Search

+
cara jualan di facebook
Mau Laris Manis Jualan di Facebook? Begini Caranya!

Hal tersebut tentunya tak terlepas dari inovasi yang dilancarkan tim Facebook. Dulu, jejaring sosial ini digunakan untuk bersosialisasi atau ‘mencari’ teman secara virtual, tetapi kini Facebook marketing memungkinkan Anda memulai usaha sendiri berkat fitur-fitur berlabel business. Tren e-commerce yang melaju pesat jadi salah satu alasan media sosial tersebut merambah bidang tersebut.

BAGAIMANA CARA JUALAN ONLINE PRODUK AGAR LARIS DI FACEBOOK

Apakah Anda baru akan memulai usaha atau sedang menjalaninya? Bertanya-tanya bagaimana cara jualan online di Facebook agar produk Anda cepat laku? Mari kita telusuri jawabannya.

Disini kita akan membahas beberapa cara yang dapat anda segera lakukan untuk mendapatkan pejualan di facebook dan jika dilakukan secara rutin kedepannya maka akan dipastikan barang-barang anda laris!

#1. Menentukan produk yang akan dijual

Baik mengelola toko sendiri atau jadi reseller, Anda harus menentukan dan mengenal produk yang akan dipasarkan. Apakah produk tadi benar-benar dibutuhkan konsumen? Apakah target pasarnya besar atau malah tersegmentasi? Karena percuma saja Anda memasarkan produk bagus yang ternyata tak terlalu diminati di area tertentu atau targetnya tidak ada di sekitar Anda.

Ada banyak produk yang bisa Anda kemas untuk dijual. Saat Anda kebingungan untuk menjual apa, pikirkan hal yang paling dibutuhkan banyak orang. Jika ini benar-benar pengalaman pertama Anda merambah ke dunia bisnis, Anda bisa mencari ide jualan online yang produknya paling banyak dicari konsumen. Dengan begitu, peluang Anda sukses dengan bisnis online shop akan semakin besar. Kemungkinan Anda mengeruk untung juga semakin tinggi.

#2. Persiapkan akun fanpage bisnis Anda

Modal pertama yang pastinya harus anda punya adalah sebuah akun facebook, akun disini diharuskan sebuah fanpage agar terlihat lebih profesional dan bukan sebuah akun pribadi. Sehingga nantinya akan mudah dilakukan sebuah promosi yang akan ditujukan ke akun ini (akan dibahas di point-point selanjutnya).

Sertakan informasi yang jelas pada halaman bisnis Anda. Ini hal yang paling utama, pastikan informasi tentang bisnis anda tertera dengan jelas, berikut informasi yang harus ada.

  1. Kontak yang dapat dihubungi
  2. Alamat
  3. Penjelasan bisnis anda
  4. Syarat dan Ketentuan
  5. Cara pemesanan
  6. Foto profil yang jelas
  7. Banner yang jelas
#3. Membidik target pasar yang lebih spesifik

Salah satu kelebihan Facebook dibandingkan online platform lainnya dalam dunia bisnis adalah fitur yang memudahkan Anda untuk mengelola target pasar. Jika Anda ingin memasarkan produk yang identik dengan gender tertentu dan memiliki peluang pasar menjanjikan, maka Anda dapat memanfaatkan fitur segmentasi target untuk memperoleh pasar yang sesuai. Di Facebook Business Manager Anda akan menemukan fitur yang lebih lengkap untuk bisa mencari target sesuai usia, tempat, hingga lokasi. Dengan begitu, Anda akan menjaring target pasar yang lebih spesifik.

#4. Kenali pesaing Anda

Anda harus mengetahui siapa saingan Anda dan darimana Anda belajar untuk memasarkan produk yang serupa. Pelajari bagaimana cara mereka melakukan aktivitas di fanpage nya, bagaimana pelayanannya, apa yang mereka tawarkan. Kumpulkan data-data tersebut, semakin banyak kelebihan dan kekurangan dari tiap kompetitor makin baik. Ambil semua kelebihan mereka sehingga anda menjadi yang terbaik.

#5. Unggah konten berkala di Facebook

Tahukah anda, kalau Anda terlalu aktif mengunggah postingan, maka Anda akan ditandai sebagai spam dan kejadian mengerikan selanjutnya adalah Anda akan dibanned Facebook. Sayang kan kalau aset digital Anda hilang.

Meski sudah banyak berkembang, Facebook tidak kehilangan esensinya sebagai media sosial. Anda harus menjadi lebih manusia dengan melakukan proses sosialisasi kepada customer Anda. Kalau Anda terkesan “jualan banget”, pasti customer tidak akan menghampiri Anda karena mereka berada di media sosial untuk mencari inspirasi, bersosialisasi, dan mendapatkan informasi. Anda perlu menjadi salah satunya.

Solusi untuk masalah ini adalah unggah konten untuk Facebook Anda secara berkala tetapi rutin. Konten Anda bisa berisi tips, manfaat, kutipan, informasi penting lainnya, jangan melulu soal produk. Kita harus melakukan soft selling di Facebook.

#6. Lakukan optimaslisasi pada fanpage bisnis Anda

Optimasi jadi kunci selanjutnya yang dapat membantu Anda untuk melariskan penjualan produk di Facebook.Yang perlu Anda lakukan adalah mencari kata-kata yang paling sering dicari atau dimasukkan target pasar di mesin pencari atau dalam hal ini kotak pencarian di Facebook.

Anda bisa memulai optimisasi dengan memberikan nama yang tepat untuk grup. Hindari nama seperti jual tas online tangan atau toko produk wanita, karena, selain sudah banyak dipakai, toko virtual Anda belum tentu masuk ke daftar hasil pencarian. Gunakan nama toko buatan Anda untuk branding dan tambahkan dengan produk yang dijual. Metode tersebut dapat Anda aplikasikan juga pada nama Fanpage.

#7. Hindari bom tag marketing

Fitur tag di Facebook digunakan untuk menambahkan teman atau sesama pengguna dalam sebuah foto maupun status yang berkaitan dengan mereka. Sayangnya, fitur tersebut kerap disalahgunakan pemilik online shop. Pasalnya, mereka sering kali memasang tag pada orang-orang yang tidak sesuai target atau pasar dalam waktu bersamaan.

Tindakan tersebut dinilai sangat menggangu dan akan merusak reputasi online shop yang Anda kelola. Jika Anda memang membutuhkan perluasan jaringan, tag saja orang-orang, akun, atau grup yang masih berhubungan dengan produk yang Anda jual online. Dengan langkah ini, produk Anda memang akan dikenal dalam waktu yang agak lama. Akan tetapi setidaknya Anda tidak mengganggu pengguna Facebook lain dan mengurangi kemungkinan diblokir tim Facebook sendiri.

Demikian tujuh langkah yang perlu Anda siapkan untuk menjaring pembeli dan meningkatkan angka penjualan. Semoga informasi ini dapat membantu cara berjualan online di Facebook!

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan