Search

+
belajar-coding-untuk-pemula
Intip Ragam Pilihan Karier Untuk Anak Pecinta Coding

Belajar coding tidak melulu menjadi seorang programmer. Orang-orang yang lulus di bidang komputer ini bisa memilih banyak profesi-profesi menarik selain programmer di dunia teknologi. Karier yang ditempuh juga sangat menjanjikan karena setiap perusahaan akan membutuhkan profesi ini. Sebelum si kecil mengikuti belajar coding untuk pemula, kita cari tahu terlebih dahulu profesi di dunia IT.

 

Software Developer

Software Developer adalah orang atau perusahaan yang membuat aplikasi. Mereka bertanggung jawab dari hulu ke hilir sebuah pengembangan aplikasi. Mulai dari ide, kreasi, tes dan melakukan perbaikan atau update aplikasi. Kita sendiri pasti sudah menikmati hasil karya mereka baik di komputer maupun gadget seperti video game, Ms. Office dan lain-lain.

Orang-orang yang terlibat sebagai software developer haruslah memiliki kreativitas teknis. Mereka perlu sanggup menyelesaikan berbagai masalah unik di aplikasi atau memenuhi kebutuhan klien. Software developer juga biasanya menguasai beberapa bahasa pemrograman.

 

Database Administrator

Salah satu karier yang bisa dipilih oleh anak-anak yang menyukai coding adalah Database Administrator. Keseharian pekerjaan melingkupi analisa data dan evaluasi apakah data dan informasi yang sudah bisa memenuhi kebutuhan pengguna. Mereka adalah orang-orang yang bertugas mencari dan meningkat sumber-sumber data untuk disimpan, diolah dan disuguhkan kepada pengguna.

Orang-orang yang berkarier di bidang ini perlu memiliki kemampuan memecahkan masalah masalah dan teliti. Mereka bisa menemukan dan memperbaiki error di database. Atau membuat scripts yang memungkin pengguna mengambil data.

 

Computer Hardware Engineer

Ketika kita berbicara tentang sebuah coding, kita pasti perlu memahami input dan output. Perangkat lunak dan perangkat keras perlu bekerjasama agar sebuah program bisa digunakan.Orang-orang yang membuat, mengembang dan melakukan pengecekan terhadap komponen komputer atau gadget adalah Computer Hardware Engineer.

Sebagai seorang Computer Hardware Engineer, mereka perlu mengenal dan memahami komponen-komponen sebuah komputer. Mereka perlu tahu memory, harddisk, processor dan seterusnya. Mengingat perkembangan komponen ini begitu cepat, maka mereka perlu update terus menerus hardware terkini.

Keuntungan mereka setelah belajar trend hardware akan mempengaruhi perkembangan software. Sebuah software tidak bisa tercipta dan mendukung bila hardware tidak mendukung. Makanya beberapa aplikasi selalu ada tulisan “System Requirements”.

Mereka juga harus sabar dan gigih dalam melakukan serangkaian tes, berulang-ulang agar semua hardware bisa berjalan dengan baik.

 

Computer System Analyst

Computer system analyst atau business analyst memiliki tugas untuk menilai sistem komputer dari sebuah perusahaan. Setelah itu dia bisa memberikan rekomendasi baik software dan hardware agar kinerja perusahaan tersebut menjadi efisien dengan hasil maksimal.

Seorang system analyst perlu memiliki kemampuan sosial yang baik. Alasannya, mereka perlu mencari tahu cara kerja sistem, permasalahan dan juga meyakinkan solusi dia adalah terbaik. System analyst juga butuh rasa penasaran yang tinggi untuk belajar trend teknologi dan bisnis client agar bisa menghasilkan solusi terbaik.

 

Computer Network Architect

Orang yang paling memahami jaringan dan komunikasi data adalah Computer Network Architect. Jaringan ini termasuk di dalamnya Local Area Networks (LAN), Wide Area Networks (WAN), Extranets dan Intranet.

