Search

+
Belajar Programming Sejak Anak Usia Dini
Manfaat Belajar Programming Sejak Anak Usia Dini

Dewasa kini, mayoritas orang masih melihat coding atau programming komputer sebagai sesuatu yang super teknikal atau aktivitas yang dapat dilakukan oleh anak super pintar sehingga hanya menarik minoritas pengguna komputer. Kenyataannya, coding telah menjadi topik pembelajaran terbaru mengingat manfaat programming yang besar bahkan untuk anak kecil sekalipun. 

Programming merupakan keahlian yang berguna untuk ragam akses di kehidupan sehari-hari, terutama di masa dunia penuh digital. Bagi sebagian besar orang, tahu paling tidak tingkat dasar programming akan memudahkan mereka dalam menggunakan telefon pintar, menyambungkan satu gadget ke gadget lain, dan manajemen data dari beragam platform yang berbeda.

Menimbang penjelasan singkat diatas, mendukung anak di usia dini mempelajari programming, Anda bisa mendapatkan manfaat dari belajar programming pula. Nah, lebih jelasnya mari simak 4 keuntungan bila anak belajar programming atau koding sejak usia dini:

1. Keuntungan dari segi Pendidikan

Anak sekolah dasar menggunakan komputer untuk ujian sekolah dan aktivitas lain, tapi cukup jarang sekolah memakai komputer untuk mendukung kurikulum programming komputer. Pada era koding programming, beberapa sekolah mulai memasukkan segmen keahlian programming sebagai bagian dari sekolah.

Tipe edukasi satu ini membantu anak mempelajari dasar programming. Anak bisa merasakan sensasi kesuksesan setiap kali berhasil memerintah komputer melakukan sesuatu sesuai keinginan mereka. Fondasi kepuasan tersebut bisa mendorong anak untuk sukses dalam menggunakan berbagai teknologi dan dalam menjalani kehidupan sehari-hari mereka. 

2. Pola pikir berstruktur 

Pola pikir berstruktur adalah kemampuan berpikir dan komunikasi ide seseorang dalam kronologikal urut dan logis. Pila pikir satu ini layaknya langkah instruksi yang terkoding dalam komputer. Ini juga adalah prses berpikir dan kemudian menyelesaikan masalah dalam metode yang bisa dipahami oleh mesin. 

Software engineers,programmer komputer, dan logistik menggunakan metode pemikiran khusus dalam menggunakan logika dalam menyelesaikan masalah.Pola pikir berstruktur merupakan kombinasi matematis tingkat lanjut, pengembangan algoritma, dan logika

Pengembangan pola pikir terstruktur termasuk mempertimbangkan suatu masalah dan memecahkan masalah dengan satu runtutan langkah solusi. Setiap langkah telah dipikir masak dalam jalur yang se-efektif mungkin. Terdapat elemen abstraksi pada masalah yang spesifik dan menggeneralisir tipe masalah ini pada situasi yang lain.

3. Kreativitas

Anak kecil memiliki kreativitas dan pikiran yang abstrak sehingga memungkinkan mereka berpikir “out of the box”. Programming sendiri punya beragam jalan untuk koding dan menyelesaikan masalah yang bisa menginspirasi anak untuk tumbuh. 

Anda bisa menunjukkan pada Anak bahwa koding adalah tipe bercerita. Ada permulaan uamh logis, progresif, dan akhir cerita dari suatu program. Manfaat programming satu ini memberikan kemudahan bagi anak untuk sukses dalam penulisan dan pola komunikasi di sekolah. 

4. Kesempatan Bekerja 

Anak di generasi kini dituntut untuk lancar menggunakan teknologi untuk menjadi kompetitif di pasar pencari kerja di depan. Tak tahu bagaimana koding bekerja bisa saja disamakan dengan tidak tahu membaca di masa mendatang. 

Bahkan, saat ini, sebagian besar lowongan kerja menuntut pengetahuan teknologi dan komputer. Sudah begitu, spesialis koding adalah pekerjaan berbayar mahal dan sangat dicari di pasar sekarang, dan kesempatan untuk kemampuan programming akan meluas di masa mendatang.

Proses belajar, kesempatan, dan hasil manfaat belajar programming

Layaknya belajar naik sepeda, memahami bagaimana programming koding bekerja lebih mudah dipahami ketika Anda muda. Bahkan anak berusia 4 tahun bisa memahami konsep komputer dasar. Lagipula, Belajar bagaimana programming di usia muda semakin mudah, mengingat perkembangan otak anak masih memiliki ruang luas untuk belajar hal baru. 

Metode pembelajaran programming untuk anak di jaman sekarang sudah lebih menyenangkan. iBiG Academy misalkan. Kursus koding anak yang disediakan menawarkan metode pembelajaran programming dalam kemasan bermain. Instruktur yang perhatian dan mampu memberikan pemahaman logika yang mudah dimengerti anak usia dini sehingga anak mendapat manfaat programming koding seperti pemikiran level tinggi, memproses, dan komunikasi. 

 

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan