Search

+
kursus-membuat-game-dan-animasi
Kursus Membuat Game Efektif Mencegah Kecanduan Game pada Anak

Banyak orang tua mengeluhkan anaknya kecanduan game online. Selain susah membatasi penggunaan gadget, tak sedikit anak yang menginap di warnet demi bermain game sampai puas. Padahal permainan kreativitas anak tersebut sepatutnya bermanfaat mendukung tumbuh kembang anak. Bukan malah membuat anak menjadi kecanduan dan antisosial.

Salah satu cara efektif untuk mencegah kecanduan game pada anak adalah mengikutsertakan anak dalam kursus. Kini, kursus membuat game atau kursus coding anak hadir sebagai solusi bagi para orang tua modern. Anak-anak yang memiliki minat di bidang game bisa menyalurkan semangatnya secara positif melalui kursus tersebut.

Kursus membuat game untuk anak disusun dengan materi ringan dan menarik. Sehingga anak usia 4 hingga 15 tahun tak akan kesulitan memahami materi tersebut. Selain membuat game, ada pula materi serupa berupa kursus membuat berbagai aplikasi anak yang tak kalah menarik untuk dipelajari. Kursus membuat aplikasi anak akan membantu anak menjadi programmer cilik yang kreatif. Kursus membuat game dan aplikasi untuk anak kini tersedia di kawasan BSD yang mudah dijangkau.

Selain mendaftarkan anak pada kursus berbasis teknologi, beberapa cara berikut ini juga efektif untuk mencegah kecanduan game:

Membatasi Durasi Penggunaan Gadget

Anda harus bertindak tegas bila ingin mencegah kecanduan game pada anak. Buatlah aturan yang jelas mengenai batas penggunaan gadget. Misalnya, anak tidak boleh menggunakan gadget saat sedang belajar atau berkumpul bersama anggota keluarga lainnya. Meskipun awalnya terasa sulit, lama-kelamaan anak akan terbiasa menaati peraturan tersebut. Sehingga anak-anak tak merasa ketergantungan terhadap game favoritnya.

Mengizinkan Anak Beraktivitas dengan Teman Sebaya

Jangan ragu memberikan izin bila anak Anda ingin beraktivitas di luar rumah dengan teman sebaya. Aktivitas belajar atau bermain outdoor sangat baik bagi tumbuh kembang anak. Di samping itu, aktivitas seru bersama teman sebaya juga ampuh mengurangi keinginan bermain game. Kemampuan anak untuk menjalin hubungan sosial akan semakin baik kalau anak sering melakukan kegiatan positif bersama teman-temannya.

Mengurangi Budget untuk Bermain Game

Meskipun terlihat sederhana, sebenarnya anak butuh budget cukup besar untuk hobi bermain game. Tak hanya membutuhkan pulsa untuk kuota internet, anak-anak juga kerap tergiur mengeluarkan uang untuk membeli sejumlah item game atau game itu sendiri. Anda bisa menyiasati kecanduan tersebut dengan membatasi budget game anak. Terutama bila prestasi anak mulai menurun karena terlalu sering bermain game. Cara ini akan mengajarkan anak untuk bertanggung jawab kepada diri sendiri sebelum melakukan hal-hal yang disukainya.

Mendukung Anak Melakukan Hobi Lainnya

Mungkin anak Anda memiliki hobi atau potensi besar yang belum Anda ketahui. Jadi, alangkah lebih baik bila Anda mendukung hobi anak yang tidak berhubungan dengan game. Misalnya, hobi di bidang olahraga atau kesenian. Dukungan Anda akan membuat buah hati lebih bersemangat menekuni hobinya. Bukan mustahil bila anak-anak bisa terbebas dari kecanduan game setelah menemukan hobi yang lebih bermanfaat dan menyenangkan.

Quality Time bersama Keluarga

Faktor kesepian juga turut mempengaruhi kecenderungan anak untuk mengalami kecanduan game. Jadi, sebaiknya Anda dan anggota keluarga lainnya menetapkan waktu khusus untuk quality time. Cobalah melakukan hal sederhana bersama seluruh anggota keluarga, misalnya memasak, menonton film, berkebun, atau bermain board game. Sehingga buah hati Anda tak mudah merasa kesepian dan tak perlu melampiaskan perasaan pada gamegame favoritnya.

Mengenal pribadi anak dengan baik akan membantu Anda mencegah kecanduan game pada anak. Pastikan bahwa anak Anda tetap bahagia dan tumbuh kembangnya maksimal dengan minat dan bakat istimewanya.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us