Tanpa mereka, para staff di perusahaan akan kesultan untuk sharing data, mengirimkan email dan lain-lain. Jadi arsitek jaringan ini perlu evaluasi jaringan dan mencari tahu layanan yang baru. Mereka juga perlu tes sebuah sistem sebelum implementasi plus menyelesaikan efek perubahan.

 

Web Developer

Web developer adalah programmer yang berbasis pada situs. Mereka orang yang menata struktur teknis sebuah website dan memastikan situs ini mudah digunakan, gampang dilihat, informasi memadai sehingga memudahkan orang mengunduh informasi di dalamnya.

Web Developer juga memastikan sebuah situs mendapatkan kunjungan sebanyak mungkin dan mengatur situs agar bisa mudah dicari orang lewat search engine optimization. Selain memiliki bahasa programming, web developer juga kudu bisa berkomunikasi dan memahami psikologi manusia agar traffic naik.

 

Information Security Analyst

Sistem yang aman sangat dibutuhkan agar segala informasi dan transaksi bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itulah seorang Information Security Analyst dibutuhkan. Mereka akan membuat sistem yang aman dari berbagai serang cyber dan data bocor. Mereka juga bertanggung jawab untuk antisipasi data bocor atau melakukan instalasi sistem teraman.

Information Security Analyst perlu selalu memutar otak dan siap menghadapi serta menyeleaikan masalah. Mereka juga perlu teliti dan fokus agar masalah-masalah keamanan jaringan tidak terulang di kemudian harinya.

 

Computer Programmer

Programmer adalah orang-orang yang menulis syntax sehingga aplikasi bisa berjalan sesuai dengan keinginan Software Developer. Programmer lazimnya menguasai beberapa bahasa pemrograman dan perlu siap belajar bahasa baru. Konsep logika komputer dan struktrur bahasa programming yang dikuasai sejak belajar coding pemula akan membantu.

Computer programmer juga orang yang sanggup debug program dan memperbaiki program terus menerus sesuai kebutuhan penggunanya.

 

Computer and System Manager

Bila kita butuh memastikan kebutuhan teknologi sebuah perusahaan terpenuhi maka kita perlu bertemu dengan Computer and System Engineer. Mereka menganalisa dan mengawasi implementasi sistem di setiap divisi. Mereka perlu bisa evaluasi perangkat keras, perangkat lunak dan jaringan. Mereka juga perlu mencari tahuteknologi-teknologi yang bisa dikembangkan atau dibeli

Sebagai seorang manager, mereka memiliki tanggung jawab menemukan, melatih dan mengawasi staff yang bekerja di bawahnya. Jiwa kepemimpinan yang kuat dan kemampuan interpersonal sangat membantu agar komunikasi berjalan dengan baik.

 

Project Manager

Project manager di dunia IT berfungsi untuk koordinasi team programmer dan analyst untuk menyelesaikan proyek. Mereka juga bisa analisa problem teknis dari sebuah perusahaan, mengajukan ide dan tips agar produktifitas bertambah.

Kemampuan memecahkan masalah dan informasi yang banyak tentang teknologi dan sistem komputer akan sangat membantu tugasnya.

 

Nah, kita sudah tahu kira-kira anak-anak yang belajar coding untuk pemula bisa diarahkan ke profesi seperti apa bukan? Kalau cita cita anak adalah terlibat di dunia Internet Technology, mending didaftarin untuk free trials di iBiG Academy.

Posted in: Coding Anak

Comments (One Response )

Trackbacks/Pingbacks

  1. Perbedaan User Interface dan User Experience Biar Gak Asal Sebut - iBig Academy - 24 Januari 2019

    […] yang lebih kecil dari usia 6-18 tahun, bisa mengikuti kelas coding anak kami untuk paham tentang programming dan mendapatkan manfaatnya di era teknologi […]

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us