Search

+
cara-agar-cepat-pintar
Kenali Ciri-Ciri Pemilik Kecerdasan Spasial Pada Diri Anak

Seorang animator kudu memiliki kemampuan spasial. Mereka bisa melihat dan mengenali warna, bentuk dan pola dengan baik. Tetapi seorang animator itu pun kecerdasannya dilatih sejak dini. Begini cara agar cepat pintar spasial agar bisa jadi animator terkenal.

Sebelum berbicara tentang melatih, kita perlu menyadari kalau setiap anak lahir dengan bakat atau kecerdasan yang berbeda. Anak-anak dengan kecerdasan spasial ini biasanya gampang belajar tentang perbedaan warna-warna. Mereka memiliki kemampuan mengingat secara detail dari apa yang mereka lihat.

Karena perbedaan kecerdasan inilah, kami di iBiG Academy belajar mengenali setiap perbedaan ini agar bisa maksimal mengajar murid-murid kami. Yuk kita mencari tahu lebih dalam lagi mengenai mereka.

 

Ciri-ciri anak-anak dengan kecerdasan spasial
  1. Mereka gampang terdistraksi dengan pola-pola di pakaian. Mereka akan memperhatikan dan menyatakan ketertarikannya.
  2. Mereka bisa visualisasi pikiran mereka ke dalam gambar, diagram dan warna.
  3. Mereka menyukai kegiatan menggambar
  4. Mereka penyuka seni. Mereka bisa membedakan warna-warna dengan lebih baik dibanding kecerdasan lainnya
  5. Mereka suka membuat layout atau struktur yang kompleks seperti rumah, puzzle dan lain-lain
  6. Mereka bisa membaca dengan akurat soal matematika
  7. Mereka menikmati kegiatan tulis menulis baik fiksi atau sejarah. Biasanya tulisan mereka sangat deskriptif tentang suasana, warna, detil pakaian dan seterusnya.
  8. Mereka kesulitan mendengar dalam periode yang panjang atau mereka akan ngantuk
  9. Mereka bisa tertawa sendiri ketika mengobrol. Alasannya, mereka bisa membayangkan sesuatu gambaran baru di pikirannya selintas dari bahan obrolan.
  10. Mereka tidak tahan belajar dengan membaca tulisan terus menerus atau buku dengan gambar hitam putih.

 

Cara berinteraksi dengan si pemilik intelengia visual
1. Memberikan inspirasi kepada mereka

Anak-anak ini membutuhkan inspirasi akan minat mereka. Kita bisa membawa ke bioskop dan nonton film. Pameran seni atau museum adalah pilihan-pilihan bagus untuk mengajak mereka. Pemandangan alam juga menarik perhatian mereka.

Kalau kita tidak memiliki waktu khusus untuk mengajaknya ke suatu tempat, kita bisa membawanya ke mall. Kita akan melihat bagaimana anak-anak ini terpana melihat sebuah lukisan, corak di dinding, bentuk mall dan sebagainya. Mereka memang penyuka keindahan.

Anak-anak ini juga membutuhkan kamar yang menarik. Setiap anak dengan kemampuan spasial memiliki tema favorit. Kalau kita belum tahu selera mereka, kita bisa duduk di kamar dan mengajaknya berimajinasi kamar idaman dia. Baik dari pilihan warna, dekorasi, barang-barang yang harus ada dan seterusnya. Kita mungkin perlu sedikit DIY.

 

2. Menghabiskan waktu bersama mereka

Kita bisa bermain video game kesukaannya bersama-sama. Kalau kita ingin mengajarkan sesuatu, kita bisa membagikan gambar-gambar atau cuplikan film ke dia. Mereka lebih menangkap informasi lewat gambar dibanding mendengar kata-kata atau membaca tulisan.

