintar

Anak-anak itu senang bermain dan bermain itu baik untuk mereka. Lewat permainan, mereka belajar berbaur dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, mereka juga mendapatkan pengalaman-pengalaman baru. Akibatnya kemampuan kognitif, sosial, kedewasaan dan rasa percaya diri meningkat. Itulah alasan iBiG Academy mengadopsi metode bermain sambil belajar.

Sesuai namanya, metode pengajaran ini tidak akan terfokus pada mata pelajaran dasar yang butuh dikuasai anak. Namun cara ini melibatkan perkembangan emosi, kebebasan berekspresi dan kreatifitas. Di dalam setiap kelas kami, bermain menjadi penggerak materi yang mau dibagikan. Anda akan menemukan Anda melakukan berbagai aktifitas yang seru.

Efektfitas metode pengajaran bermain belajar pada anak

Sekolah tradisional sering memisahkan antara kegiatan bermain dan belajar. Padahal ketika seorang anak keluar dari rumah apalagi untuk pertama kalinya, mereka perlu adaptasi. Kalau mereka melihat suasana yang berbeda di rumah mereka yang nyaman, mereka akan stress.

Biasanya di rumah anak-anak diberikan kebebasan bermain. Baik itu main gadget, nonton tv dan lain-lain. Nah metode bermain belajar mempercepat penyesuaian lingkungan. Selain itu anak-anak juga diajarkan pengetahuan baru.

Anak-anak itu juga biasanya menikmati setiap aktifitas yang dilakukan di kelas dengan cara pengajaran seperti ini. Anak-anak mengalami peningkatan dan diperkuat daya imajinasinya lewat permainan. Selain itu kemampuan motorik, kreatif, imajinasi, seni, kognitif dan bahasa juga semakin berkembang.

Pola pengajaran belajar dan bermain ini bukan tipe satu kelas mendapatkan bahan pelajaran yang sama. Tetapi setiap pelajaran disesuai dengan kebutuhan anak-anak. Metode untuk mengajar anak yang satu bisa berbeda dengan anak lainnya.

Sebagai tenaga pengajar, metode ini memang agak menantang. Tetapi keunikan anak-anak tidak bisa diabaikan. Jadi kami memutar otak dan mengembangkan aktifitas belajar dengan menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi mereka. Selain itu kita juga senantiasa merencanakan aktifitas yang sederhana hingga kompleks.

Hal ini kami lakukan supaya anak-anak bisa bebas mengekspresikan diri mereka namun tetap mendapatkan ilmu pengetahuan untuk masa depan mereka.

Sistem penilaian kami juga berbeda dengan sistem penilaian sekolah tradisional. Sekolah tradisional menilai anak-anak lewat jawaban akan bahan pelajaran yang dibagikan. Mereka lebih mengedepankan hafalan. Di iBiG Academy, kita mengukur keberhasilan lewat perkembangan konsep berpikirnya.

Kami juga menilai pertumbuhan seorang anak dari sikap-sikap yang ditunjukkan. Sikap yang mau bekerjasama dengan guru dan teman satu tim, cara berkomunikasi, inisiatif, sopan santun, mau belajar dan masih banyak lagi. Akibatnya Anda dan kami bisa melihat perkembangan anak secara menyeluruh.

Dari penjelasan di atas, Anda bisa melihat prinsip metode belajar sambil bermain:

  1. Pendekatan praktis yaitu bermain, sehingga kegiatan belajar mudah bagi si kecil
  2. Atmosfir yang nyaman sehingga anak bebas berekspresi, gampang beradaptasi sehingga kegiatan belajar terasa menyenangkan
  3. Pengajaran dan materi yang disesuaikan dengan kesanggupan dan kebutuhan anak
  4. Metode pengajaran bisa langsung dipraktekkan dalam kehidupan dan bukan text booksaja
  5. Memberikan kesempatan bagi setiap anak untuk mengekspresikan dirinya sendiri

Alasan-alasan kami menggunakan metode ini:

  1. Mengubah kegiatan belajar menjadi aktifitas seru dengan melibatkan bermain di dalamnya
  2. Meningkat rasa puas dan percaya diri bagi anak-anak
  3. Setiap anak diberikan kesempatan untuk belajar sesuai dengan kemampuan dia
  4. Anak-anak juga nyaman berpartisipasi di setiap kegiatan kelas
  5. Anak-anak tidak hanya meningkatkan kemampuan coding, namun juga soft skills
  6. Hubungan guru dan murid yang terjalin dengan baik

Sekian informasi dari kami.

Buat Anda yang ingin anaknya mengikuti kelas coding dan merasakan kegiatan bermain sambil belajar. Silahkan hubungi hello@ibigacademy.com untuk tanya jawaban lebih lanjut. Kursus coding anak kami ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir secara sistematis, memahami algoritma, aritmatika, kreatifitas dan pemecahan masalah. Sehingga anak Anda akan semakin cerdas dan kreatif.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us