Search

+
belajar-animasi-untuk-anak
Menjadi Animator Bukan Sekedar Impian Bagi Anak-Anak

Film-film dengan animasi keren seperti Aquaman, The Life of PI, Spiderman, Frozen, Wreck it Ralph dan lain-lain selalu membuat kita terpukau. Baik orang dewasa dan anak-anak tidak akan melewatkan kesempatan untuk menyaksikannya. Melihat ketertarikan anak pada dunia animasi, kita mulai berpikir belajar animasi untuk anak adalah sebuah pilihan yang bagus.

 

Karier Sebagai Seorang Animator

Animator bukanlah profesi yang mudah. Mereka adalah seorang artis yang membuat banyak sekali gambar atau frame untuk menciptakan sebuah ilusi pergerakan baik animasi maupun visual efek. Pekerjaan yang satu ini banyak dicari baik dunia perfilman, televisi dan video game. Namun beberapa kali perusahaan juga membutuhkan animasi untuk presentasi ataupun iklan di media massa.

Animator itu kerjanya sangat keras. Bahkan film-film layar lebar yang kaya akan animasi membutuhkan banyak animator yang berkolaborasi. Mereka juga kadang terlibat dalam pembuatan cerita, kru film dan lain sebagainya. Pemilik profesi ini banyak yang bekerja secara independen ataupun berkarier di perusahaan.

Kebutuhan akan para animator akan terus berkembang setiap tahunnya hingga tahun 2022. Alasannya para penonton dan juga pecinta teknologi menginginkan animasi dan visual efek yang realistik. Bahkan perusahaan-perusahaan besar Amerika mungkin mencari tenaga kerja dari luar negeri. Kesempatan kerjan di industri ini tentu sangat besar.

Agar anak-anak yang bercita-cita menjadi animator ini bisa bersaing dengan animator lainnya, mereka perlu menguasai berbagai skill animasi dan efek. Ketika kita investasikan anak ke kursus animasi sejak dini, tentu mereka mendapat peluang belajar lebih banyak skill dibanding anak-anak yang telat mempelajarinya.

 

Tips Mengajarkan Animasi Pada Anak

Di iBiG Academy, kita membuka kelas coding dan juga animasi untuk anak-anak. Mereka yang tertarik untuk belajar animasi dan tinggal di daerah BSD, bisa mampir dan free trials. Bila jauh, orang tua bisa coba mempraktekkan metode iBiG Academy di rumah.

1. Berpikir praktis dan sederhana

Setelah kita melihat sebuah animasi, kita juga ingin membuat animasi yang serupa. Sayangnya, anak-anak tidaklah sesabar itu untuk menggambar sebuah obyek yang detail berjam-jam. Kalau dipaksakan, mereka akan kehilangan minat menjadi animator atau marah karena cat gambar lama keringnya.

Untuk menghindarinya, kita perlu memikirkan sebuah medium baru. Dan waktu pembuatan animasi ini juga tidak lebih dari 1 jam. Kalau mau, kita bisa memberikan dia Thaumatrope. Sebuah mainan abad ke 19 yang bisa menggabungkan dua gambar menjadi satu sehingga tampak seperti animasi.

 

2. Anak-anak yang suka menggambar, pakailah Flipbook

Bila Thaumatrope sulit ditemukan, maka Flipbook adalah buku yang bisa membantu anak-anak belajar animasi dengan cepat. Flipbook ini tidak perlu dibeli dan kita bisa membuatnya sendiri dari tumpukan-tumpukan kertas bekas yang dijepit di salah satu sisinya.

Setelah itu kita cukup menyiapkan pensil warna atau peralatan menggambar lainnya. Anak-anak pun bisa menggambar sepuasnya. Kita bisa mencoba versi virtual seperti aplikasi FlipAnim.

 

3. Membuat Perencanaan

Animasi yang keren tentu membutuhkan banyak perencanaan. Bila anak-anak sudah cukup besar, kita bisa membuat perencaan bersama mereka. Beberapa persiapan adalah sebagai berikut:

  • Storyboard atau papan cerita. Anak-anak perlu diajak untuk berpikir apa saja yang perlu disyuting. Misalkan tokoh, karakter, percakapan, latar, jalan cerita dan masih banyak lagi. Bagusnya dari storyboard ini meningkatkan keinginan anak untuk membaca dan menulis. Storyboard ini bisa menggunakan Ms. Word atau menggunakan template storyboard untuk anak-anak.
  • Miliki sebuah ruangan atau area khusus untuk membuat film. Kita perlu menjauhkan semua perlengkapan dari gangguan-gangguan seperti binatang peliharaan atau anak-anak yang terlalu kecil. Karena kegiatan ini bisa berlangsung beberapa hari, area tersebut perlu aman dari jangkauan yang lain.
  • Pastikan memory kamera dalam kondisi kosong. Pada saat membuat animasi, kita butuh banyak mengambil foto dan gambar. Semakin banyak semakin bagus. Jadi kita perlu memiliki kamera yang dedikasi dan juga memory yang kosong sebelum proses memulainya. Setelah itu, jangan lupa backup agar semua hasil jepretan dan rekaman ini tidak ada yang hilang.
4.  Mengajar anak-anak menggunakan aplikasi

Kita bisa mengunduh aplikasi pembuatan animasi untuk anak-anak. Ada 5 aplikasi-aplikasi yang gratis yang bisa kita unduh di perangkat Android dan iOS:

  • Tootastic

Tootastic adalah sebuah aplikasi yang sangat bagus untuk anak-anak yang mau serius belajar animasi. Mereka menyediakan fitur pembuatan cerita dan juga membuat kartun untuk anak-anak. Penampilannya sangat menarik dan mudah untuk digunakan.

  • Puppet Pals

Puppet Pals memiliki banyak latar seperti kota, air dan padang pasir. Selain itu dia juga menyediakan fitur untuk pembuatan film animasi yang bagus. Anak-anak diberik banyak pilihan musik dan juga fitur untuk merekam suara sendiri untuk digunakan oleh tokoh.

  • Star Wars Creativity Studio

Aplikasi ini memberikan banyak suara-suara dari film Star Wars. Dia juga mengajarkan cara menggambar karakter-karakter. Di bagian Animate, anak-anak bisa mengubah ukuran orang, kendaraan dan lain sebagainya di layar plus merekam suara kita sendiri. Sayangnya, karakter-karakter yang dibuat tersebut berbentuk stiker dan tidak bisa diubah posisinya.

  • Goldie Blox and the Movie Machine

Aplikasi Goldie Blox dan the Movie Machine memberikan tutorial bagaimana barang atau orang bergerak. Anak-anak juga bisa membuat klip sederhana dengan sticker, foto sendiri dan gambar. Ukuran stiker bisa diubah namun tidak memiliki animasinya.

  • Animato Video Maker

Animato menyediakan fitur untuk menggabungkan tulisan, gambar dan video dengan cepat serta menghasilkan video yang bagus. Anak-anak akan belajar cara membuat video presentasi dengan menggabungkan beberapa multimedia dan menjadi kegiatan bercerita yag menarik.

 

Bila kita ingin anak-anak belajar animasi untuk anak lebih lanjut, silahkan daftarkan mereka ke kursus animasi di iBiG Academy.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us