Search

+
Halaman Facebook Bisnis vs Grup: Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis ?

Ketika sebuah bisnis memutuskan untuk bergabung dengan Facebook, ia dapat melakukannya melalui halaman bisnis facebook atau grup. Tapi sungguh, apa bedanya keduanya! Secara umum, halaman adalah profil publik yang memungkinkan perusahaan dan merek untuk memperkenalkan layanan dan aktivitas mereka. Grup adalah fitur berbasis komunitas yang mengumpulkan orang-orang dengan minat yang sama untuk mendiskusikan topik dan membagikan pendapat mereka.

Pada suatu waktu selama kehidupan Facebook, puncak halaman terjadi dengan merugikan grup. Namun, dengan beberapa perubahan “baru-baru ini” dibuat pada fitur yang terakhir, itu mulai mendapatkan beberapa dasar lagi, dan pada awal 2016, grup Facebook mencapai 1 miliar pengguna. Jadi fitur berbasis komunitas ini kembali hadir!

Tetapi pertanyaannya adalah, mana yang lebih baik untuk bisnis Anda, halaman atau grup Facebook?

Fanpage mengalahkan grup dalam hasil pencarian Google.

Halaman Facebook muncul di hasil pencarian Google, sedangkan grup tidak. Jadi, jika Anda memutuskan untuk membuat grup untuk bisnis Anda, Anda akan kehilangan banyak peluang yang datang dari mesin pencari Google.

Halaman Facebook sesuai ekspektas

Mari kita lanjutkan dengan tes lain: pikirkan perusahaan atau merek, dan cari di Facebook. Anda mungkin melihat beberapa hasil (halaman, grup, akun individual …), dan jika Anda tidak yakin mana yang benar, Facebook memberi Anda opsi untuk memfilter menurut jenis. Jadi untuk menemukan informasi yang tepat yang dibutuhkan, Anda akan secara otomatis menyaring hasil berdasarkan halaman, terutama bahwa, pada titik tertentu, Facebook lebih fokus pada halaman bisnis daripada grup.

Nah, Anda bukan satu-satunya, karena orang lain juga akan memiliki reaksi yang sama. Untuk menemukan informasi spesifik yang terkait dengan bisnis atau merek, pengguna internet kemungkinan besar akan mencari situs web atau halaman Facebook, hampir tidak pernah untuk grup.

Grup lebih baik untuk membuat komunitas nyata

Cukup dengan tes. Gagasan suatu kelompok adalah bahwa mereka yang ada di dalamnya, berhubungan satu sama lain, sesuai dengan masalah tertentu. Karena itu, ia menciptakan komunikasi tertentu di antara para anggotanya.

Mengikuti konsep ini, Facebook memutuskan untuk menduplikasinya dan menerjemahkannya pada platformnya, untuk meminta pengguna mendiskusikan hal-hal tertentu. Bagaimana itu bekerja? Ketika pengguna bergabung dengan grup Facebook, mereka akan menerima pemberitahuan setiap kali anggota lain memposting sesuatu. Ini memungkinkan anggota kelompok untuk mendapat informasi tentang segala kegiatan yang terjadi. Urutan logis dari ini, adalah peningkatan keterlibatan grup dibandingkan dengan halaman Facebook, yang tidak memperoleh opsi ini. Baru-baru ini, Facebook mulai mendorong bisnis untuk membuat grup dalam basis penggemar mereka.       

Halaman berorientasi bisnis, Grup berorientasi pada minat

Ketika datang ke pemasaran, halaman Facebook digunakan untuk mempromosikan bisnis, produk atau layanannya. Di halaman, satu-satunya generator konten yang jelas adalah bisnis itu sendiri. Pengguna yang hadir di halaman dapat dianggap pasif, karena mereka hanya berinteraksi dengan konten yang diterima. Oleh karena itu, halaman berorientasi bisnis, mereka memiliki peran untuk memperkenalkan produk dan menjawab pertanyaan pengguna.

Di sisi lain, kelompok digunakan bukan untuk promosi, (atau setidaknya bukan yang langsung) tetapi lebih untuk diskusi tentang topik tertentu. Oleh karena itu, orang bergabung dengan kelompok untuk mengajar atau mengetahui lebih banyak tentang industri tertentu – sehingga kelompok berorientasi pada industri. Anggota grup aktif, karena mereka tidak hanya diizinkan untuk berpartisipasi dalam percakapan apa pun, tetapi juga untuk memulai yang baru.

Ada fitur iklan dan informasi audience di Halaman Facebook 

Karena menjadi platform yang berorientasi bisnis, halaman memiliki lebih banyak fitur daripada grup. Dua yang paling penting adalah: wawasan dan periklanan. Membuat halaman Facebook memberikan akses ke data yang dapat membantu Anda lebih memahami kinerja aktivitas Anda dan penggemar Anda. Juga, tidak seperti grup, halaman dan kontennya dapat dipromosikan dengan iklan untuk menjangkau lebih banyak audiens, dalam upaya untuk menarik penggemar baru.

Tetapi, sebagai hasil dari banyak perubahan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, sekarang sulit untuk melihat konten halaman Anda tanpa menjalankan iklan, terutama jika Anda bukan bisnis yang mapan seperti Nike, Pepsi … Meskipun grup tidak menyertakan iklan dan wawasan, Anda yakin bahwa konten akan menjangkau setiap anggota.

 

Sekarang perbedaan antara halaman Facebook dan grup lebih jelas, mana yang akan Anda pilih? 

 

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us