Search

+
Jenis Tes IQ dan Kenapa Penting Bagi Anak
Jenis Tes IQ dan Kenapa Penting Bagi Anak

Semua anak terlahir pintar dengan kemampuan dan bakatnya masing-masing. Terkadang fakta tersebut tidak cukup, sehingga banyak orang tua melakukan tes IQ pada anaknya. Ya, tes intelligence quotient cukup populer untuk mengetahui kemampuan otak anak. Namun, pernahkan ayah bunda pernah bertanya sebetulnya kenapa tes IQ diciptakan? Tes apa yang terbaik?

Kenapa kita melakukan tes IQ 

Psikolog Alfred Binet pertama kali menciptakan tes IQ ( intelegensi ) di awal tahun 1900. Meskipun, tes modern IQ di Amerika Selatan buatan Henry Herbert Goddard lebih banyak diandalkan. Tes tersebut digunakan untuk mengukur fungsi intelektual di sekolah anak U.S dan mendukung diagnosa gangguan kesehatan mental sejak awal. 

Dewasa kini, terdapat beragam tes IQ yang dapat digunakan untuk beragam tujuan, terutama diagnosa gangguan kemampuan belajar. Selain itu, manfaat tes IQ yang lain adalah mengukur potensi intelektual seseorang.

Mengetahui potensi intelektual sangat penting untuk masa depan anak. Semakin muda, perkembangan otak masih sangat besar, sehingga mengarahkan anak mencapai bakat potensial berdasarkan tipe kemampuan kecerdasan intelektualnya bisa membuat si kecil meraih masa depan cerah. 

Macam macam tes IQ

Pikiran manusia sangatlah kompleks. Tidak ada yang bisa betul-betul menentukan apakah seseorang layak dibilang cerdas atau tidak. 

Raven’s Progressive Matrices

Salah satu tes palin ideal yang melibatkan narasi dan foto yang membangun imajinasi untuk mengetahui kemampuan IQ seseorang adalah Raven’s progressive matrices. Beberapa kriterianya adalah:

  • Direkomendasikan untuk usia lima sampai dengan enam puluh tahun. 
  • Membutuhkan foto untuk menguji seseorang.
  • Bisa mencapai enam puluh pertanyaan
  • Semakin lama, pertanyaan akan semakin susah. 
  • Sangat cocok untuk kemampuan penyelesaian masalah dan logika. 

Cattell Culture Fair III

Cattell culture fair III diciptakan untuk mengukur kemampuan kognitif pikiran seseorang dengan menghapus faktor eksternal yang berasal dari budaya sosial dan lingkungan dimana seseorang berkembang yang mempengaruhi hasil tes seseorang. Dirancang khusus untuk menjembatani jurang yang ada dalam pikiran manusia. 

  • Cocok untuk segala usia
  • Deviasi penilaian yang diberikan lebih luas. Misalkan saja, dibanding mendapat nilai standar 16, anak bisa mendapat nilai 24. 

Reynolds Intellectual Assessment Scales

Reynolds Intellectual Assessment Scales bergantung erat pada kemampuan ingatan peserta tes. Karena, tes ini diciptakan untuk mengetahui kemampuan kognitif seseorang untuk mengingat aksi, kata, dan representasi spesifik selama ujian berlangsung. 

  • Dapat dilakukan oleh anak berusia 3 tahun sampai dengan orang tua berusia 94 tahun. 
  • Tes tambahan bisa dilakukan 
  • Durasi tes beragam, bahkan bisa diperpendek

Thurstone’s Primary Mental Abilities

Tes thurstone’s primary mental abilities mencangkup beragam kemampuan mental yang seseorang punya untuk menentukan bagaimana kemampuan seseorang di 7 area penting. Area yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada verbal, numerik, memori, dan ruang gerak, kelancaran berbahasa, dan tugas dan dengan kecepatan presepsi. 

Kaufman Brief Intelligence Test

Diciptakan dan digunakan pada mereka yang memiliki kecerdasan khusus atau biasa dikenal dengan prodigy. Sayangnya, Kaufman Brief Intelligence Test tidak tersedia dalam bahasa Indonesia, hanya dalam bahasa Inggris. Inilah kekurangan Kaufman Brief Intellegence Test dalam menilai IQ seseorang. 

  • Menggunakan petunjuk verbal dan non verbal
  • Biasa digunakan di departemen edukasi, klinikal, dan riset.

Skala Kemampuan yang Berbeda 

Menggabungkan beragam tes menjadi satu adalah salah satu cara mengetahui skor median seseorang. Dengan skor tersebut akan lebih mudah mengetahui kemampuan kognitif seseorang yang paling akurat. 

  • Rekomendasi untuk oran di usia 2 sampai 17 tahun. 
  • 20 tes utama dan 17 tes subset akan diberikan
  • Mencampurkan tes verbal dan non verbal. 
  • Usia anak akan menentukan tes seperti apa yang diberikan untuk mereka. 

Das-Naglieri Cognitive Assessment System

Das Naglieri Cognitive Assessment System bukanlah tes IQ umum atau banyak dikenal. Jarang sekali ada yang menyediakan tes Das Naglieri Cognitive Assessment System karena hasil tes yang belum terbukti lebih akurat dibanding jenis tes IQ lainnya. 

  • Cocok untuk anak berusia 5 sampai dengan 7 tahun. 
  • Tes yang dalam untuk beragam aspek: proses berpikir, kemampuan kognitif, perencaaan, durasi fokus, dan area simultan kognitif. 

Multidimensional Aptitude Battery II

Multidimensional Aptitude Battery II adalah tes yang menjangkau area luas dalam aspek performa, verbal, dan tes IQ secara menyeluruh. Bahkan Multidimensional Aptitude Battery bisa memberikan kemampuan seseorang berpikir secara total dan bukan sekedar kemampuan kognitif. 

  • Banyak digunakan di instansi militer, kepolisian, medis, professional, dan lembaga resmi kelas atas lain. 
  • Umumnya terdapat tes utama dan 10 subset tambahan bila diperlukan. 
  • Terdapat batas waktu pengerjaan
  • Skor bervariasi dari 0.95 sampai dengan 0.97 

Masih ada banyak lagi jenis tes IQ yang tersedia. Bahkan, ada pula tes untuk menguji kemampuan intelejensi yang sedang dalam masa pengembangan. Pikiran manusia memang sangat kompleks sehingga kata “cerdas”, “pintar”, dan sebagainya sangatlah relatif. Bila bertanya manakah tes untuk IQ yang terbaik, jawabannya bergantung penuh pada tipe anak dan intelejensi seperti apa yang ingin dilihat. 

Satu hal yang pasti, hasil tes IQ bukanlah penentu masa depan anak. Hal yang paling penting adalah mengasah otak si kecil supaya semakin tajam. Kursus koding dan animasi anak iBiG Academy merupakan salah satu cara asah otak yang terbaik dan menyenangkan. Metode belajar sistematis berselimut permainan tidak hanya meningkatkan kemampuan otak, namun juga sosial dan emosional anak.

Posted in: Uncategorized @id

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan