Search

+
cara-meningkatkan-kecerdasan-otak-anak
Mengenali Ciri-Ciri Kecerdasan Kinestetik Pada Anak

Beberapa anak di iBiG Academy tampaknya tidak bisa diam di tempat. Mereka sibuk mengetikkan atau klik dengan tetikus sambil menatap layar komputer. Sementara anak-anak lain bisa berhenti untuk berpikir atau berceloteh mengeluarkan isi pikirannya. Dari sinilah kami mengenali adanya kecerdasan kinestetik pada anak. Lalu bagaimana cara meningkatkan kecerdasan otak anak kinestetik?

Kebanyakan anak-anak dengan kecerdasan kinestetik juga memiliki cara belajar kinestetik. Mereka berpikir dengan gerakan dan sentuhan. Tindakan dan gerakan sangat penting bagi dalam memahami materi pelajaran yang dibagikan.

Anak-anak kinestetik sangat kesulitan untuk belajar di sekolah tradisional di mana mereka harus duduk mendengarkan pelajaran berjam-jam. Akibatnya mereka juga kesuiltan untuk memberitahu apakah sekolah mereka menyenangkan atau tidak karena mereka bosan dengan cara guru membagikan pelajarannya.

Ciri-ciri Anak dengan kecerdasan kinestetik
  1. Mereka sering menggerakkan tangannya saat berbicara. Anak ini tidak bisa diam. Bahkan saat berbicara, dia akan menggerakan kedua tangannya.
  2. Tangannya selalu sibuk melakukan sesuatu. Ntah menyusun atau memegang barang.
  3. Kaki mereka suka digoyang saat duduk. Mereka sibuk menghentakkan kaki, berjalan atau berganti tempat
  4. Berjalan mondar mandir akan menenangkan diri mereka. Mereka juga berpikir jadi lebih jelas.
  5. Mereka memiliki perkembangan motorik kasar yang bagus. Mereka juga senang melakukan aktifitas-aktiftas fisik seperti menari, bermain drama dan olahraga
  6. Perkembangan motorik halusnya juga bagus. Mereka senang mengetik, memasak balok seperti Lego, bercocok tanam dan sebagainya
  7. Mereka selalu lebih tertarik dengan sistem belajar sambil praktek atau learning by doing. Mereka kesulitan bila guru hanya mengajar lewat lisan maupun tulisan
  8. Tangan mereka sangat terampil. Mereka jago memperbaiki barang, membuat pot, dan menggunakan perkakas-perkakasan lainnya
  9. Tubuh anak-anak ini terkoordinasi dengan baik. Mereka dengan mudah mengikuti irama dan ketukan

Kelemahan anak-anak kinestetik adalah ketika emosi tidak terkontrol. Mereka bisa mengambil keputusan yang buruk seperti memukul, menendang atau menggigit anak-anak lain. Mereka juga suka tertekan bila harus duduk diam di suatu kelas atau ruangan tertentu berjam-jam. Mereka sering merasa tidak cocok di sekolah dengan disiplin tinggi atau kaku.

 

Cara praktis agar anak-anak kinestetik ini bisa berkembang
1. Izinkan mereka bergerak

Beberapa anak memang harus duduk diam untuk konsentrasi. Tetapi anak yang dengan intelgensi ini justru kehilangan fokus. Mereka tidak bisa konsentrasi bila tidak ada stimulasi dari luar atau gerak. Kalau kita tidak ingin mereka mengganggu anak-anak lain di kelas, kita akan memberikan mereka waktu istirahat untuk gerak selama beberapa menit.

2. Olahraga itu baik untuk mereka

Kita perlu mengatur jadwal anak kinestetik untuk mengikuti kegiatan olahraga. Selain sehat, olahraga meningkatkan kerjasama tim. Bila belum ada jadwal yang sesuai, kita bisa mengajak mereka nonton kegiatan olahraga atau bermain bola di pekarangan.

3. Melibatkan dia dengan kegiatan yang membutuhkan banyak gerakan

Kita bisa melibatkan anak-anak ini dengan berbagai kegiatan sehingga dia sibuk bergerak. Misalkan, jago toko, membersihkan mobil, memasak, cat barang dan lain-lain. Keterlibatan ini akan membuat mereka sadar kalau kita memperhatikan mereka.

4. Pujilah dengan menggunakan sentuhan

Setiap orang suka dipuji. Dan setiap anak memiliki cara favorit dalam menerima pujian. Ada yang berupa hadiah, kata-kata atau tepukan ringan. Buat anak kecerdasan kinestetik, mereka akan senang sekali bila kita menepuk pundaknya untuk menunjukkan pujian. Atau hi-five ketika mereka berhasil memecahkan masalah.

5. Berikan mereka alat ketika belajar

Anak-anak ini membutuhkan benda fisik yang bisa disentuh saat belajar. Bila belajar matematika, mereka membutuhkan sempoa atau abacus. Kalau mereka belajar geografi, kita bisa memberikan bola dunia dan peta. Dan mereka butuh komputer untuk mengetik.

Di masa depan, mereka yang kecerdasan atau bakat di kinestetik bisa memiliki pekerjaan sebagai koreografer, pelatih olahraga, atlit, dokter gigi, penata rambut, mekanis, pemain drama, penari dan seterusnya.

Metode-metode untuk mengajarkan anak-anak kecerdasan kinestetik ini:
  1. Memasukkan gerakan-gerakan dalam pelajaran mereka. Misalkan, ketika mereka belajar arah, kita bisa meminta mereka untuk berdiri dan bergerak sesuai arah yang kita sebut.
  2. Kita bisa meminta mereka untuk berbaris ketika latihan mengeja. Atau menuliskan ejaannya di papan tulis atau medium yang besar sehingga dia banyak bergerak
  3. Kita bisa membeli mereka tatakan menulis atau meja lipat. Jadi dia bisa belajar saat duduk di lantai, kursi goyang atau tempat apapun yang tidak memiliki meja.
  4. Kadang kala kita bisa memilih sebuah cerita drama. Dan mintalah anak-anak ini untuk memerankan drama.
  5. Kita bisa membeli mereka bola-bola tidak berbunyi saat belajar agar tangan mereka tetap sibuk
  6. Saat mereka mendengarkan pelajaran atau belajar, kita bisa menyediakan buku catatan agar tangan mereka bergerak dan fokus. Mereka juga boleh menggambar di dalam buku itu untuk memahami pelajaran dengan lebih baik
  7. Mintalah mereka untuk presentasi hasil pelajaran mereka
  8. Anak-anak ini perlu melakukan aktifitas. Mereka bisa bermain lego, melakukan eksperimen, field trips bersama teman dan keluarga.
  9. Mengizinkan dia ikut bahasa coding. Coding memungkinkan dia untuk belajar konsep matematika dan komputer sambil bergerak. Dia bisa mengetik dan berpindah bolak balik dari mouse ke keyboard.

 

Kenapa anak kecerdasan kinestetik perlu belajar coding? Coding bisa membantu koordinasi mata dan tangan dia. Sekalipun dia mungkin bosan saat debugging, tetapi kegiatan ini mempersiapkan dia untuk memahami penggunaan teknologi untuk bidang yang dia tekuni nantinya. Karena teknologi sudah merambah ke semua bidang seperti kesehatan, olahraga, hiburan dan lain-lain.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui cara meningkatkan kecerdasan otak anak kinestetik. Yuk dipraktekkan bersama! Kalau Anda mencari kursus coding di daerah BSD, silahkan mampir di iBiG Academy ya untuk free trials.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us