Search

+
Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak di Kelas Coding Anak
Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak di Kelas Coding Anak

Mengikuti kelas coding anak sangat baik untuk perkembangan anak. Hal ini dikarenakan permainan logika terkenal dapat mengajarkan real world skill. Koding akan membantu pandangan anak pada dunia sekitar, termasuk dunia dalam komputer sehingga si kecil dapat analisa serta memahami masalah dan ide terkini. Tapi, bukan hanya itu alasan koding meningkatkan kecerdasan otak anak. 

Kenapa Anak perlu Belajar Koding?

Beberapa tahun kebelakang, ketika perbincangan sesuai anak dan kode dimulai, Anda berpikir mungkin perbincangan ini hanyalah ‘latah’ atau ‘trend’ semata. Sehingga, rasa butuh untuk memasukkan koding sebagai bagian dari sistem edukasi menjadi bahan obrolan semata. Selagi popularitas koding anak di ambang tinggi tanpa sengaja, waktu telah buktikan bahwa pendapat ini bukan sekedar trend sesaat. 

Saat ini beberapa orang tua di Indonesia telah pindah dari anggapan, “koding itu keren, jadi kita harus dorong anak untuk belajar” dan sudah, tak ada kelanjutan, menjadi pola pikir “koding itu keren, jadi lakukan, tapi alasan kamu belajar juga nantinya kamu mendapat imbal balik yang baik”. 

Bagian terbaik dari belajar coding bukanlah potensi pekerjaan (akan dibahas pada sub berikutnya) dan faktor keren. Tapi manfaat belajar coding sejak dini adalah meningkatkan kecerdasan otak anak dalam bidang kreativitas, problem solving, kolaborasi, dan komunikasi si kecil.

  1. Kreativitas
    Ketika Anak belajar bahasa baru, kemungkinan besar dapat digunakan sebagai ekspreksi diri. Hal yang sama berlaku dengan coding. Koding mendukung anak untuk tidak hanya konsumtif dalam bidang teknologi dan media, namun juga menciptakannya. Dibanding sekedar main video game atau menggunakan aplikasi. Mereka bisa membayangkan web atau aplikasi buatan mereka sendiri untuk berekspresi.

  2. Problem Solving
    “Pola pikir kritis dan logis mengajarkan anak bagaimana menyelesaikan masalah besar dengan memecah masalah tersebut pada bagian kecil sehingga mudah di manajemen”

    Ketika anak belajar koding, mereka akan membawa masalah kompleks menjadi bagian lebih kecil. Anak akan belajar bagaimana mengatasi masalah sebagaimana perancang software (perangkat lunak), menggunakan logika dan pola pikir kritis.

  3. Komunikasi
    Komunikasi adalah kemampuan penting selama bersekolah, belajar, dan hidup. Orang yang mampu mengkomunikasikan ide kompleks dalam kalimat yang simpel biasanya lebih sukses di berbagai industri dan beragam perjalanan hidup.

    Ketika anak belajar bagaimana koding, bagian kecerdasan otak anak untuk berkomunikasi meningkat. Berhubung anak sudah mampu memecahkan masalah besar ke dalam persoalan kecil, anak tahu bagaimana menata sehingga komputer yang tidak punya otak sekalipun mengerti.

Koding dan Masa Depan Anak

Dewasa kini, bayar biaya kuliah tidak ada yang tidak mahal. Anda dan pasangan mungkin sudah berencana menabung, tapi biaya kuliah terus meningkat setiap tahunnya. Belajar bagaimana cara koding berarti mempersiapkan anak jauh lebih awal.

Banyak sekali universitas yang mencari anak berbakat dalam bidang teknologi. Dapat ditebak, anak yang mampu dan sudah tahu koding dari awal, kemungkinan besar dapat menerima beasiswa jauh lebih besar dibanding mereka yang tidak. Dengan adanya jaminan beasiswa, jalan kesuksesan anak jauh lebih mudah dari segi struktur keuangan dan stabilitas. 

Sekarang, Materi yang dipelajari dalam kelas coding anak dapat diaplikasikan pada apapun. Termasuk dalam bidang prospek pekerjaan. Bayangkan saja, banyak sekali karyawan kini menanyakan pengalaman koding pada posisi-posisi yang 5 tahun lalu mungkin tidak diperhatikan sama sekali. Meski pengetahuan seputar bahasa program atau koding tidak akan dipakai dalam pekerjaan, mengetahui si kecil ada kemampuan koding dapat memberi kesan pintar dan mampu dalam berbagai bidang.  

Haruskah Belajar di Kelas Coding Anak?

Jangan dikira, belajar koding hanyalah salah satu kemampuan baru saja, jangan berpikir koding hanyalah ilmu pilihan yang bisa dipelajari nanti saat si kecil beranjak dewasa. Belajar koding sejak dini dapat membantu perkembangan artistik, scientific, dan matematis. Cara terbaik untuk mendapatkan semua manfaat tersebut adalah melalui pembelajaran fokus di kelas coding anak Tangerang, iBiG Academy. 

Kelas iBiG Academy menyediakan fasilitas dimana anak dapat belajar desain dan membuat animasi, website, bahkan merancang game buatannya sendiri. Apakah anak Anda termasuk tipe yang suka membangun sesuatu? Program droid pada kelas koding anak iBiG Academy dapat membantu anak mengetahui dasar integrasi insinyur dan coding di saat bersamaan. 

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan