Search

+
kursus-coding-anak
Mau Anak Pintar Matematika? Simak 4 Tips Ini

Tidak semua anak pintar matematika. Bahkan matematika bisa menjadi momok bagi anak yang sebenarnya lebih kuat kemampuannya di otak kanan. Anak-anak kadang mengeluarkan beberapa alasan seperti ngantuk, lapar untuk menghindari mata pelajaran yang satu ini.

Kurangnya pemahaman matematika bisa agak menyulitkan anak-anak di masa depan. Sebagai salah satu pelajaran yang dasar, matematika sangat bermanfaat untuk keseharian anak seperti membantu orang tua belanja. Dan mungkin menjadi dasar dari bidang yang akan diminati si kecil ke depannya. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

1. Mengikuti kursus coding anak

Orang-orang beranggapan anak-anak yang ingin mengikuti kursus coding anak harus anak yang pintar matematika. Anggapan itu salah kaprah. Justru belajar coding membantu anak-anak menguatkan kemampuan dalam memahami matematika dan membuat pembelajaran mata pelajaran yang satu ini lebih menyenangkan dan seru. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut

  • Membantu anak visualisasi konsep abstrak

Tidaklah gampang bagi anak-anak untuk memahami konsep matematika secara abstrak. Oleh sebab itulah, kelas programming anak dibuat dalam bentuk visualisasi dengan sejumlah fungsi-fungsi yang perlu digabungkan untuk menyelesaikan materi yang dibagikan. Hasilnya, anak-anak berhasil visualisasi mata pelajaran yang terkesan sulit ini dan mencari tahu cara menyelesaikan tugas matematika mereka.

  • Membuat anak-anak memiliki kemampuan berpikir seperti komputer

Kemampuan berpikir pada anak membuat anak berpikir secara logis, terorganisir, analisa data dan mampu menguraikan masalah besar menjadi beberapa bagian kecil yang bisa dikerjakan. Kemampuan ini sangat penting karena begitulah cara menyelesaikan tugas matematika yang lebih berat.

  • Mengajarkan anak menyelesaikan masalah

Kursus coding adalah cara terbaik dalam mengerjakan matematika. Ketika anak-anak belajar membuat, menemukan error dan memperbaikinya; mereka akhirnya akan menemukan semua pola dalam menyelesaikan sebuah masalah tertentu. Cara penyelesaian seperti inilah yang membuat anak lebih memahami mata pelajaran matematika.

  • Dikemas dalam bentuk seperti game

Di zaman serba teknologi ini, anak-anak pastilah familiar dan senang bermain game di berbagai perangkat elektronik baik smartphone, tablet, console dan lain sebagainya. Kursus coding yang bergabung dengan kelas animasi akan membuat si kecil untuk membuat game dengan menggunakan konsep-konsep matematika.

2. Orang Tua memiliki sikap yang positif terhadap matematika

Orang tua yang tidak menyukai matematika akan kesulitan memberikan sikap positif tentang mata pelajaran ini. Namun orang tua perlu tertarik agar anak-anak juga tertarik. Kalau Anda tidak suka matematika sama sekali, minimal Anda bersikap netral terhadapnya. Jangan pernah berkata negatif tentang hitung-hitungan dan cobalah tersenyum ketika mengajarkan anak atau mengantarkan mereka kursus.

3. Kenali Cara Anak Belajar

Setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Beberapa anak perlu diberikan tugas yang banyak sekaligus. Sementara beberapa anak yang lain lebih senang belajar sedikit demi sedikit. Yang penting, mereka perlu memahami konsep-konsep yang lebih sederhana sebelum pelajaran dilanjutkan ke sesi yang lebih berat.

4. Menyelesaikan tugas matematika bersama-sama

Pada saat memperbaiki tugas matematika, perhatikanlah jawaban-jawaban yang benar terlebih dahulu lalu analisa jawaban yang salah bersama anak. Anda perlu meminta anak untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sederhana dan kerjakan bersama tugas yang anak-anak tidak mengerti.

Bila ada konsep-konsep matematika yang tidak dimengerti anak-anak, catat dan bahas kembali esok harinya. Kegiatan menyelesaikan tugas bersama-sama ini akan membuat anak bertanggung jawab atas kemampuan belajarnya sendiri. Anak-anak juga akan memahami kalau kesalahan adalah bagian dari proses belajar.

5. Merayakan keberhasilan anak

Anda bisa membuat sebuah grafik yang menuliskan tingkat pencapaian anak-anak Anda. Ketika anak-anak berhasil menyelesaikan satu bab dan memahami konsep yang dimengerti anak maka Anda bisa memperlihatkan grafik pencapaiannya. Anak-anak yang berhasil menyelesaikan konsep yang sulit perlu dirayakan dengan melakukan kegiatan yang seru bersama.

Dengan kiat-kiat di atas dari kursus coding anak hingga keterlibatan orang tua dalam matematika akan membuat anak-anak semakin pintar matematika.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us