Search

+
belajar-membatik
Ketahui 5 Manfaat Belajar Membatik

Sejak diakui oleh UNESCO pada 2009, setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Menjadi kebanggaan tersendiri ketika batik Indonesia diakui oleh dunia di tengah polemik klaim dari negara lain. Namun, berapa banyak orang yang membatik dalam satu dekade belakangan ini? Kalau saja tidak ada yang belajar membatik lagi, bisa jadi salah satu warisan dunia akan hilang.

Apa makna kata batik?

Secara etimologi batik berasal dari bahasa Jawa yakni Ambathik. “Amba” merujuk kepada lebar, luas, atau kain. Sementara “thik” berarti titik atau “matik” dalam bahasa Jawa. Kemudian kata tersebut lebih dikenal dengan batik yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi pola tertentu pada kain yang luas atau lebar.

Perlu diketahui, UNESCO mematenkan batik bukan dari motifnya, tetapi merujuk ke kepada proses pembuatannya. Agar warisan budaya tidak hilang kita perlu melestarikannya. Salah satunya dengan belajar membatik.

Tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga bisa diajak untuk belajar membatik. Hal itu lebih baik dilakukan agar mereka dapat mengenal dan mencintai budaya Indonesia sejak dini. Dalam proses membatik diperlukan ketelitian dan ketekunan sehingga ada banyak manfaat dari belajar membatik untuk kita dan si kecil:

1. Mempelajari seni dan budaya Indonesia

Dengan belajar membatik si kecil dapat mengetahui nilai-nilai budaya yang diwariskan kepada mereka sebagai generasi bangsa. Kita juga jadi lebih mengenal budaya Indonesia. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memupuk rasa cinta tanah air.

2. Menambah daya kreatifitas

Menjadi lebih kreatif biasanya akan meningkatkan kualitas dan taraf hidup manusia. Apalagi ketika karya yang kreatif dapat memberikan manfaat sosial, ada kepuasan batin yang tidak dapat terjelaskan.

Selain itu, kita juga bisa menciptakan peluang sendiri dan mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang unik. Seorang wirausahawan yang sukses tentu memerlukan kreativitas yang tinggi.

3. Pembentukan karakter

Membatik dapat membentuk karakter si kecil menjadi lebih bertanggung jawab, disiplin, dan teliti. Proses pembuatan batik yang cukup panjang akan melatih ketekunan dan kesabaran mereka, ini dapat meredam emosi anak yang hiperaktif. Motorik si kecil juga akan terlatih dalam aktifitas memegang alat canting dan mewarnai.

Selain itu, rasa percaya diri mereka akan bertambah dengan yakin dan fokus terhadap gambar pola yang sedang dikerjakannya. Biasanya anak-anak tidak akan takut salah untuk mewarnai batik, mereka tidak terlalu khawatir keluar garis atau semacamnya. Hasil batik mereka pasti memiliki keunikan tersendiri.

4. Menghargai Proses

“proses tidak akan mengkhianati hasil”

Sering mendengar pepatah itu, bukan? Karena memang tidak ada hal besar yang bisa didapatkan secara instan. Easy come, easy go.

Dengan menanamkan kebiasaan untuk menghargai proses, si kecil tidak akan berorientasi pada hasil. Mereka akan memiliki semangat untuk bekerja keras. Selain itu, mereka juga akan terlatih untuk menghargai orang lain dan mengapresiasinya.

5. Wirausaha

Dengan belajar membatik, kita juga dapat keterampilan untuk berwirausaha. Kita bisa mendapatkan keuntungan dari setiap hasil kerja keras kita sendiri. Di samping itu, kita dapat berguna untuk orang lain dengan menciptakan lapangan kerja.

Menjadi wirausahawan membuat kita memiliki kesempatan untuk melakukan perubahan.

Nah itu beberapa manfaat belajar membatik. Jika Anda ingin mencoba kelas membatik, iBiG Academy bekerjasama dengan Komunitas Batik Tangerang Selatan. Daftarkan diri anda langsung dan dapatkan info selengkapnya dengan menghubungi kontak iBiG Academy.

Posted in: #DoBig

Comments (One Response )

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ini Dia Tiga Komunitas Batik Di Tangerang - iBig Academy - 4 Januari 2019

    […] kegiatan utama yang dilakukan perkumpulan pelestari seni budaya ini adalah belajar membatik, namun sekarang kegiatan yang diadakan cukup berkembang […]

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us