Search

+
Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Facebook Lite

Facebook lite adalah bentuk minimalis dari sosial media Facebook. Aplikasi ini mempunyai fungsi sama dengan Facebook, hanya saja Facebook Lite berukuran lebih kecil dan penggunaan data yang dibutuhkan sangat kecil.

Pasalnya, untuk mengakses Facebook dari aplikasi biasa, bisa-bisa menggunakan bandwidth yang besar. Termasuk lebih cepat menghabiskan penggunakan RAM dan baterai telepon seluler Anda.

Nah, agar tidak kehilangan  massa-nya. Facebook mengkaji ulang bentuk Facebook lite yang sebenarnya sudah aja sejak 2009. Namun, berhenti pada 2010 untuk dilakukan perbaikan.

Sebagai raksasa sosial media dengan milyaran pengguna, tentu ini adalah solusi yang diberikan dari Facebook untuk para penggunanya. Aplikasi Facebook Lite diperuntukkan bagi pemilik smartphone murah dengan jaringan internet yang terbatas.

Saat ini facebook versi “ringan” hadir dengan banyak pembaharuan. Sampai saat ini ini, aplikasi Facebook Lite telah didownload di Play Store sebanyak 11,188,848.

Tidak hanya ringan, tetapi juga Facebook lite bisa kita sesuaikan dengan tampilan yang diinginkan. Tampian pertama Facebook lite berwarna hitam. Jika kita bosan dengan nuansa biru dari Facebook atau tidak ingin tampilannya berwarna hitam, Anda bisa menggantinya dengan warna kuning, hijau, merah, atau pink.

Ukuran dan jenis tulisan juga bisa Anda ubah. Termasuk warna tulisan. Anda bisa dengan bebas mengatur tampilan di Facebook Lite.

Selain perubahan yang paling mencolok ada pada warna latar belakang. Ada beberapa shortcut dan fitur yang tidak digunakan orang-orang.

Oleh karena itu, Facebook Lite memiliki kelebihan dan kekurangan yang ada. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan Facebook Lite, pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini.

Kelebihan:

  • Facebook Lite memiliki desain yang minimalis.

Desainnya masih menggunakan warna biru yang memang merupakan warna khas dari media sosial tersebut.

  • Aplikasi lebih kecil

Dibandingkan dengan Facebook, ukuran yang dimiliki oleh Facebook Lite hanya 1 MB. Dengan ukuran seperti itu jauh lebih efisien untuk digunakan pada smartphone yang memiliki memory RAM kecil, sehingga penyimpanan masih dapat digunakan untuk kepentingan yang lain.

Kemudahan bisa dirasakan ketika melakukan instalasi. Waktu yang dibutuhkan untuk proses instalasi sangat cepat. Dengan ukuran yang lebih sedikit, RAM yang digunakan juga akan lebih sedikit.

  • Bisa digunakan untuk model android lama

Tidak bisa dipungkiri bahwa meskipun inovasi smartphone semakin bervariasi dengan meningkatkan performanya, masih ada orang-orang yang menggunakan smartphone dengan android versi lama.

Hal ini tidak masalah untuk pengguna smartphone model lama, karena Facebook Lite masih dapat digunakan pada smartphone dengan android versi lama.

  • Data yang digunakan sedikit

Walaupun fasilitas antara aplikasi Facebook biasa dan Facebook versi Lite memiliki beberapa perbedaan, kelebihan yang sangat diinginkan oleh semua orang adalah penggunaan data yang sedikit. Penghematan data internet bisa tercover dengan baik jika menggunakan Facebook Lite.

Bagi pengguna smartphone yang masih memakai jaringan 2G, FB Lite ini tetap mudah diakses dan tidak lemot. Hal ini karena FB Lite ini didesain minimalis dan hemat data internet. Tentunya akan lebih ringan saat diakses dengan 2G. Berbeda dengan aplikasi Facebook yang orisinil, tentu akan berat jika diakses pakai 2G.

  • Proses loading cepat

Kemampuan upload foto, video, dan status menjadi lebih cepat, sehingga semakin menambah nilai plus Facebook Lite untuk memberikan user experience yang lebih baik dan menarik. Hal ini karena FB Lite akan secara otomatis mengkonversi foto yang diupload menjadi ukuran yang lebih kecil. Dari yang semula berukuran 1,15 Mb dikonversi menjadi 164 Kb

Dengan begitu, Facebook Lite dapat menghemat waktu pengguna untuk dapat digunakan berbagai aktifitas di Facebook Lite.

  • Compatible dengan semua jaringan

Cocok untuk daerah manapun adalah slogan yang cocok untuk Facebook Lite. Dengan kegunaannya yang multi jaringan, akan menguntungkan semua orang meskipun jaringan internet yang mereka gunakan berbeda.

Kekurangan:

  • Fitur tidak Kompleks

Dengan ukuran aplikasi yang sangat kecil, Facebook menghilangkan beberapa fitur yang dianggap berat pada aplikasi Facebook Lite, sehingga bisa menghasilkan ukuran aplikasi yang kecil. Namun hal itu berdampak pada fitur yang dimiliki facebook. Pada Facebook Lite, facebook menghilangkan beberapa fitur.

  • Load tidak otomatis

Meskipun dengan kecepatan load yang cepat, Facebook Lite tidak dilengkapi oleh Load yang otomatis. Ketika kita melakukan scroll terus kebawah dan ingin melihat update terbaru, harus diload kembali, Facebook Lite tidak menghadirkan fitur load secara otomatis pada Facebook Lite dikarenakan dengan adanya load otomatis memori yang dibutuhkan untuk melakukan load secara otomatis akan semakin besar.

  • Tampilan sederhana

Facebook Lite menghadirkan tampilan yang sederhana. Hal ini bukan berarti dengan menghadirkan tampilan sederhana, fitur masih dimaksimalkan. Hal tersebut tidak terjadi pada Facebook Lite, tampilan dijadikan lebih sederhana namun juga menghilangkan fitur-fitur yang dirasa memberatkan memori. Sehingga dengan tampilan yang sederhana tersebut menjadikan Facebook Lite tidak mendukung beberapa hal, seperti tidak bisa digunakan memutar video.

Dengan demikian, Facebook Lite bisa diakses disemua jaringan, namun masih dapat diakses dengan cepat, dikarenakan hal-hal seperti ini tidak bisa digunakan secara maksimal, sehingga menggunakan data internet yang sedikit.

  • Kualitas Gambar lebih kecil

Dengan kualitas load cepat yang diberikan oleh Facebook Lite, terdapat hal-hal yang akan terpengaruh oleh kemampuan loading yang cepat. Bandwidht atau data internet yang dibuthkan sedikit. Hasil foto yang Anda kirimkan maupun yang Anda lihat akan terkompres. Alias secara otomatis berkurang resolusinya.

Namun, hal ini tidak menjadi masalah bukan? Jika Anda menginginkan kecepatan dan bisa terhubung dengan lebih mudah ke Facebook, mengapa tidak?

  • Tidak bisa upload video

Tidak seperti aplikasi Facebook yang asli, FB Lite tidak bisa digunakan untuk mengunggah video. Alasan penghilangan fitur unggah video itu sendiri karena dinilai akan boros paket data. Hal ini tentu berlawanan dengan tujuan FB Lite yang ingin menyajikan media sosial dengan hemat data.

 

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan