Search

+
cita-cita-anak
Kenali Profesi Di Industri Video Game Untuk Mendukung Cita-Cita Anak

Anak-anak Gen Z sangat familiar dengan yang namanya video game. Mereka jauh lebih mudah mendapatkannya dibanding generasi-generasi pendahulunya. Bila generasi pendahulu kudu membeli console agar bermain, generasi Z cukup memiliki gadget dan mengunduh game. Tidak heran kalau cita-cita anak di iBIG Academy adalah ingin membuat video game.

Pembuatan game bisa dilakukan sendiri atau kelompok kecil. Namun bila anak-anak ingin membuat game yang kompleks, mereka bisa berkarier di perusahaan yang bergerak di bidang game. Beberapa yang terkenal adalah Amazon Game Studios, Bandai Namco, Capcom, CyberConnect2, Electronic Arts, TouchTen dan masih banyak lagi.

Masing-masing perusahaan ini bisa mengembangkan satu atau beberapa tipe game. Misalkan RPG, MMROPG, visual novel, strategy and simulation dan seterusnya. Mereka juga banyak beralih dari console ke mobile game. Makanya saat ini kita bisa melihat daftar game di Play Store atau Apple Store cukup banyak.

Ok, sekarang mari kita berbalik ke profesi-profesi yang dibutuhkan di industri game. Secara garis besar, kita bisa membagikannya menjadi dua tipe yaitu sisi teknis dan bisnis.

 

Tim Teknis Industri Game
Game Designer

Kebanyakan impian anak-anak adalah menjadi game designer. Game designer ini adalah orang-orang yang membuat konsep dan ide kreatif di dunia game. Mereka bertanggung jawab dengan membuat jalan cerita, karakter dan cara bermain game hingga game ini selesai diproduksi.

Seorang game designer perlu bisa berkerjasama dengan tim development seperti animator, programmer dan audio. Dan karena peminatnya sangat banyak, kompetisinya sangat ketat. Dan kadang bekerja di area teknis lainnya akan membantu anak-anak mendapatkan pengalaman lebih.

 

Software Developer dan Computer Programmer

Anak-anak yang suka coding bisa menjadi software developer atau programmer. Mereka adalah orang-orang membuat ide si designer menjadi nyata. Mereka siang malam mencari tahu dan menuliskan coding-coding yang tepat agar bisa games bisa bekerja dengan baik di gadget atau console. Mereka juga yang update patch bila ada perbaikan di cara kerja yang game yang kurang baik.

 

Animator

Saat ini visualisasi sebuah game sangat dijunjung tinggi. Tanpa ada gambar yang menarik dan enak dilihat, game tidak akan dilirik. Orang-orang yang bertanggung jawab dalam desain adalah animator. Mereka akan menggunakan beragam aplikasi untuk membuat karakter dalam gambar 3D dan juga lingkungan di game. Mereka juga bertanggung jawab untuk mendesain packaging agar game ini menarik perhatian pembelinya.

 

Audio Engineers

Audio Engineers adalah orang yang menggunakan komputer dan perangkat-perangkat lainnya untuk membuat soundtrack yang menarik di video game. Mereka bertanggung atas segala musik-musik dan suara yang terdengar saat kamu bermain game. Mereka menentukan suara karakter, sounds effect dan musik di latar.

 

Writers

Penulis memiliki beberapa peran di industri video game. Scriptwriter akan membuat cerita di dalam game dan membuat dialog-dialog antar karakter. Sementara penulis yang bersifat teknis seperti Technical Writer akan membuat dokumentasi perkembangan video game dan juga cara memainkannya.

 

Penerjemah

Game developer berasal dari berbagai belahan negara di dunia. Salah satu negara pengembang game yang terkenal berasal dari Jepang. Agar mereka bisa memasarkan game mereka ke seluruh dunia, mereka butuh penerjemah untuk mengubah bahasa di dialog, instruksi dan dokumentasi lainnya. Tanpa mereka, games tidak bisa go internasional.

 

Video Game Tester

Game Testers atau yang sering disebut Quality Assurance adalah orang-orang yang memastikan semua fungsi di game berjalan dengan baik. Mereka juga memastikan instruksi dan dokumentasi game ini benar adanya. Mereka akan identifikasi masalah dan error saat memainkan game agar bisa dilaporkan ke designer dan developers. Serunya, mereka orang-orang yang bermain game pertama kalinya sebelum dipasarkan.

 

Technical Support Specialist

Bila kita sering mengajukan keluhan karena game mengalami kendala error, maka kita akan menghubungi technical support specialist. Mereka akan memberikan bantuan kepada para pemain game yang memiliki kesulitan menggunakan games seperti jenis gadget, game yang lambat dan lain-lain. Mereka biasanya menjawab lewat telepon, chatting dan email.

 

Tim Bisnis Industri Games
Produser

Produser video game mengurus bisnis dan keuangan yang berkaitan dengan pengembangan game. Mereka juga memastikan produk tersebut siap dipasarkan ke alon pembeli. Mereka mengawasi semua orang yang terlibat dalam produksi game agar tepat waktu dan tidak melebih budget.

 

Marketing Managers

Setiap produk perlu dipasarkan. Entah sebuah iklan di billboard, internet atau sosial media. Marketing managers akan mengkoordinir aktifitas pemasaran ini. Mereka akan membuat strategi untuk jual produk-produk mereka ke pelanggan termasuk tempat penjualan dan cara mempromosikannya.

 

Market Research Analyst

Market Research Analyst membuat survey-survey kepada pelanggan tentang produk yang merka inginkan. Mereka juga mencari tahu budget yang rela dikeluarkan oleh pembeli untuk sebuah video game, cara menjual dan tempat penjualan terbaik.

 

Sales Representatives

Seorang sales akan menjual video game ke toko-toko baik online maupun offline. Mereka adalah representatif dari perusahaan pembuat game. Sales perlu mengetahui segala sesuatu tentang produk yang dijualnya agar bisa meyakinkan pembeli.

 

Banyak sekali pilihan karier yang bisa didapat dari industri video game. Sekalipun tampaknya seperti hiburan, cita-cita anak ini jangan diabaikan oleh orang tua. Pembuatan game adalah suatu pekerjaan yang serius dan tidak gampang. Selain itu pekerjaan ini juga menguntungkan. Bahkan anak-anak banyak yang belajar strategi berpikir, mata pelajaran dan lain-lain dari game.

 

Jadi orang tua tunggu apalagi. Mari mempersiapkan masa depan anak mulai dari sekarang. Kalau dia tertarik menjadi orang-orang teknis di industri game, daftarkanlah anak ke kursus coding anak di iBiG Academy.

Posted in: Coding Anak

Comments (One Response )

Trackbacks/Pingbacks

  1. 9 Cara Agar Anak Cepat Pintar Di Setiap Area Hidupnya - iBig Academy - 8 Januari 2019

    […] itulah bimbel dan kursus hadir untuk mendukung pembelajaran anak. Misalkan si kecil yang ingin pembuat game perlu mengikuti kursus coding […]

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us