Search

+
kreatifitas-anak
Kreatifitas Dan Kemampuan Menulis Anak Meningkat Lewat Coding

Menulis tidak hanya sekedar menyampaikan kata-kata lewat tulisan. Menulis adalah sebuah kemampuan menuangkan ide, konsep atau menyampaikan pengalaman dengan tulisan tangan atau ketikan. Menulis terutama menulis cerita meningkatkan kreatifitas anak.

Alasannya, kegiatan tulis menulis cerita ini sangat membantu anak-anak ekspresikan pemikiran dan imajinasi mereka. Apalagi kegiatan ini menghasilkan suatu bentuk konkrit. Dan ketika hal ini terus menerus dilakukan, kreatifitas anak akan terus menerus dikembangkan. Kemampuan motoriknya serta keahlian komunikasi bahasa tulisan juga terasah.

Menulis coding juga bisa meningkatkan kemampuan menulis dan bercerita. Sekalipun anak-anak menggunakan bahasa komputer, tetapi manfaat yang diterima itu sama. Bedanya, saat anak menggunakan coding, dia tidak hanya menulis namun juga menambahkan gambar, musik dan animasi.

Fleksibilitas yang ditawarkan oleh programming ini membuat anak menyajikan cerita yang menarik kepada penontonnya. Kesenangan penontonnya ini yang akan membuat anak-anak semakin bergairah untuk coding.

Coding meningkatkan imajinasi dan kemampuan bercerita

Anda tidak akan menyangka, ketika anak-anak menulis sebuah programming games, anak-anak harus berpikir panjang. Mereka kudu memikirkan detail dari segala sisi. Mereka juga harus memikirkan konsekuensi dari tindakan karakter yang mereka buat.

Anak-anak tidak bisa berandai-andai dan ragu-ragu dalam menentukan yang dia inginkan. Ide kudu terus menerus dipertajam. Dan anak-anak juga belajar untuk terus menerus kembangkan kemampuan programming-nya untuk melihat ide mereka terealisasi.

Lucunya, pada saat pembuatan proyek game, mereka begitu antusias dalam mengembangkan narasi cerita. Mereka juga fokus membuat jalan cerita yang mereka sukai. Mereka memikirkan setiap dialog tokoh-tokoh mereka. Mereka seperti tidak sadar kalau mereka sedang coding, menulis dan membuat alur cerita secara bersamaan.

 

Coding juga mengurangi buntunya ide

Setiap kali seorang anak membuat sebuah cerita game, mereka perlu memikirkan narasi yang asyik, alur cerita menarik, dialog yang seru dan memahami penonton mereka. Dan untuk membuatnya terjadi, kadang anak bisa galau. Mereka seperti baru saja mendapatkan tugas menulis kreatif.

Perbedaannya adalah mereka tidak melihat secarik kertas putih kosong yang membuat mereka panik. Sementara programming memiliki beberapa titik untuk memulai. Ketik menulis coding, anak-anak bisa memulai dengan membuat sebuah karakter. Mereka bisa eksperimen dengan berbagai dialog, gerakan dan interaksi.

Selanjutnya, mereka bisa mengembangkan aktor-aktor, adegan-adegan dan interaksi-interaksi. Program ini yang bermula dari ketertarikan anak pun mulai menghasilkan menghasilkan produk akhir setelah melewati berbagai eksperimen dan perbaikan. Ketika coding, tidak ada kata “buntu” dalam programming tetapi sebuah masalah yang perlu dipecahkan.

 

Coding mengajarkan Anak Nilai untuk memotong

Ketika anak-anak memulai coding, mereka menggunakan 5 baris atau kotak agar sebuah karakter bisa bergerak di layar. Ketika mereka mempelajari lebih lagi konsep programming seperti loops atau conditional programming, maka mereka bisa memadatkan coding menjadi dua baris atau kotak. Anak-anak akan belajar gol dari coding atau menulis adalah menggunakan keduanya dalam penyampaian ide secara efektif dan terarah.

 

Coding mengajarkan anak perencanaan dan terorganisir

Programming dan menulis mengikuti proses yang sama. Ketika anak-anak memulai proyek coding, mereka merencanakan berbagai fungsi yang mereka butuhkan. Dan juga cara agar seluruh fungsi ini bekerjasama agar bisa membuat proyek ini berhasil.

Hal yang sama juga dilakukan anak-anak saat membuat tulisan. Mereka perlu mengorganisir pikiran mereka ke dalam bentuk paragraf. Setelah itu mereka perlu memahami bagaimana antar paragraf ini bisa saling terangkai dan menghasilkan tulisan yang menarik di baca.

Agar anak-anak mudah memulai sebuah tulisan, mereka perlu merencanakan sebuah tema besar. Tema tersebut pun dipecah-pecah menjadi beberapa bagian topik pembahasan. Setelah itu mereka melakukan penelitian untuk mendapatkan bukti yang mendukung tulisan mereka. Dari sinilah mereka mulai merangkai sebuah tulisan.

Kemampuan menulis ini juga digunakan pada saat perencanaan pembuatan video game. Mereka kudu mengetahui tema besar dari game yang mereka buat. Entah itu RPG, Adventure dan lain-lain. Setelah itu mereka memecahkannya menjadi berbagai tugas-tugas yang bisa dikerjakan.

 

Jadi Anda bisa melihat bagaimana pelajaran coding telah membantu kemampuan menulis dan meningkat kreatifitas anak. Selain itu mereka juga terbentuk menjadi pemecah masalah. Belajar coding sangat menguntungkan ya.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us