Kita bisa mengajarkan mereka membuat kerajinan tangan. Mereka pasti akan menyukainya. Ajaklah mereka untuk memasak, merajut, membuat scrapbook, menggambar dan lain-lain. Dalam beberapa kegiatan, kita perlu berhenti mengkotak-kotakkan kegiatan anak laki-laki atau anak perempuan.

Anak perempuan dengan kemampuan spasial suka tampil cantik. Kita bisa mengajar mereka dandan, mengikat rambut dan mencocokkan baju. Dia bisa belajar style penampilan dari vintage, bohemian, artsy dan lain-lain.

 

3. Berkomunikasi

Anak-anak ini kesulitan untuk fokus melihat mata dan wajah kita ketika kita sedang disiplinkan mereka. Mereka kesulitan untuk melihat kekecewaan di wajah kita. Jadi kalau kita ingin menegur mereka, kita bisa memberitahu saat berjalan bersama, mengemudi atau melakukan kegiatan lain yang tidak bersifat hiburan.

Pada saat menegur, kita juga perlu memastikan kalau kita dalam kondisi tenang bukan emosional. Jadi kita bisa menyampaikan pesan dengan jelas.

 

Kira-kira kalau anak ini tidak mau menjadi animator, dia bisa memiliki karier seperti apa? Mereka bisa menjadi fotorgrafer, pelukis, designer baju, arsitek, pemahat, pembuat game atau pembuat peta.

Tips mengajarkan anak-anak spasial tambah pintar
  1. Setiap kali mengajar, kita perlu menggunakan gambar-gambar, diagram, peta, dan ilustrasi
  2. Mereka perlu melihat demonstrasi baik langsung maupun via online. Hindari membagikan pelajaran hanya dalam bentuk tulisan atau lisan saja
  3. Kita bisa membahas mengenai desain dan bentuk-bentuk yang sedang populer di dunia.
  4. Mintalah mereka untuk membuat proyek kerajinan tangan atau apapun yang membutuhkan campuran warna
  5. Berikanlah mereka buku gambar. Setiap kali mereka melihat sesuatu yang menarik, kita bisa meminta mereka untuk membuat sketsa atau gambar
  6. Mintalah mereka untuk visualisasi materi pelajaran yang dibagikan. Mereka boleh menutup mata ketika membayangkan. Selanjutnya mintalah mereka untuk menggambar hasil visualisasi mereka.
  7. Tanyakan mereka detail-detail apa yang mereka perhatikan di pelajaran. Kita bisa mengajarkan anak-anak untuk melakukan mind mapping. Mind mapping telah terbukti sangat membantu anak-anak kecerdasan spasial untuk menangkap materi pelajaran.
  8. Mereka bisa menggunakan stabilo agar mereka lebih mudah menangkap pelajaran
  9. Ketika mereka belajar mengeja, tanyakan mereka apakah tulisan kata tersebut benar apa tidak. Bila mereka lupa cara mengejanya, kita bisa meminta mereka tulisa dengan pulpen warna warni. Hal ini akan membantu ingatan mereka
  10. Saat pelajaran matematika, kita bisa memberikan soal dalam bentuk cerita, gambar untuk mempermudah mereka belajar
  11. Kita perlu menyiapkan headset agar mereka lebih konsentrasi belajar. Anak-anak ini kadang kesulitan fokus bila mendengarkan banyak suara-suara.
  12. Bermain VR yang menunjukkan lokasi-lokasi bangunan kuno. Mereka pasti menyukainya.

 

Anak-anak dengan kecerdasan visual ini bisa mengikuti kursus coding anak. Apalagi kalau mereka berminat untuk menjadi animator atau pembuat game. Kegiatan belajar coding untuk anak-anak dimulai dari bentuk drag and drop balok. Mereka akan melihat banyak tokoh-tokoh di game yang bergerak.

 

Semoga bermanfaat tips agar cepat pintar anak dengan kecerdasan spasial! Kalau anak Anda tidak melihat anak Anda memiliki kecerdasan spasial, silahkan cek artikel 8 tipe kecerdasan anak.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us