Search

+
instagram facebook
Instagram vs Facebook: Perbedaan Pengguna untuk Bisnis

Instagram vs. Iklan Facebook? Jika Anda berniat meluncurkan kampanye yang sukses menggunakan hanya salah satu jejaring sosial paling populer. Tetapi masalahnya adalah Anda tidak tahu platform mana yang terbaik untuk Anda. Facebook dan Instagram adalah yang paling populer. Jadi, Anda ingin melihat lebih dekat manfaat dan statistik dari masing-masing platform ini. Dan posting ini akan membantu Anda melakukan hal itu. Wawasan ini akan membantu Anda meluncurkan kampanye pemasaran media sosial yang sukses melalui saluran yang tepat.

Apa yang ditawarkan Instagram?

Mari kita mulai dengan analisis menyeluruh tentang Instagram dan perannya dalam mempromosikan bisnis. Berikut adalah beberapa statistik pada platform ini sehingga Anda dapat lebih memahami manfaatnya:

# 1: Reach

Banyaknya pengguna menjadikannya ideal bagi bisnis untuk meningkatkan visibilitas mereka. Mereka juga memiliki lebih dari 1 juta pengiklan. Reach menunjukkan jumlah pengguna yang telah melihat sebuah postingan Anda.

# 2: Keterlibatan

Bagian terbaik tentang Instagram adalah memiliki beberapa pengguna yang paling terlibat. Pada hari biasa, pengguna berbagi lebih dari 95 juta foto dan video. Dan posting ini menghasilkan total sekitar 4,2 miliar suka dalam satu hari.

Locowise melaporkan pada bulan Maret 2016 bahwa tingkat keterlibatan di Instagram adalah 0,84% dari semua pemirsa pada Februari. Dibandingkan dengan tingkat keterlibatan di bulan Januari, ada penurunan 11,58%. Pada saat yang sama, Instagram masih memiliki keterlibatan audiens tertinggi dibandingkan dengan semua platform jejaring sosial lainnya.

Engagement / Keterlibatan menunjukkan jumlah pengguana yang like (suka), save (menyimpan), atau  comment (komentar pada sebuah postigan Anda

# 3: Keterlibatan lalu lintas

Selain dari tingkat keterlibatan yang tinggi pada platform, Instagram juga mendatangkan pengunjung situs web yang sangat terlibat. Yotpo melakukan penelitian untuk mengetahui saluran mana yang mendatangkan traffic paling banyak terlibat. Menurut penelitian ini, pengunjung situs web dari Instagram menghabiskan rata-rata 192 detik. Lebih dari 3 menit, lebih tinggi daripada banyak saluran pemasaran lainnya. Faktanya, pengunjung dari Instagram tetap 45% lebih lama dari pengunjung dari Facebook dan 40% lebih lama dari pengunjung dari Twitter.

Pilihan platform jejaring sosial Anda tergantung pada target demografis Anda. Karena Anda harus berada di platform yang mereka sukai. Sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan oleh Pew Researchmenemukan bahwa ada lebih banyak pengguna wanita di Instagram daripada pengguna pria. Menurut penelitian, 31% wanita online menggunakan platform ini secara teratur. Hal yang sama berlaku untuk 24% pria online.

Instagram paling populer di kalangan orang dewasa muda berusia antara 18 dan 29 tahun. Faktanya, 55% pengguna internet dalam kelompok usia ini menggunakan Instagram. Basis pengguna ini menjadikan Instagram ideal untuk menjangkau audiens yang lebih muda. Instagram juga merupakan platform hebat untuk pemasaran influencer.

 

Apa yang ditawarkan Facebook?

Sekarang mari kita beralih ke statistik Facebook. Angka akan membantu kami memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya pemasaran:

# 1: Reach

Facebook terus menjadi jejaring sosial nomor satu ketika harus dijangkau. Menurut penelitian terbaru oleh Dreamgrow, platform ini memiliki 2,2 miliar pengguna aktif bulanan. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan visibilitas sendiri, Facebook menang dengan mudah.

# 2: Engagement

Ketika datang ke engagement, Facebook tidak berkinerja sebaik Instagram. Tapi itu masih memiliki tingkat keterlibatan audiens tertinggi kedua di antara semua jejaring sosial menurut Locowise. Studi Forrester juga mendukung klaim ini. Ini menunjukkan bahwa platform menghasilkan jumlah tertinggi interaksi pengguna dengan merek.

# 3: Demografis

Facebookpopuler di kalangan orang dewasa daring dengan 72% di antaranya menggunakan platform. Seperti Instagram, saluran ini lebih populer di kalangan wanita daripada di kalangan pria. Tetapi perbedaannya tidak terlalu drastis. 77% wanita dan 66% pengguna internet pria ada di Facebook.

Facebook tampaknya menarik pengguna internet dewasa dari semua kelompok umur. Dan ini paling populer di antara kelompok usia 18-29. Faktanya, 82% pengguna internet di kelompok usia ini ada di platform. 79% pengguna internet berusia antara 30 dan 49 tahun menggunakan Facebook. Dan hal yang sama berlaku untuk 64% pengguna internet berusia antara 50 dan 64 tahun. Statistik ini menunjukkan bahwa Facebook efektif untuk menjangkau pengguna internet di semua kelompok umur.

# 4: Kinerja iklan

Iklan di Facebook telah berkinerja sangat baik, menghasilkan pendapatan iklan sebesar $ 6,82 miliar. Angka-angka ini telah meningkat sebesar 59% sejak 2015. Menurut Social Flow, masing-masing pengguna $ 1,7 miliar bernilai $ 14,17 dalam pendapatan iklan tahunan. Sebuah studi tahun 2014 juga menemukan bahwa iklan di Facebook berkinerja lebih baik daripada iklan web biasa. Iklan desktop Facebook memiliki rasio klik-tayang 8.1x lebih tinggi sementara iklan seluler memiliki RKT 9,1x lebih tinggi.

 

Membandingkan Instagram dan Facebook

Berdasarkan data yang disajikan di atas, berikut adalah beberapa fakta yang dapat kami ketahui:

# 1: Instagram untuk keterlibatan yang lebih baik

Instagram mengungguli Facebook dalam hal keterlibatan. SebuahWhip Berita studimembuktikan fakta ini dengan membandingkan suka rata-rata untuk posting di dua platform. Jika Anda melihat data berikut, Anda akan melihat kontras yang jelas dalam jumlah suka untuk merek yang sama di Instagram dan Facebook.

# 2: Facebook untuk visibilitas yang lebih tinggi

Ketika tiba untuk mencapai, Facebook memiliki otoritas atas Instagram. Tidak hanya memiliki basis pengguna yang jauh lebih besar, tetapi juga memiliki penerimaan di sebagian besar kelompok umur. Jadi, Anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk meningkatkan visibilitas menggunakan platform ini. Ini terutama benar jika Anda tidak menargetkan kelompok umur tertentu.

# 3: Instagram untuk menjangkau audiens yang lebih muda

Instagram menarik bagi audiens yang lebih muda, dan itu adalah platform yang sempurna untuk melibatkan basis pelanggan yang lebih muda. Faktanya, inilah bagaimana Harley Davidson berhasil meningkatkan kesadaran tentang sepeda motor mereka dan melibatkan audiens yang lebih muda. Merek sepeda motor meluncurkan kampanye iklan Instagram. Tujuan mereka adalah menjangkau pria berusia antara 18 dan 35 tahun.

Mereka mengembangkan kampanye yang melibatkan iklan korsel. Iklan ini menampilkan ilustrasi kreatif yang meniru desain yang populer di budaya bersepeda. Masing-masing ilustrasi ini berfokus pada sepeda motor mereka dalam alur cerita yang unik. Hanya dalam tiga minggu, mereka mencapai hampir 1,4 juta pria dalam kelompok usia target mereka.

Iklan ini juga berhasil mengarahkan 8.365 klik ke situs web merek. Akibatnya, Harley-Davidson mencapai tujuannya untuk menjangkau audiens yang lebih muda. Berikut adalah contoh yang bagus tentang bagaimana Instagram dapat membantu merek dalam penargetan ulang dan melibatkan orang-orang muda.

# 4: Facebook untuk mendistribusikan informasi

Jika Anda terbiasa dengan Instagram, Anda sudah tahu bahwa ada batasan untuk menghubungkan. Anda dapat menambahkan satu tautan ke bio Anda, tetapi hanya itu saja. Pengguna tidak dapat membagikan tautan ke blog mereka melalui keterangan foto. Pilihan lain melibatkan membuat posting yang disponsori. Posting ini akan mengarahkan pengguna ke halaman arahan tertentu.

Facebook memberi Anda kebebasan untuk membagikan tautan tanpa batas ke blog dan halaman produk Anda. Jadi, jika tujuan Anda adalah mendistribusikan posting informasi dan mempromosikan posting blog Anda, itu akan menjadi pilihan yang lebih baik daripada Instagram.

 

Intinya

Memilih platform yang tepat tergantung pada apa yang Anda cari. Anda harus memikirkan tujuan Anda dan apa yang ingin Anda capai dari kampanye. Manfaat Facebook dan Instagram sangat subjektif. Berbagai fitur dan khalayak berarti bahwa apa yang lebih baik bagi Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik untuk bisnis lain. Tetapi data dari pos ini menunjukkan bahwa Instagram mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk mempromosikan bisnis Anda dan terlibat dengan audiens. Apa kamu setuju? Beri tahu kami pendapat Anda di komentar di bawah.

 

Posted in: Uncategorized @id

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us